![]() |
Peta Asia Selatan. 2.blospot.com |
Kata Pengantar
Bismillahirrahmaanirrahim
Puji syukur kita panjatkan kepada
ALLAH SWT yang telah melimpahkan begitu banyak berkah dan rahmat kepada kita
semua sehingga makalah ini dapat tersusun sebagaimanamestinya sesuai apa yang
di instruksikan oleh dosen pembimbing mata kuliah Sejarah Kebudayaan Islam.
Sholawat serta salam tak lupa selalu
kita panjatkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad SAW, yang tentunya kita
harapkan syafaatnya di yaumul akhir, Amin yaa Rabbal’Alamin.
Selanjutnya hal ini layak untuk di
kemukakan bahwa makalah ini ditulis selain bertujuan untuk memenuhi tugas
Sejarah dan Kebudayaan Islam,juga kita dituntut untuk mengetahui tentang Islam
di Asia Selatan secara mendalam dan detail.
Maka dari itu di harapkan kita
sebagai mahasiswa dapat mengkritisi fenomena yang terjadi di zaman sekarang ini
dengan mencontoh hal hal-positif yang sudah di lakukan di zaman dahulu ,serta
dapat senantiasa mengevaluasi apa yang menjadi hambatan umat islam,sehingga
menyebabkan kemunduran, terintervensi oleh kaum kolonialis, bahkan menjadi
penyebab hancurnya kerajaan- kerajaan islam.
Selain itu beberapa hal di atas kami
memohon maaf atas berbagai kesalahan dalam penulisan maupun kemungkinan
kesalahan dalam berbagai informasi yang disajikan, karena sejatinya kebenaran
hanyalah milik Allah SWT semata, dan kesalahan murni dari manusia.
Yogyakarta,22
November 20117
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Islam
sebagai agama rahmatan lil’alamin yang
di bawa oleh Nabi Muhammad SAW. Mengandung misi dakwah yang harus di sebarkan
kepada seluruh manusia. Hal ini terbukti dengan adanya peradaban dan sejarah
yang cemerlang pada masa lalu . Kita dapat melihat perjuangan Nabi Muhammad SAW
dan para sahabatnya dalam melakukan ekspansi atau perluasan wilayah yang begitu
hebat dalam penyebaran agama islam, sehingga peradaban Islam pada masa lalu
sangat maju dan pesat.
Di
antara wilayah yang pernah di taklukkan dan diislamisasikan adalah kawasan Asia
Selatan. Negara – negara yang termasuk dalam kawasan ini adalah India,
Pakistan, Bangladesh, Sri Lanka dan Maladewa. Islam diperkenalkan wilayah ini
dalam bentuk peradaban yang telah berkembang yang di warnai dengan budaya
pertanian, perdagangan dan keagamaan
yang terorganisasi secara mapan. Islam bukan kekuatan pertama yang dapat
menguasai kawasan ini,melainkan dengan masuk dan berkuasanya Islam pada wilayah
tersebut dalam tiga abad, ternyata Islam mampu memberikan kontribusi bagi
kebudayaan setempat. Karena wilayah ini terdiri atas berbagai macam ras,
keturunan, dan golongan, mengakibatkan wilayah ini mudah untuk di kuasai oleh
kekuatan dari luar.
Wilayah Asia Selatan memiliki karakteristik
dan ciri tersendiri, terutama dalam berhubunga antar negara. Jika diAsia
Tenggara telah tercipta sebuah mekanisme diplomasi melalui ASEAN, sejauh ini di
Asia Selatan belum ada bentuk yang jelas dan pasti. Hal ini dikarenakan konflik
antar negara yang besar penduduknya, seperti India masih berlangsung antara
Pakistan dan Sri Lanka.
Adapun dalam bab ini, yang dibahas
hanya wilayah India, Pakistan dan Bangladesh dari segi keadaan atau kultur
sebelum datangnya Islam, Proses masuknya Islam ke wilayah ini, serta
pemerintahan Islam yang pernah berkuasa di wiayah ini, termasuk kemajuan yang
diraih beserta masa mundurnya kekuasaan Islam di wilayah tersebut.
B.
Rumusan Masalah
1.
Bagaimana
cara islam masuk di asia selatan?
2.
Siapakah
tokoh pelopor masuknya agama islam di Asia Selatan?
3.
Apa
saja yang mejadi hambatan dalam penyebaran Islam di Asia Selatan?
C.
Tujuan
1.
Mengetahui
cara islam masuk diasia selatan
2.
Mengetahui
tokoh tokoh pembawa/pelopor islam di Asia Selatan
3.
Mengetahui
apa saja yang menjadi hambatan dalam penyebaran Islam di Asia Selatan
D.
Manfaat
1.
Dapat
mengetahui bagaimana islam di Asia Selatan
2.
Dapat
mengetahui apa saja masalah masalah yang ada saat penyebaran islam di Asia
Selatan
3.
Mengetahui
kondisi Negara India,Pakistan, Bangladesh saat penyebaran islam di Asia Selatan
BAB II
PEMBAHASAN
A . PERADABAN ISLAM DI ASIA SELATAN
1. Awal Islam di Asia Selatan
Sejak zaman Nabi Muhammad SAW , Asia
Selatan tepatnya di India telah memiliki sejumlah pelabuhan besar sehingga
terjadi interaksi antara India dengan Muslim di Arab. Perdagangan dan dakwah
menyatu dalam satu kegiatan sehingga Raja Kadangalurdan Chereman Perumal masuk
islam dan mengganti namanya menjadi Tajudin. Pada zaman Umar bin Khattab,
Mughirah berusahau untuk menaklukkan Sin ( India ), tetapi usahanya gagal (
643-644 ). Pada zaman Utsman bin ‘Affan dan Ali bin Abi Thalib dikirim utusan
untuk memepelajari adat-istiadat dan jalan-jalan menuju Asia Selatan (India) .
