Islam di Asia Selatan


Peta Asia Selatan. 2.blospot.com

Kata Pengantar
Bismillahirrahmaanirrahim
            Puji syukur kita panjatkan kepada ALLAH SWT yang telah melimpahkan begitu banyak berkah dan rahmat kepada kita semua sehingga makalah ini dapat tersusun sebagaimanamestinya sesuai apa yang di instruksikan oleh dosen pembimbing mata kuliah Sejarah Kebudayaan Islam.
            Sholawat serta salam tak lupa selalu kita panjatkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad SAW, yang tentunya kita harapkan syafaatnya di yaumul akhir, Amin yaa Rabbal’Alamin.
            Selanjutnya hal ini layak untuk di kemukakan bahwa makalah ini ditulis selain bertujuan untuk memenuhi tugas Sejarah dan Kebudayaan Islam,juga kita dituntut untuk mengetahui tentang Islam di Asia Selatan secara mendalam dan detail.
            Maka dari itu di harapkan kita sebagai mahasiswa dapat mengkritisi fenomena yang terjadi di zaman sekarang ini dengan mencontoh hal hal-positif yang sudah di lakukan di zaman dahulu ,serta dapat senantiasa mengevaluasi apa yang menjadi hambatan umat islam,sehingga menyebabkan kemunduran, terintervensi oleh kaum kolonialis, bahkan menjadi penyebab hancurnya kerajaan- kerajaan islam.
            Selain itu beberapa hal di atas kami memohon maaf atas berbagai kesalahan dalam penulisan maupun kemungkinan kesalahan dalam berbagai informasi yang disajikan, karena sejatinya kebenaran hanyalah milik Allah SWT semata, dan kesalahan murni dari manusia.


Yogyakarta,22 November 20117



Penyusun


BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang Masalah
Islam sebagai agama rahmatan lil’alamin yang di bawa oleh Nabi Muhammad SAW. Mengandung misi dakwah yang harus di sebarkan kepada seluruh manusia. Hal ini terbukti dengan adanya peradaban dan sejarah yang cemerlang pada masa lalu . Kita dapat melihat perjuangan Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya dalam melakukan ekspansi atau perluasan wilayah yang begitu hebat dalam penyebaran agama islam, sehingga peradaban Islam pada masa lalu sangat maju dan pesat.
Di antara wilayah yang pernah di taklukkan dan diislamisasikan adalah kawasan Asia Selatan. Negara – negara yang termasuk dalam kawasan ini adalah India, Pakistan, Bangladesh, Sri Lanka dan Maladewa. Islam diperkenalkan wilayah ini dalam bentuk peradaban yang telah berkembang yang di warnai dengan budaya pertanian, perdagangan  dan keagamaan yang terorganisasi secara mapan. Islam bukan kekuatan pertama yang dapat menguasai kawasan ini,melainkan dengan masuk dan berkuasanya Islam pada wilayah tersebut dalam tiga abad, ternyata Islam mampu memberikan kontribusi bagi kebudayaan setempat. Karena wilayah ini terdiri atas berbagai macam ras, keturunan, dan golongan, mengakibatkan wilayah ini mudah untuk di kuasai oleh kekuatan dari luar.
          Wilayah Asia Selatan memiliki karakteristik dan ciri tersendiri, terutama dalam berhubunga antar negara. Jika diAsia Tenggara telah tercipta sebuah mekanisme diplomasi melalui ASEAN, sejauh ini di Asia Selatan belum ada bentuk yang jelas dan pasti. Hal ini dikarenakan konflik antar negara yang besar penduduknya, seperti India masih berlangsung antara Pakistan dan Sri Lanka.
          Adapun dalam bab ini, yang dibahas hanya wilayah India, Pakistan dan Bangladesh dari segi keadaan atau kultur sebelum datangnya Islam, Proses masuknya Islam ke wilayah ini, serta pemerintahan Islam yang pernah berkuasa di wiayah ini, termasuk kemajuan yang diraih beserta masa mundurnya kekuasaan Islam di wilayah tersebut.

B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana cara islam masuk di asia selatan?
2.      Siapakah tokoh pelopor masuknya agama islam di Asia Selatan?
3.      Apa saja yang mejadi hambatan dalam penyebaran Islam di Asia Selatan?

C.    Tujuan
1.      Mengetahui cara islam masuk diasia selatan
2.      Mengetahui tokoh tokoh pembawa/pelopor islam di Asia Selatan
3.      Mengetahui apa saja yang menjadi hambatan dalam penyebaran Islam di Asia Selatan
D.    Manfaat
1.      Dapat mengetahui bagaimana islam di Asia Selatan
2.      Dapat mengetahui apa saja masalah masalah yang ada saat penyebaran islam di Asia Selatan
3.      Mengetahui kondisi Negara India,Pakistan, Bangladesh saat penyebaran islam di Asia Selatan





BAB II
PEMBAHASAN

A . PERADABAN ISLAM DI ASIA SELATAN
1. Awal Islam di Asia Selatan 
            Sejak zaman Nabi Muhammad SAW , Asia Selatan tepatnya di India telah memiliki sejumlah pelabuhan besar sehingga terjadi interaksi antara India dengan Muslim di Arab. Perdagangan dan dakwah menyatu dalam satu kegiatan sehingga Raja Kadangalurdan Chereman Perumal masuk islam dan mengganti namanya menjadi Tajudin. Pada zaman Umar bin Khattab, Mughirah berusahau untuk menaklukkan Sin ( India ), tetapi usahanya gagal ( 643-644 ). Pada zaman Utsman bin ‘Affan dan Ali bin Abi Thalib dikirim utusan untuk memepelajari adat-istiadat dan jalan-jalan menuju Asia Selatan (India) . Pada zaman MuawiyahI, Muhammad Ibnu Qasim berhasil menaklukkan India dan diangkat menjadi Amir Sind dan Punjab. Kepemimpinan diSin dan Punjab dipegang oleh Muhammad Ibn Qasim setelah ia berhasil memadamkan perampokan terhadap umat Islam di sana.Pertikaian internal antar Hajjaj dengan Sulaeman menyebabkan dinasti ini melemah. Ketika dalamkeadaan melemah, dinasti ini di taklukkan oleh dinasti Gazni.
            Pada masa pemerintahan Al-Ma’mun ( Khalifah Dinasti BaniAbbas) Telah di lakukan penaklukan ke wilayah AsiaSelatan dengan di angkatnya sejumlah amir  untuk memimpin daerah-daerah. Diantara yang di percaya untukmrnjadi amir adalah Asad Ibn Saman untuk daerah Transixiana. Ia di angkatmenjadi amir setelah berhasil membantu Khalifah Bani Abbas menaklukkan Dinasti Safari yang berpusat di Khurasan.
            Dinasti Saman( 874-999 M ) mengagkat aliptigin menjadi amir di Khurasan. Aliptigin kemudian di gantikan oleh anaknua, Ishak. Ishak dikudeta oleh Baligtigin. Baligtigin di ganti oeh Firri dan Firri dijatuhkan Subuktigin.Subuktigin menguasai Ganza kemudian mendirikan dinasti Gaznawi ( 968-1191 M ).Dinasti Gaznawi di taklukkan oleh Dinasti Guri (1191M). Setelah meninggal, Muhammad Guri di ganti oleh panglimanya , Quthbuddin Aibek ( karena Muhammad Guri dania menjadi sultan sejak tahun 1206 M. Sejak itu, berdirilah kesultanan Delhi( India ). Kesultanan Delhi terdiri atas Mamluk di Delhi ( 1206-1290 M ),Dinasti Khalji ( 1290-1320 M ) Dinasti Tughkuh ( 1320-1414 M ), Dinasti Sayyed (1414- 1451 M ) dan Dinasti Lodi ( 1451-1526 ).