Pada zaman MuawiyahI, Muhammad Ibnu Qasim berhasil menaklukkan India dan
diangkat menjadi Amir Sind dan Punjab. Kepemimpinan diSin dan Punjab dipegang
oleh Muhammad Ibn Qasim setelah ia berhasil memadamkan perampokan terhadap umat
Islam di sana.Pertikaian internal antar Hajjaj dengan Sulaeman menyebabkan
dinasti ini melemah. Ketika dalamkeadaan melemah, dinasti ini di taklukkan oleh
dinasti Gazni.
Pada masa pemerintahan Al-Ma’mun (
Khalifah Dinasti BaniAbbas) Telah di lakukan penaklukan ke wilayah AsiaSelatan
dengan di angkatnya sejumlah amir untuk
memimpin daerah-daerah. Diantara yang di percaya untukmrnjadi amir adalah Asad
Ibn Saman untuk daerah Transixiana. Ia di angkatmenjadi amir setelah berhasil
membantu Khalifah Bani Abbas menaklukkan Dinasti Safari yang berpusat di
Khurasan.
Dinasti
Saman( 874-999 M ) mengagkat aliptigin menjadi amir di Khurasan. Aliptigin
kemudian di gantikan oleh anaknua, Ishak. Ishak dikudeta oleh Baligtigin.
Baligtigin di ganti oeh Firri dan Firri dijatuhkan Subuktigin.Subuktigin
menguasai Ganza kemudian mendirikan dinasti Gaznawi ( 968-1191 M ).Dinasti
Gaznawi di taklukkan oleh Dinasti Guri (1191M). Setelah meninggal, Muhammad
Guri di ganti oleh panglimanya , Quthbuddin Aibek ( karena Muhammad Guri dania
menjadi sultan sejak tahun 1206 M. Sejak itu, berdirilah kesultanan Delhi(
India ). Kesultanan Delhi terdiri atas Mamluk di Delhi ( 1206-1290 M ),Dinasti
Khalji ( 1290-1320 M ) Dinasti Tughkuh ( 1320-1414 M ), Dinasti Sayyed (1414-
1451 M ) dan Dinasti Lodi ( 1451-1526 ).
Selain
itu,Islam datang ke Asia Selatan sebelum invasi Muslim India.Pengaruh Islam
pertama kali datang ke Asia Selatan pada awal abad ke – 7 dengan muncul nya
pedagang Arab.Mereka yang datang ke Asia Selatan mengunjungi daerah Malabar,
yang merupakan daerah yang menghubungkan antara mereka dengan pelabuhan di As.
ia Tenggar. Menurut sejarawan Elliot dan Dowson
dalam The History of India , mereka datang dengan menggunakan kapal
pertama yang membawa wisatawan Muslim terlihat di pantai India sejak 630
M. H.G. Rawlinson dalam bukunya Abad
Pertengahan Kuno dan India mengatakan bahwa orang Arab Muslim tinggal di
pantai India di bagian terakhir dari abad ke -7 Masehi. Para pedagang Arab dan
pedagang menjadi pembawa agama baru dan menyebarkan nya ke mana pun mereka
pergi.
Asia
Selatan mencakup India,Pakistan dan Bangkadesh yang luas nya kira-kira 2.075
mil dari utara ke selatan dan 2.120 mil dari timur ke barat. Di sebelah utara,
wilayah ini berbatasan dengan wilayah Tibet ( Cina ) dan Afganistan, sedangkan
di sebelah selatan berbatasan dengan Laut Samudra Indonesia,di sebelah timur
berbatasan dengan Burma, dan di sebelah barat berbatasan dengan Persia
(Iran)Perekonomian mereka berdasarkan kombinasi antara penanaman hasil padi di
ladang berpetak yang kebanyakan teririgasi dan di bajak dengan menggunakan sapi
jantan serta pembiakan lembu jantan,kerbau, domba dan keledai.
2. Pusat-PusatPenyebaran Islam di Asia Selatan
Islam
sebagai ajaran yang di bawa oleh Nabi Muhammad SAW. Telah menorehkan tinta
peradaban yang cemerlang pada masa lalu.
Sistem
keagamaan di Asia Selatan di warnai dengan sistem kasta, Hinduisme Brahmanik
dan keyakinan Budha diwarnai dengan dominasi elite Rajput dan elite politik
Hindu lainnya. Di antara negara yang pernah ditaklukkanoleh Islam adalah
sebagai berikut :
a. Negara India
Nama
India ini diambil dari nama Sungai Sindi, satudi antara sungai-sungai yang
besar di benua India, yang saat ini hendak dikembalikan pada namanya yang asli,
yaitu Bharat. Oleh karena itu, di sebut Sind. Sind telah pula menjadi nama
daerah tempat keududukan pusat Negara Pakistan sekarang ini, Karachi.
Kaum
Muslim mengenal daerah ini dengan sebutan Sind sejak 711 M, tepatnya ketika
panglima Umayyah, Muhammad bin Qasim menyerbu wilayah ini.Selama tiga tahun,
Pemerintahan Umayyah menduduki wilayah ini,yaitu daerah Indus bawah tepatnya
pada masa Khalifah Al-Walid . Pada masa ini,Islam belum sepenuhnya menguasai
wilayah –wilayah penting karena fokus khalifah yang berpusat di Damaskus masih
terbagi- bagi di wilayah Asia Tengah, Afrika Utara, dan spayol. Sekitartahun
750 M pada masa kekuasaan Abbasiyah juga erjadi langkah yang sama,tetapi
khalifah tidak memberikan dukungan sepenuhnya untuk mengembangkan wilayah
kekuasaan wilayah ini. Hal ini di karenakan,Abbasiyah lebih senang membina
kekuatan sosial budaya di dalam. Kemudian, ketika Abbasiyah mulai memasukkan
orang-orang Turki masuk dalam elite kekuasaannya, mereka diberi tugas penting
tersebut. Orang Turki yang diberikan kewenangan untuk menaklukkan wilayah Asia
Selatan,khususnya India adalah Mahmud Ghazna. Dari sinilah,Islam mulai muncul
menjadi penguasa India dengan berkuasanya dinasti-dinasti secara bergantian.
Gambaran
secara umum tentang masyarakat India saat Islam memasuki wilayah ini
menunjukkan indikasi yang sangat sulit bagi proses islamisasi. Hal ini
menunjukan bahwa betapa kuatnya pengarh dan dominasi kultural yang telah
dibentuk oleh pendahulu dan penguasaannya dalam menciptakan ideologi keagamaan
dan sentimen kulturnya. Melihat kondisi ini, seorang sejarawan muslimterkemuka,
yaitu Al-Biruni ( Wafat tahun 1048 M di Ghazna,Afganistan ), Mengemukakan bahwa
ada lima hal penting yang menjadi titik perhatian sekaligus menjadi ciri khas
masyaraka India dalam menolak sesuatu yang datang dari luar,yaitu
bahasa,tradisi keagamaan, adat-istiada,fanatisme ( kebencian terhadap orang
asing ), dan keangkuhan dalam kebudayaan.
2. Pendirian Dinasti Mughal
Ibrahim Lodi
adalah cucu Sultan Lodi. Sultan Delhi terakhir memenjarakan sejumlah bangsawan
yang menentangnya. Hal itu memicu pertempuran antara Ibrahim Lodi dengan
Zahirudin Babur (cucu tiur Lenk) di Panipazh (1526 M). Ibrahim Lodi terbunuh
dan kekuasaan nya berpindah ke tangan Zahirudin Babur. Sejak itulah, berdiri
Dinasti Mughal di India dan Delhi di jadikan ibu kota. Setelah
meninggal,Zahirudin Babur digantikan oleh anaknya, Nashirudin Humayun
(1556-1605 M) Pada zamannya,Dinasri Mughal mencapai puncak kejayaan.
3. Konflik Internal dan Kemunduran Dinasti
Mughal
Akbar Khan menjalankan pemerintahan
bersifat militeristis Pemerintah Pusat di pimpin oleh raja,pemerintah daerah
dipimpin oleh kepala komandan(Sipah Salar), dan pemerintahan di sub-daerag
dipimpin oleh seorang komandan ( Faudzan). Akbar Khan menerapkan sistem politik
Sykh e-Kul ( toleransi universal
), yaitu pandangan bahwa derajat semua
penduduk adalah sama.Di samping itu, ia membentuk Din Ilahi ( Upaya untuk membangun toleransi beragama di India ) dan
mendirikan Mansabdari (Lembaga
pelayanan umum) yang berkewajiban untuk menyiapkan segala urusan kerajaan,
termasuk menyiapkan sejumlah pasukan.
Setelah meninggal, Akbar di ganti
oleh anaknya,Jahangir (1605-1627 M).Shah Jehan pun di tangkap oleh anaknya,
yaitu Auranngzeb. Setelag di tangkap, Shah jehan di penjara di bawah tanah.
Akhirnya, terjadilah perang saudara antara Aurangzeb dengan kakak
tertuanya,Dara. Dara di kalahkan oleh adiknya,sehingga Aurrangzeb menjadi
Sultan Mughal (1658-1707 M ) dengan gelar Alamghir Padshah Ghazi. Di antara
kebijakan-kebijakan Aurangzb adalah
1.
melarang
adanya perjudian, minuman keras,pelacuran, dan narkotika (1659 M)
2.
Melarang
praktik sati ( praktik pembakaran
seorang janda karena ditinggal mati oleh suaminya) (1664 M)
3.
Memprakasai
perusakan kuil-kuil Hindu
4.
Memprakarsai
modifikasi hukum Islam yang produknya kemudian disebut al-fatawa Alamhir ( Al-Fatwa Al-Lamgiriyat; Al- Fatawa Al-Hindiyat
)
Setelah meninggal, Aurangzeb diganti ole sultan yang lemah-lemah,
yaitu
1.
Baharudin
Shah (1707-1712 M )
2.
Azimatus
Syah ( 1712 M )
3.
Tihandar
Syah ( 1713 M )
4.
Farukh
Syiyar ( 1713-1719 M)
5.
Muhammad
Syah (1719-1748 M)
6.
Ahad
Syah ( (1748-1754 M )
7.
Alamghir
II ( 1745-1759 M )
8.
Syah
Alam ( 1761-1806 M )
Akhirnya ,Mughal di serang oleh Alam Syah Durani dari Afgan. Secara
perlahan lahan,Mughal lenyap dari Ind,terutama setelah Sultan Mughal
terakhir,Baharudin Syah, di usir dari istana oleh Inggris ( 1857 M ).