            Selain itu,Islam datang ke Asia Selatan sebelum invasi Muslim India.Pengaruh Islam pertama kali datang ke Asia Selatan pada awal abad ke – 7 dengan muncul nya pedagang Arab.Mereka yang datang ke Asia Selatan mengunjungi daerah Malabar, yang merupakan daerah yang menghubungkan antara mereka dengan pelabuhan di As.
ia Tenggar. Menurut sejarawan Elliot dan Dowson dalam The History of India , mereka datang dengan menggunakan kapal pertama yang membawa wisatawan Muslim terlihat di pantai India sejak 630 M.  H.G. Rawlinson dalam bukunya Abad Pertengahan Kuno dan India mengatakan bahwa orang Arab Muslim tinggal di pantai India di bagian terakhir dari abad ke -7 Masehi. Para pedagang Arab dan pedagang menjadi pembawa agama baru dan menyebarkan nya ke mana pun mereka pergi.
            Asia Selatan mencakup India,Pakistan dan Bangkadesh yang luas nya kira-kira 2.075 mil dari utara ke selatan dan 2.120 mil dari timur ke barat. Di sebelah utara, wilayah ini berbatasan dengan wilayah Tibet ( Cina ) dan Afganistan, sedangkan di sebelah selatan berbatasan dengan Laut Samudra Indonesia,di sebelah timur berbatasan dengan Burma, dan di sebelah barat berbatasan dengan Persia (Iran)Perekonomian mereka berdasarkan kombinasi antara penanaman hasil padi di ladang berpetak yang kebanyakan teririgasi dan di bajak dengan menggunakan sapi jantan serta pembiakan lembu jantan,kerbau, domba dan keledai.

2.   Pusat-PusatPenyebaran Islam di Asia Selatan
            Islam sebagai ajaran yang di bawa oleh Nabi Muhammad SAW. Telah menorehkan tinta peradaban yang cemerlang pada masa lalu.
            Sistem keagamaan di Asia Selatan di warnai dengan sistem kasta, Hinduisme Brahmanik dan keyakinan Budha diwarnai dengan dominasi elite Rajput dan elite politik Hindu lainnya. Di antara negara yang pernah ditaklukkanoleh Islam adalah sebagai berikut :
a.       Negara India
Nama India ini diambil dari nama Sungai Sindi, satudi antara sungai-sungai yang besar di benua India, yang saat ini hendak dikembalikan pada namanya yang asli, yaitu Bharat. Oleh karena itu, di sebut Sind. Sind telah pula menjadi nama daerah tempat keududukan pusat Negara Pakistan sekarang ini, Karachi.
            Kaum Muslim mengenal daerah ini dengan sebutan Sind sejak 711 M, tepatnya ketika panglima Umayyah, Muhammad bin Qasim menyerbu wilayah ini.Selama tiga tahun, Pemerintahan Umayyah menduduki wilayah ini,yaitu daerah Indus bawah tepatnya pada masa Khalifah Al-Walid . Pada masa ini,Islam belum sepenuhnya menguasai wilayah –wilayah penting karena fokus khalifah yang berpusat di Damaskus masih terbagi- bagi di wilayah Asia Tengah, Afrika Utara, dan spayol. Sekitartahun 750 M pada masa kekuasaan Abbasiyah juga erjadi langkah yang sama,tetapi khalifah tidak memberikan dukungan sepenuhnya untuk mengembangkan wilayah kekuasaan wilayah ini. Hal ini di karenakan,Abbasiyah lebih senang membina kekuatan sosial budaya di dalam. Kemudian, ketika Abbasiyah mulai memasukkan orang-orang Turki masuk dalam elite kekuasaannya, mereka diberi tugas penting tersebut. Orang Turki yang diberikan kewenangan untuk menaklukkan wilayah Asia Selatan,khususnya India adalah Mahmud Ghazna. Dari sinilah,Islam mulai muncul menjadi penguasa India dengan berkuasanya dinasti-dinasti secara bergantian.