Kerajaan Mughal mengalami kemunduran yang berangsur-angsur setelah
pemerintahan Sultan Aurangzeb. Raja-raja setelahnya banyak yang tenggelam dalam
kemewahan dan kebesaran dalam istana.Selain datang dari kerajaan-kerajaan
Brahmana yang inginn melepaskan diri,ancaman juga datang dari Kerajaan Iran
yang dipimpin oleh Nadir Syah. Setelah Nadir Syah dapat menguasai kekuasaan
keturunan Shafawiy, timbullah keinginannya untuk menguasai Kerajaan Mongol di
Delhi Agra. Dengan penyerangan yang membabi buta,Muhammad Syahkalaholeh Nadir
Syah, yang akhirnya mengaku tunduk dan menyerah pada Nadir Syah. Pada saat itu,
penduduk yang sangat menyesal dengan kekalahan tersebut mengadakan perlawanan,
Akan tetapi, Nadir Syah tanpa ampun menghukum penduduk yang melawan. Melihat
kejadian tersebut, Sultan Muhammad Syah tidak bisa melakukan apa-apa,selain
meminta ampun dan perlindungan.Permintaannya di kabulkan dengan syarat membayar
denda yang sangat mahal.
Setelah Muhammad Syah wafat,kedudukannya di gantikan oleh Sultan
Alam Syah .Pada saat ini, terjadilah penyerangan oleh Afganistan yang
menyebabkan kekalahan mongol. Setelah itu, terjadilah peperangan dengan Inggris
yang tidak ada hentinya. Sejak saat itu, kekuatan Mongol semakin melemah, dan
sebaliknya, Inggris semakin kuat dengan mempelajari kelemahan India. Melihat
India terdiri atas banyak agama dan golongan, Inggris bermaksud untuk memecah
belah kesatuan India. Perdamaian yang di lakukan oleh Sultan Alam Syah denganInggris
membawa konsekuensi bagi India untuk meyerahkan penguatan bea cukai. Nasib
Sultan Alam Syah begitu sangat menyedihkan. Setelah kalah dengan Inggris, ia di
tawan dan dihukum oleh panglimanya dengan jalan mencongkel kedua matanya.Dengan
wafatnya Sultan Alam Syah kedudukan nya di ganti oleh putranya yang bernama
Bahadur Syah. Sama dengan nasib ayahnya, kekuasaan yang ada ada padanya tidak
berarti apa-apa,karena ia hanya diberi gaji oleh Inggris. Dengan memakai
politik memecah belah,Inggris dapat menguasai sebagai mana besar wilayah India.
Dari hari ke hari, rakyar India mulai merasakan tekanan batin yang begitu
mencekam hati. Baik rakyat yang beragama Hindu maupun Islam, semua merasakan
hal yang sama. Bagaikan api dalam sekam, keinginan untuk melepaskan diri dari
penjajahan pun berubah menjadi pemberontakan besar. Seluruh umat India menyusun
kekuatan untuk melawan Inggris.Untuk itu, para pemberontak meminta Bahadur Syah
menjadi lambang dari perjuangan mereka. Semangat mereka adalah mengembalikan
kemerdekaan dan kebesaran India di bawah panji Kerajaan Mongol Islam.
Mendengar pernyataan tersebut, Bahadur Syah menyatakan kesediaannya
untuk menjadi lambang bagi perjuangan mereka Pemberontakan yang terjadi pada
tahun 1857 disebut pemberontakan Sipahi. Dalm kondisi demikian, Inggris di buat
porak poranda. Akan tetepi, dengan bantuan raja-raja yang telah memihak kepada
Inggris, pemberontakan tersebut dapat di redam. Pada saat itulah,Inggris
membalas sait hatinya atas pemberontakan tersebut dengan membunuh secara sadis
rakyat yang mengadakan perlawanan. Setelah itu, Inggris menangkap Kaisar Mughal
yang terakhir, Bahadur Syah dan mengasingkannya ke Burma pada tahun 1858M
hingga meninggal. Kemudian bagi maharaja-maharaja yang telah membantu
mengalahkan Bhadur Syah dan pengikutya mendapat kemegahan dan kekuasaan dengan
memakai gelar pusaka dan di beri bintang-bintang. Jadilah, Victoria dilantik
menjadi kaisar India.
Setelah meninggalnya Bahadur Syah dan diangkatnya Victoria menjadi
kaisar India, selesailah kekuasaan Mongol di India. Pejuang panjang dari
Kerajaan Mughal di India memberikan wawasan tentang perkembangan islam di tanah
Hindustan. Kita tahu bahwa perjuangan untuk mendirikan sebuah peradaban tidak mudah.
Suatu kekuasaan dari raja satu ke raja selanjutnya memiliki kekhasan
masing-masing dalam menjalankan roda pemerintahan . Hal ini pun mengakibatkan
kekuasaan silih berganti sesuai dengan kekuatan raja yang berkuasa saat itu.
Apalagi, jika raja-raja yang berkuasa telah dirasuki rasa suka terhadap
kemewahan dan kemegahan sudah dapat dipastikan baahwa kekuatan dari sebuah
negara atau imperium perlahan akan mengalami kemunduran. Selain itu, tergodanya
raja terhadap rayuan wanita juga dapat menyebabkan melemahnya kekuatan.
4.Kekuasaan Inggris di Asia
Selatan
Inggris melakukan perdagangan di India melalui British East India Company ( BEIC ) di beri kebebasan untuk
mengembangkan usahanya di India. Sebagai imbalannya, Ingris di wajibkan
menjamin kehidupan raja da keluarga istana. Akhirnya, Inggris berhasil
manaklukkan Dinasti Mughal dengan mengusir Bahadur Syah ( Sultan Mughal
terakhir ) dan melakukan penjajahan teradap India.
5.Hubungan Hindu-Islam dan
Respons Umat Islam terhadap Kekuatan Inggris
Pada zaman penjajahan Inggris, di
India terdapat dua partai politik besar , yaitu Partai Kogres yang di pimpin
oleh Jawaharlal Nehru. Anggota partai ini terdiri ata orang-orang Hindu dan
Muslim. Liga muslim Indi merupakan partai yang di bentuk untuk mewadahisuara umat
islam.Dua partai ini tidak pernah satu visi –misi karena kepentingan yang
berbeda.
Respons umat Islam terhadap Inggris
terbagi menjadi tiga kelompok,Pertama, kelompok
non-kooperatif yang dimotori oleh ulama tradisiona deovand.Kedua, kelompok kooperatif yang di motori oleh Sayyid Ahmad Khan.i Ketiga, Kelompok Abstain ( kelompok yang tidak
menentang dn tidak juga bekerja sama) yang di mohon oleh Universitas Aligarh (
para pengikut Ahmad Khan )
Pada tahun 1857 M terjadi Revolusi
Muktiny.yaitu puncak perlawanan umat islam terhadap Inggri . Revolusi ini di
picu oleh sikap Inggris yang tidak menyertakan Islam dan Hindu dalam parlemen.
Revolusi ini kemudian mendorong Inggris untuk merangkul umat Hindu dan
mengucilkan umat islam.Dalam suasana demikian, Sayyid Ahmad Khan berusaha untuk
menyelamatkan umat Islam melalui sikap kooperatif terhadap pemerintah Inggris.
Usaha Sayyid Ahmad Khan lainnya adalah
a.
Mendirikan
lembaga The Translation Society untuk
menerjemahkan buku-buku seni dan sains
b.
Membentuk
majalah TahdzibAl-Akhlaq (1870) untuk meningkatkan moral atau akhlak
c.
Mendirikan
perguruan tinggi Mohamadan Anglo Oriental Collage (1875 M) yang kemudian di
ubah menjadi Universitas Aligh( 1920 M) dengan menggunakan kurikulum dari
Barat.
Pada tahun 1940, Partai Liga Muslim India membentuk kesepakatan
yang isinya adalah bahwa wilayah-wilayah yang penduduknya mayoritas beragama
Islam, seperti zona barat laut dan timur India, harus di satukan sebagai satu
negara yang erdeka. Persatuan wilayah –wilayah tersebut kemudian disebut dengan
Pakistan.
Pada tahun 1942, Inggris
menawarkan kemerdekaankepada India setelah Perang Dunia Kesatu. Inggris juga
menyetujui hal pemerintahan provisi untuk menentukan dirinya sendiri, tetapi
memilih sebagai bagian dari negara India arau lepas dari India.
b.
Negara Pakistan
Islam datang ke Negara Pakistan sebelum negara ini memisahkan dari
negara India.Islam tibadi daerah yang sekarang di kenal sebagai Pakistan pada
tahun 711 Masehi ketika Bani Umayyah mengirimkan Dinasti Muslim Arab yang
dipimpin oleh seorang panglima tentara, yaitu Muhammad Ibnu Qasim melawan
penguasa Sindh, Raja Dahir. Hal ini karena fakta bahwa Raja Dahir telah
memberikan perlindungan kepada banyak Zoroastrian princes yang melarikan diri
dari penaklukkan Islam Iran.
Pengalaman Pakistan mengenai interkasi agama dan politik sangat
unikm karena secara integral hal rersebut berhubungan dengan gagasan tanah air
yang terpisah bagi umat Islam India yang muncul pada akhir tahun 1930-an. Sejak
itulah,dari berdirinya Pakistan pada tahun 1947, Perkembangan politiknya di
pengaruhu oleh Islam dan mungkin tetap seperti itu pada masa depan.
Pakistan adalah sebuah negara yang didirikan bagi umat Islm dan di
proklamasikan pada taggal 14 Agustus 1947. Kelahirab negara ini merupakan buah
perjuangan umat islam yang panjang di India utuk melepaskan diri dari dominasi
mayoritas umat Hindu. Negara Pakistan yang di impikan para arsiteknya adalah
sebuahnegara ideologis yang didalamnya terdapat kaum muslimin yang mampu
menerapakan ajaran islam dan hidup selaras dengan petunjuknya.Lebih jauh,negara
baru ini merupakan negara demokrasi dengan konsep kedaulatan rakyat sebagai
basisnnya.Oleh karena itu,ijma’ sebagai pelaksanaan ijtihad kolektfi dipandang
perlu sehingga disetujuilah para ulama masuk kedalam dewan legislatif untuk
membantu dan memimpin perbincangan tentang masalah yang bertalian dengan
hukum,setidak-tidaknya dalam tingkatan peralihan hingga hukum islam telah di
modernisasi.Ide-ide inilah yang kemudian menjadi basis pemikiran politik kaum
modernis muslim Pakistan.
Pakistan berdiri dan merdeka dari Inggris pada Tanggal 14Agustus
1947.Pakistan merupakan gabungan dari 5 provinsi India,diantaranya
Balukistan,Sind,Unjap,Bengal,dan Assam.Perancang awal Pakistan adalah M.Iqbal
(1873-1938 M) dan mewujudkan rancangan tersebut adalah M.Ali Jinah (1876-1948
M)
Tokoh modernis yang mendukung pendirian pakistan adalah Ahmad
Khan,Syed Amir Ali dan M.Iqbal.Disamping itu berdirinya negara Pakistan juga
dapat dukungan dari
a.