            Gambaran secara umum tentang masyarakat India saat Islam memasuki wilayah ini menunjukkan indikasi yang sangat sulit bagi proses islamisasi. Hal ini menunjukan bahwa betapa kuatnya pengarh dan dominasi kultural yang telah dibentuk oleh pendahulu dan penguasaannya dalam menciptakan ideologi keagamaan dan sentimen kulturnya. Melihat kondisi ini, seorang sejarawan muslimterkemuka, yaitu Al-Biruni ( Wafat tahun 1048 M di Ghazna,Afganistan ), Mengemukakan bahwa ada lima hal penting yang menjadi titik perhatian sekaligus menjadi ciri khas masyaraka India dalam menolak sesuatu yang datang dari luar,yaitu bahasa,tradisi keagamaan, adat-istiada,fanatisme ( kebencian terhadap orang asing ), dan keangkuhan dalam kebudayaan.
2. Pendirian Dinasti Mughal
Ibrahim Lodi adalah cucu Sultan Lodi. Sultan Delhi terakhir memenjarakan sejumlah bangsawan yang menentangnya. Hal itu memicu pertempuran antara Ibrahim Lodi dengan Zahirudin Babur (cucu tiur Lenk) di Panipazh (1526 M). Ibrahim Lodi terbunuh dan kekuasaan nya berpindah ke tangan Zahirudin Babur. Sejak itulah, berdiri Dinasti Mughal di India dan Delhi di jadikan ibu kota. Setelah meninggal,Zahirudin Babur digantikan oleh anaknya, Nashirudin Humayun (1556-1605 M) Pada zamannya,Dinasri Mughal mencapai puncak kejayaan.
3. Konflik Internal dan Kemunduran Dinasti Mughal
            Akbar Khan menjalankan pemerintahan bersifat militeristis Pemerintah Pusat di pimpin oleh raja,pemerintah daerah dipimpin oleh kepala komandan(Sipah Salar), dan pemerintahan di sub-daerag dipimpin oleh seorang komandan ( Faudzan). Akbar Khan menerapkan sistem politik Sykh e-Kul ( toleransi universal ),  yaitu pandangan bahwa derajat semua penduduk adalah sama.Di samping itu, ia membentuk Din Ilahi ( Upaya untuk membangun toleransi beragama di India ) dan mendirikan Mansabdari (Lembaga pelayanan umum) yang berkewajiban untuk menyiapkan segala urusan kerajaan, termasuk menyiapkan sejumlah pasukan.
            Setelah meninggal, Akbar di ganti oleh anaknya,Jahangir (1605-1627 M).Shah Jehan pun di tangkap oleh anaknya, yaitu Auranngzeb. Setelag di tangkap, Shah jehan di penjara di bawah tanah. Akhirnya, terjadilah perang saudara antara Aurangzeb dengan kakak tertuanya,Dara. Dara di kalahkan oleh adiknya,sehingga Aurrangzeb menjadi Sultan Mughal (1658-1707 M ) dengan gelar Alamghir Padshah Ghazi. Di antara kebijakan-kebijakan Aurangzb adalah
1.      melarang adanya perjudian, minuman keras,pelacuran, dan narkotika (1659 M)
2.      Melarang praktik sati ( praktik pembakaran seorang janda karena ditinggal mati oleh suaminya) (1664 M)
3.      Memprakasai perusakan kuil-kuil Hindu
4.      Memprakarsai modifikasi hukum Islam yang produknya kemudian disebut al-fatawa Alamhir ( Al-Fatwa Al-Lamgiriyat; Al- Fatawa Al-Hindiyat )

Setelah meninggal, Aurangzeb diganti ole sultan yang lemah-lemah, yaitu
1.      Baharudin Shah (1707-1712 M )
2.      Azimatus Syah ( 1712 M )
3.      Tihandar Syah ( 1713 M )
4.      Farukh Syiyar ( 1713-1719 M)
5.      Muhammad Syah (1719-1748 M)
6.      Ahad Syah ( (1748-1754 M )
7.      Alamghir II ( 1745-1759 M )
8.      Syah Alam ( 1761-1806 M )
Akhirnya ,Mughal di serang oleh Alam Syah Durani dari Afgan. Secara perlahan lahan,Mughal lenyap dari Ind,terutama setelah Sultan Mughal terakhir,Baharudin Syah, di usir dari istana oleh Inggris ( 1857 M ).