Jema’ah
tablig pimpinan Muhammad Ilyas
b.
Gerakan
Sufi pimpinan Asyraf Ali Tsanvi
c.
Jema’ah
islamiyah pimpinan Abu Al-A’la Al-maududi
d.
Gerakan
Khilafah pimpinan Muhammad Ali Jauhar
e.
Gerakan
Khaksar pimpinan Inayatullah Al-masyruqi
Presiden Pakistan adalah Muhammad Ali Jinnah yang memerintahkan
sampai ia meninggal (1948 M) sepeninggal Ali Jinnah Muslim Pakistan dihadapkan
pada pertentanganyang terjadi karna alasan berikut.
Pertama Liaqod Ali Khan
pengganti Ali Jinnah kurang memiliki Otoritas yang jelas,Kedua Umat
Islam terbagi menjadi 2 Kelompok,yaitu modernis (Muslim berpendidikan barat)
dan Tradisionalis (Muslim yang menginginkan peraturan hubungan agama dan negara
didasarkan pada syariat islam) pertentangan ini melahirkan konstitusi 1956
(sebagai Kompromi) yang menentukan (a.) Bentuk negara adalah demokratis yang
didasarkan atas prinsip-prinsip syariat islam (b.) Kepala negara harus
muslim,dan (c.) dibentuk pusat penelitian untuk membantu pemerintahan.
Ayub Khan berkuasa melalui kudeta Tahun 1958.Pada zamanya,kontitusi
1956 diamandemen dengan perubahan (a.) Pembebasan Islam dari tahayul dan
memajukanya melalui pengembangan Ilmu Pengetahuan dan (b.) membentuk Dewan
Penasihat idiologi islam (Lembaga Penelitian Islam).Kebijakan ini ditentang
oleh Ulama Tradisional.
Ayub Khan diganti oleh Yahya Khan.Yahya Khan kemudian diganti oleh
Zulfikar Ali Bhuto.Zulfikar Ali Bhuto di kudeta oleh Ziaul Haq (5 Juli
1977).Ziaul Haq berusaha untuk merealisasikan syariat islam melalui
(a.)Pembentukan komite pemungut dan Pendistribusi zakat dan pajak (b.) pendirian
pengadilan Syariat (c.)Penghapusan riba dalam sistem perbankan dan (d.)Revisi
buku-buku pelajaran disekolah-sekolah dan perguran tinggi
1)
Kebangkitan Islam di Pakistan
Kebagkitan islam di pakistan pada tahun-tahun terakhir terlihat
dalam berbagai bidang kehidupan kolektif . Di bidang politik, partai-partai
Islam dan pemerintahan telah menolak model legitimisasi demokrasi parlementer
barat dan berusaha untuk memperkenalkan sistem politi yang di dasarkan pada
prinsip-prinsip Islam. Upaya demikian adalah referendum nasional yang berusaha
untuk mencari mandat agi islamisasi yang lebih jauh, tersimpul di dalamnya,
perluasan masa jabatan presiden menjadi lima tahun, dan bersma –sama dengan
pemilihan nonpartai untu dewan nasional da provinsi.
Dalam bidang ekonomi, kebangkitan islam mengungkapkan diri dalam
tindakan,seperti kewajiban mengumpulkan zakat dan pajak,memperkenalkan bank dan
sistem investasi bebas bunga,batasan hukum atas pungutan kekayaan pribadi,
denasionalisasi bisnis tertentu, fan perusahaan-perusaan industri. Dalam bidang
Hukum,kebangkitan berarti
memperkenalkan hukum pidana Islam dan hukum pembuktian Islam. Aturan-aturan
selanjutnya dilengkapi untuk menyelesaikan kasus-kasus kriminal dan sipil
berdasarkan hukum Islam.
Kebangkitan Islam dalam budaya termasuk dalam
larangan klub-klub dansa, pengenaan moralitas seksual yang ketat, kepatuhan
pada standar-standar moral islam dalam memproduki dan menayangkan program televisi,
revisi buku-buku teks sekolah dan perguruan tinggi untuk mengungkapkan
kebiasaan Islam, alokasi yang meningkat untuk pengajaran bahasa Arab dan
Islam,pendirian Universitas Islam International di Islamabad, menyatakan hari
Jumat sebagai hari libur resmi menggantikan hari minggu,menetapkan jam-jam
istirahat untuk mengerjakan shalat selama jam kerja di kantor pemerintahan dan
swasta, menekankan bahasa Urdu dan busana nasional di kantor-kantor
pemerintahan, serta pengungkap keengganan moral terhadap budaya barat.
2)
Negara
Bangladesh ( 1971 M )
Republik Rakyat Bangladesh adalah sebuah negara di Asia Selatan
yang berbatasan dengan India baray,utara, dan timur serta dengan Myanmar di
tenggara dan Teluk Benggala di selatan, Bangladesh bersama dengan Benggala Barat
di India membentuk kawasan etnolinguistik Benggala. Bangladesh secara harfiah
bermakna “ Negara Bangla” . Ibu kota dan kota terbesar Bangladesh ialah Dhaka.
Perbatasan
Bangladesh di tetapkan melaluipemisahan India pada Tahun 1947. Negara ini
merupakan syap timur diPakistan ( Pakistan Timur ) yang terpisah dari sayap
barat 1.600 kilometer Diskriminasi politik,bahasa, dan ekonomi menimbulkan
perpecahan anatar kedua sayap, yang berjuang pada meletusnya perang kemerdekaan
ditandai dengan kelaparan, bencana alam, kemiskinan, hura-hura politik,
korupsi, dan kudeta militer.