Kerajaan Mughal mengalami kemunduran yang berangsur-angsur setelah pemerintahan Sultan Aurangzeb. Raja-raja setelahnya banyak yang tenggelam dalam kemewahan dan kebesaran dalam istana.Selain datang dari kerajaan-kerajaan Brahmana yang inginn melepaskan diri,ancaman juga datang dari Kerajaan Iran yang dipimpin oleh Nadir Syah. Setelah Nadir Syah dapat menguasai kekuasaan keturunan Shafawiy, timbullah keinginannya untuk menguasai Kerajaan Mongol di Delhi Agra. Dengan penyerangan yang membabi buta,Muhammad Syahkalaholeh Nadir Syah, yang akhirnya mengaku tunduk dan menyerah pada Nadir Syah. Pada saat itu, penduduk yang sangat menyesal dengan kekalahan tersebut mengadakan perlawanan, Akan tetapi, Nadir Syah tanpa ampun menghukum penduduk yang melawan. Melihat kejadian tersebut, Sultan Muhammad Syah tidak bisa melakukan apa-apa,selain meminta ampun dan perlindungan.Permintaannya di kabulkan dengan syarat membayar denda yang sangat mahal.
Setelah Muhammad Syah wafat,kedudukannya di gantikan oleh Sultan Alam Syah .Pada saat ini, terjadilah penyerangan oleh Afganistan yang menyebabkan kekalahan mongol. Setelah itu, terjadilah peperangan dengan Inggris yang tidak ada hentinya. Sejak saat itu, kekuatan Mongol semakin melemah, dan sebaliknya, Inggris semakin kuat dengan mempelajari kelemahan India. Melihat India terdiri atas banyak agama dan golongan, Inggris bermaksud untuk memecah belah kesatuan India. Perdamaian yang di lakukan oleh Sultan Alam Syah denganInggris membawa konsekuensi bagi India untuk meyerahkan penguatan bea cukai. Nasib Sultan Alam Syah begitu sangat menyedihkan. Setelah kalah dengan Inggris, ia di tawan dan dihukum oleh panglimanya dengan jalan mencongkel kedua matanya.Dengan wafatnya Sultan Alam Syah kedudukan nya di ganti oleh putranya yang bernama Bahadur Syah. Sama dengan nasib ayahnya, kekuasaan yang ada ada padanya tidak berarti apa-apa,karena ia hanya diberi gaji oleh Inggris. Dengan memakai politik memecah belah,Inggris dapat menguasai sebagai mana besar wilayah India. Dari hari ke hari, rakyar India mulai merasakan tekanan batin yang begitu mencekam hati. Baik rakyat yang beragama Hindu maupun Islam, semua merasakan hal yang sama. Bagaikan api dalam sekam, keinginan untuk melepaskan diri dari penjajahan pun berubah menjadi pemberontakan besar. Seluruh umat India menyusun kekuatan untuk melawan Inggris.Untuk itu, para pemberontak meminta Bahadur Syah menjadi lambang dari perjuangan mereka. Semangat mereka adalah mengembalikan kemerdekaan dan kebesaran India di bawah panji Kerajaan Mongol Islam.
Mendengar pernyataan tersebut, Bahadur Syah menyatakan kesediaannya untuk menjadi lambang bagi perjuangan mereka Pemberontakan yang terjadi pada tahun 1857 disebut pemberontakan Sipahi. Dalm kondisi demikian, Inggris di buat porak poranda. Akan tetepi, dengan bantuan raja-raja yang telah memihak kepada Inggris, pemberontakan tersebut dapat di redam. Pada saat itulah,Inggris membalas sait hatinya atas pemberontakan tersebut dengan membunuh secara sadis rakyat yang mengadakan perlawanan. Setelah itu, Inggris menangkap Kaisar Mughal yang terakhir, Bahadur Syah dan mengasingkannya ke Burma pada tahun 1858M hingga meninggal. Kemudian bagi maharaja-maharaja yang telah membantu mengalahkan Bhadur Syah dan pengikutya mendapat kemegahan dan kekuasaan dengan memakai gelar pusaka dan di beri bintang-bintang. Jadilah, Victoria dilantik menjadi kaisar India.