Bangladesh
memiliki jumlah penduduk terbesar kedelapan di dunia dan merupakan salah satu
negara terpadat di dunia dengan tingkat kemiskinan yang tinggi.Namun,
Pendapatan perkapita Bangladesh telah meningkat dua kali lipat sejak tahun 1975
dan tingkat kemiskinan sebagaislah satu bagian dari “ Next Eleven “ . Ibu kota
Dhaka dan wilayah urban lainnya menjadi penggerak utama di balik pertumbuhan
ini.
Umat Islam sudah
menginjakkan kakinya di Bengal sejak zaman Umar bin Khattab (637 M). Pada tahun
711(masih zaman Umar), Muhammad Ibnu Al-Qasim berhasilmenaklukkan Sind (
Pakistan Barat), Daerah kekuasaan diperluas lagi pada zaman Bani Abbas pada
tahun 871 M, orang-orang islam sudah menetap di sana, Pemerintah ( Dinasti)
Islam yang menguasai daerah Bengal adalah Mahmud Gaznawi dari Asia tengah (
Afganistan) tahun 1001M , kemudian, Bengal di kuasai oleh Kesultanan Delhi .
Pada Tahun 1341M, Bengal melepaskan diri dari Kesultanan Delhi dan menyatakan
merdeka dibawah pimpinan Syamsudin Ilyas sampai tahun 1541 M. Setelah itu,
dikuasai lagi oleh Afgan kemudian Bengal di taklukkan oleh Akbar ( Mughal )
pada tahun 1676M. Bengal berada di bawah Kerajaan Mughal . Pimpinan bengal
disebut nawab ( gubernur ) , setelah
mughal lemah,Bengal memerdekakan diri (1699 M), kemudian Bengal di kuasai oleh
Inggris ( 1757 M). Ketika merdeka dari Inggris, Bengal di satukan dengan negara
Pakistan.
Setelah Inggris
memberikan kemerdekaan ,Pakistan di bedakan menjadi dua, yaitu Pakistan barat
dan Pakistan Timur. Ketidakadilan kultur,politik, dan ekonomi mulai di rasakan
oleh penduduk pakistan timur. Disamping itu, penduduk Bengal merasa di
eksploitasi oleh Pakistan Barat . Pakistan timur hanya menerima 36% dari total
pendapatan nasional, hanya 13% orang orang bengal yang menjadi tentara. Dari
segi bahasa ( Kultur ),Pakistan barat memaksakan diberlakukannya bahasa Urdu.
Padahal, mereka memiliki bahasa tersendiri.
Ketidakpuasaan
orang Pakistan Timur terhadap kultur, politik dan ekonomi Pakistan semakin
mengkristal. Akhirnya, Mujibburrahman ( pada tahun 1975-1981 M) memimpin
pemberontakan yang menuntut kemerdekaan. Mujiburrahman kemudian menjadi
presiden Bangladesh pertama.Bangladesh tidak menyatakan diri sebagai negara
Islam meskipun mayoritas penduduknya beragama islam.Dalam konstitusi 1975,
dinyatakan bahwa prinsip dasar negara Bangladesh adalah sekuler dan melarang
partai politik yang di bentuk berdasarkan afiliasi agama.
Pada tahun
1975,Mujiburrahman di ganti oleh Ziaur
Rahman ( 1975-1981 M ) . Pada Tahun 1977,Ziaur Rahman mengganti pasal
sekulerisme dalam konstitusi 1972 dengan keimanan kepada Allah yang Maha
Kuasa.Pada masa ini juga di bentuk Departemen Agama,Dewan Riset Islam, dan
pendirian universitas Islam. Ziaur Rahman di ganti oleh H. M Ershad ( 1982-1991
M). Pada tahun 1988,dean Nasional mengesahkan amandemen konstitusi yang
menyatakan bahwa islam adalah agama resmi negara Bangladesh.
Sinkretisme islam
dengan hindu menjadi corak keagamaan Islam masyarakat bawag ( rural ) di
bangladesh Sinkretisme agama di Bangladeh tergolong parah karena sampai terjadi
pertukaran ibadag.Hal itu dapat dilihat dalam khotbah, pertunjukan lirik-lirik
tertentu, dan dukun yang menyembuhkan penyakit dengan mengguakan kekuatan
yangdi ambil dari Al-Qur’an dan Krisna ( Ajaran agam Hindu ) . Keadaan yang
demikian menimbulkan jarak atau kesenjangan antara agama yang di anut oleh
muslim kelas bawah (rural/ atraf ) dan masyarakt setempat dengan muslim kelas
atas ( elite/syaraf) dan masyarakat yang mengaku berasaldari timur tengah.
Keadaan ini menjembatani oleh tokoh-tokoh agama dengan memperkenalkan ajaran
ortodok isam dan mengharmoniskan Hindu dengan Islam melalui pengenalan ajaran
kosmologi, mistis, dan tradisi.
Sinkretismejuga
melahirkan ferakan Faraidi ( 1818 M ) yang dipimpin oleh Haji Syari’atullah
yang menentang Sinkretisme . Pada tahun 1900 M .mereka mengajak umat islam
secara terbuka untuk menolak sinkretisme, Gerakan lainnya adakag Tariqh I
Muhammadiyah gerakan ini merupakan kepanjangan dari Wahabi di Arabb. Gerakan
Tariqh I Muhammadiyah dikenaljan di Bengak oelh Titu Mi ( 1782- 1831 M )
Tujuannya adalah untukmelaksanakan ajaran islam secara murni atau tidak di capuradukan
kebudayaan yang ada.