Setelah meninggalnya Bahadur Syah dan diangkatnya Victoria menjadi kaisar India, selesailah kekuasaan Mongol di India. Pejuang panjang dari Kerajaan Mughal di India memberikan wawasan tentang perkembangan islam di tanah Hindustan. Kita tahu bahwa perjuangan untuk mendirikan sebuah peradaban tidak mudah. Suatu kekuasaan dari raja satu ke raja selanjutnya memiliki kekhasan masing-masing dalam menjalankan roda pemerintahan . Hal ini pun mengakibatkan kekuasaan silih berganti sesuai dengan kekuatan raja yang berkuasa saat itu. Apalagi, jika raja-raja yang berkuasa telah dirasuki rasa suka terhadap kemewahan dan kemegahan sudah dapat dipastikan baahwa kekuatan dari sebuah negara atau imperium perlahan akan mengalami kemunduran. Selain itu, tergodanya raja terhadap rayuan wanita juga dapat menyebabkan melemahnya kekuatan.
4.Kekuasaan Inggris di Asia Selatan
            Inggris melakukan perdagangan di India melalui British East India Company ( BEIC ) di beri kebebasan untuk mengembangkan usahanya di India. Sebagai imbalannya, Ingris di wajibkan menjamin kehidupan raja da keluarga istana. Akhirnya, Inggris berhasil manaklukkan Dinasti Mughal dengan mengusir Bahadur Syah ( Sultan Mughal terakhir ) dan melakukan penjajahan teradap India.
5.Hubungan Hindu-Islam dan Respons Umat Islam terhadap Kekuatan Inggris
            Pada zaman penjajahan Inggris, di India terdapat dua partai politik besar , yaitu Partai Kogres yang di pimpin oleh Jawaharlal Nehru. Anggota partai ini terdiri ata orang-orang Hindu dan Muslim. Liga muslim Indi merupakan partai yang di bentuk untuk mewadahisuara umat islam.Dua partai ini tidak pernah satu visi –misi karena kepentingan yang berbeda.
            Respons umat Islam terhadap Inggris terbagi menjadi tiga kelompok,Pertama, kelompok non-kooperatif yang dimotori oleh ulama tradisiona deovand.Kedua, kelompok kooperatif yang di motori oleh Sayyid Ahmad Khan.i Ketiga,  Kelompok Abstain ( kelompok yang tidak menentang dn tidak juga bekerja sama) yang di mohon oleh Universitas Aligarh ( para pengikut Ahmad Khan )
            Pada tahun 1857 M terjadi Revolusi Muktiny.yaitu puncak perlawanan umat islam terhadap Inggri . Revolusi ini di picu oleh sikap Inggris yang tidak menyertakan Islam dan Hindu dalam parlemen. Revolusi ini kemudian mendorong Inggris untuk merangkul umat Hindu dan mengucilkan umat islam.Dalam suasana demikian, Sayyid Ahmad Khan berusaha untuk menyelamatkan umat Islam melalui sikap kooperatif terhadap pemerintah Inggris. Usaha Sayyid Ahmad Khan lainnya adalah
a.       Mendirikan lembaga The Translation Society untuk menerjemahkan buku-buku seni dan sains
b.      Membentuk majalah TahdzibAl-Akhlaq  (1870) untuk meningkatkan moral atau akhlak
c.       Mendirikan perguruan tinggi Mohamadan Anglo Oriental Collage (1875 M) yang kemudian di ubah menjadi Universitas Aligh( 1920 M) dengan menggunakan kurikulum dari Barat.
Pada tahun 1940, Partai Liga Muslim India membentuk kesepakatan yang isinya adalah bahwa wilayah-wilayah yang penduduknya mayoritas beragama Islam, seperti zona barat laut dan timur India, harus di satukan sebagai satu negara yang erdeka. Persatuan wilayah –wilayah tersebut kemudian disebut dengan Pakistan.
      Pada tahun 1942, Inggris menawarkan kemerdekaankepada India setelah Perang Dunia Kesatu. Inggris juga menyetujui hal pemerintahan provisi untuk menentukan dirinya sendiri, tetapi memilih sebagai bagian dari negara India arau lepas dari India.
b.      Negara Pakistan
Islam datang ke Negara Pakistan sebelum negara ini memisahkan dari negara India.Islam tibadi daerah yang sekarang di kenal sebagai Pakistan pada tahun 711 Masehi ketika Bani Umayyah mengirimkan Dinasti Muslim Arab yang dipimpin oleh seorang panglima tentara, yaitu Muhammad Ibnu Qasim melawan penguasa Sindh, Raja Dahir. Hal ini karena fakta bahwa Raja Dahir telah memberikan perlindungan kepada banyak Zoroastrian princes yang melarikan diri dari penaklukkan Islam Iran.
Pengalaman Pakistan mengenai interkasi agama dan politik sangat unikm karena secara integral hal rersebut berhubungan dengan gagasan tanah air yang terpisah bagi umat Islam India yang muncul pada akhir tahun 1930-an. Sejak itulah,dari berdirinya Pakistan pada tahun 1947, Perkembangan politiknya di pengaruhu oleh Islam dan mungkin tetap seperti itu pada masa depan.
Pakistan adalah sebuah negara yang didirikan bagi umat Islm dan di proklamasikan pada taggal 14 Agustus 1947. Kelahirab negara ini merupakan buah perjuangan umat islam yang panjang di India utuk melepaskan diri dari dominasi mayoritas umat Hindu. Negara Pakistan yang di impikan para arsiteknya adalah sebuahnegara ideologis yang didalamnya terdapat kaum muslimin yang mampu menerapakan ajaran islam dan hidup selaras dengan petunjuknya.Lebih jauh,negara baru ini merupakan negara demokrasi dengan konsep kedaulatan rakyat sebagai basisnnya.Oleh karena itu,ijma’ sebagai pelaksanaan ijtihad kolektfi dipandang perlu sehingga disetujuilah para ulama masuk kedalam dewan legislatif untuk membantu dan memimpin perbincangan tentang masalah yang bertalian dengan hukum,setidak-tidaknya dalam tingkatan peralihan hingga hukum islam telah di modernisasi.Ide-ide inilah yang kemudian menjadi basis pemikiran politik kaum modernis muslim Pakistan.
Pakistan berdiri dan merdeka dari Inggris pada Tanggal 14Agustus 1947.Pakistan merupakan gabungan dari 5 provinsi India,diantaranya Balukistan,Sind,Unjap,Bengal,dan Assam.Perancang awal Pakistan adalah M.Iqbal (1873-1938 M) dan mewujudkan rancangan tersebut adalah M.Ali Jinah (1876-1948 M)
Tokoh modernis yang mendukung pendirian pakistan adalah Ahmad Khan,Syed Amir Ali dan M.Iqbal.Disamping itu berdirinya negara Pakistan juga dapat dukungan dari
a.       Jema’ah tablig pimpinan Muhammad Ilyas
b.      Gerakan Sufi pimpinan Asyraf Ali Tsanvi
c.       Jema’ah islamiyah pimpinan Abu Al-A’la Al-maududi
d.      Gerakan Khilafah pimpinan Muhammad Ali Jauhar
e.       Gerakan Khaksar pimpinan Inayatullah Al-masyruqi
Presiden Pakistan adalah Muhammad Ali Jinnah yang memerintahkan sampai ia meninggal (1948 M) sepeninggal Ali Jinnah Muslim Pakistan dihadapkan pada pertentanganyang terjadi karna alasan berikut.
Pertama Liaqod Ali Khan pengganti Ali Jinnah kurang memiliki Otoritas yang jelas,Kedua Umat Islam terbagi menjadi 2 Kelompok,yaitu modernis (Muslim berpendidikan barat) dan Tradisionalis (Muslim yang menginginkan peraturan hubungan agama dan negara didasarkan pada syariat islam) pertentangan ini melahirkan konstitusi 1956 (sebagai Kompromi) yang menentukan (a.) Bentuk negara adalah demokratis yang didasarkan atas prinsip-prinsip syariat islam (b.) Kepala negara harus muslim,dan (c.) dibentuk pusat penelitian untuk membantu pemerintahan.