Tarekar yang
terbesar pengikutnya di bangladesh adalah Qadiriyyah. Mayoritas rakyatnya
adalah Islam Sunni mazgab Hanafi pada tahun 191 M, di tetepkan ordonasi hukum
keluarga . Salah satu isinya adalah pencatatan perkawinan dan kebolehan
berpoligami setelah mendapat persetujuan pengadilan Arbitrase. Anggota Arbitras
adalag wakil dari suami, wakil dari istri, dan arbiter netral yang di pilih
oleh pemerintah daerah. Pendidikan Islam dilakukan dala tiga jenjang dan
bidang. Pertama ,pendidikan dasar yang di
laksanakan di masjid yang di sebut maktab, kedua
, Pendidikan lanjutan yang di sebut Madrasah. Bidang
ilmu yang di pelajari adalah pendidikan moral, ketiga , pendidikan tinggi atau universitas . Bidang ilmu ysnsg
dipelajari adalah ilmu profesi ( profesional ).
Baca Juga: Dinasti-dinasti Islam di Afrika Urata
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Islam datangke Asia Selatan sejak zaman Nabi
Muhammad SAW yang di bawa oleh para pedagang arab melalui sejumlah pelabuhan
besar yang ada di India, sehingga terjadi interaksi antara para pedagang arab
dengan masyarakat inda.Oleh karena itu, perdagangan yang di bawa oleh orangArab
dan dakwah menyatu dalam satu kegiatan sehingga hanya ada salah satu raja yaitu
raja Kadangalur dan Charaman Partamal I masuk islam dan di ganti namanya
menjadi Tajudin . Setelah itu Nabi Muhammad SAW .wafat.Penyebatan Islam di
wilayahini masih terus berlanjut.Ini terbukti pada zaman Umar bin
Khattab,Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib yang mengirim utusan untuk
mempelajari adat-istiadat dan jalan yang menuju Asia Selata, khususnya India.
Bahkan, padamasa pemerintahan
Al-Ma’mun ( Dinasti Bani Abbas ) telah di lakukanpenaklukkan di wilayah Asia
Selatan dengan di angkatnya sejumlah amir untuk memimpin di daerah-daerah,
wilayah-wilayah yang termasuk ke asia Selatan adalah India ,pakistan,Bangladesh
. Islam di perkenalkan dalam bentuk peradaban yang telah berkembang yang di
warnai dengan budaya keagamaan yan
terorganisasi secara mapan. Sementara itu, Keagamaan di Asia selatan di warnai
dengan sistem kasta , Hinduisme, Brahmanik, Keyakinan budha ,serta di warnai
dengan dominasielite Rajputdan elite politik hindu lainnya. Islam bukan
kekuatan pertama yang dapat menguasai wilaya ini, melainkan dengan berkuasanya
di wilayah tersebut selama tiga abad lamanya. Ternyata islam mampu memberikan
kontribusi bagi kebudayaan setempat.
Karena
wilayah ini terdiri atas berbagai macam ras , keturunan, dan golongan sehingga
mengakibatkan wilayah ini mudah untuk di kuasai oleh kekuatan daei luar,
di antaranya Islam.
B.
Saran
Dengan
di susunnya makalah ini, kita sebagai mahasiswa akan lebih terbuka wawasan
tentang Islam di Asia Selatan dalam garis besar, Maka dari itu, kami
menyarankan untuk tidak melupakan sejarah-sejarah dan senantiasa mempelajarinya sebagai praktisi akademis ,
kita harus kritis,dalam menanggapi fenomena saat ini dan selalu cross check apa
yang menjadi isu sejarah. Jangan sampai kita menjadi korban pembelokan sejarah.
DAFTAR PUSTAKA
Ajid Thohir, Ading
Kusdiana. 2006.Islam di Asia Selatan;
Melacak Perkembangan Sosiall, Politik Islam di India,Pakistan, dan
Bangladesh . Bandung : Humaniora
____________
. 1997. Sejarah Diplomasi dan
Perkembangan Politik di Asia . Bandung:Bina Budhaya
Al-‘Usairy Ahmad. 2008. Sejarah
Islam sejak zaman Nabi Adam Hingga Abad XX :Jakarta : Akbar MediaEka Sarana
Dedi Supriyadi.2008. Sejarah Peradaban
Islam. Bandung: Pustaka Setia
Hamka. 1994-2005. Sejarah Umat
Islam. Jakarta: Pustaka Nasional PTE, LTD
Harun Nasution. 1986. Islam
Ditinjau Dari Berbagai Aspek. Jilid II. Jakarta: UI Press
Ibnu Atsir. 1965. Al-Kamil Fi
al-Tarikh. Beirut: Dar Al-Shadr
Ira M. Lapidus. 1997. Sejarah
Sosial Ummat Islam Bagian Kesatu dan Dua. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Jaih Mubarak. 2008. Sejarah
Peradaban Islam. Bandung: Pustaka Islami
Siti Maryam Siti dkk. 2003. Sejarah
Peradaban Islam Dari Klasik Hingga Modern. Yogyakarta:Jurusan SPI Fakultas
Adab IAIN Sunan Kalijaga
T. Hunter, Shireen. 2001. Politik
Kebangkitan Islam. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya
0 komentar:
Post a Comment