Ayub Khan berkuasa melalui kudeta Tahun 1958.Pada zamanya,kontitusi 1956 diamandemen dengan perubahan (a.) Pembebasan Islam dari tahayul dan memajukanya melalui pengembangan Ilmu Pengetahuan dan (b.) membentuk Dewan Penasihat idiologi islam (Lembaga Penelitian Islam).Kebijakan ini ditentang oleh Ulama Tradisional.
Ayub Khan diganti oleh Yahya Khan.Yahya Khan kemudian diganti oleh Zulfikar Ali Bhuto.Zulfikar Ali Bhuto di kudeta oleh Ziaul Haq (5 Juli 1977).Ziaul Haq berusaha untuk merealisasikan syariat islam melalui (a.)Pembentukan komite pemungut dan Pendistribusi zakat dan pajak (b.) pendirian pengadilan Syariat (c.)Penghapusan riba dalam sistem perbankan dan (d.)Revisi buku-buku pelajaran disekolah-sekolah dan perguran tinggi
1)      Kebangkitan Islam di Pakistan
Kebagkitan islam di pakistan pada tahun-tahun terakhir terlihat dalam berbagai bidang kehidupan kolektif . Di bidang politik, partai-partai Islam dan pemerintahan telah menolak model legitimisasi demokrasi parlementer barat dan berusaha untuk memperkenalkan sistem politi yang di dasarkan pada prinsip-prinsip Islam. Upaya demikian adalah referendum nasional yang berusaha untuk mencari mandat agi islamisasi yang lebih jauh, tersimpul di dalamnya, perluasan masa jabatan presiden menjadi lima tahun, dan bersma –sama dengan pemilihan nonpartai untu dewan nasional da provinsi.
            Dalam bidang ekonomi, kebangkitan islam mengungkapkan diri dalam tindakan,seperti kewajiban mengumpulkan zakat dan pajak,memperkenalkan bank dan sistem investasi bebas bunga,batasan hukum atas pungutan kekayaan pribadi, denasionalisasi bisnis tertentu, fan perusahaan-perusaan industri. Dalam bidang Hukum,kebangkitan berarti memperkenalkan hukum pidana Islam dan hukum pembuktian Islam. Aturan-aturan selanjutnya dilengkapi untuk menyelesaikan kasus-kasus kriminal dan sipil berdasarkan hukum Islam.
            Kebangkitan Islam dalam budaya termasuk dalam larangan klub-klub dansa, pengenaan moralitas seksual yang ketat, kepatuhan pada standar-standar moral islam dalam memproduki dan menayangkan program televisi, revisi buku-buku teks sekolah dan perguruan tinggi untuk mengungkapkan kebiasaan Islam, alokasi yang meningkat untuk pengajaran bahasa Arab dan Islam,pendirian Universitas Islam International di Islamabad, menyatakan hari Jumat sebagai hari libur resmi menggantikan hari minggu,menetapkan jam-jam istirahat untuk mengerjakan shalat selama jam kerja di kantor pemerintahan dan swasta, menekankan bahasa Urdu dan busana nasional di kantor-kantor pemerintahan, serta pengungkap keengganan moral terhadap budaya barat.
2)      Negara Bangladesh ( 1971 M )
Republik Rakyat Bangladesh adalah sebuah negara di Asia Selatan yang berbatasan dengan India baray,utara, dan timur serta dengan Myanmar di tenggara dan Teluk Benggala di selatan, Bangladesh bersama dengan Benggala Barat di India membentuk kawasan etnolinguistik Benggala. Bangladesh  secara harfiah bermakna “ Negara Bangla” . Ibu kota dan kota terbesar Bangladesh ialah Dhaka.
            Perbatasan Bangladesh di tetapkan melaluipemisahan India pada Tahun 1947. Negara ini merupakan syap timur diPakistan ( Pakistan Timur ) yang terpisah dari sayap barat 1.600 kilometer Diskriminasi politik,bahasa, dan ekonomi menimbulkan perpecahan anatar kedua sayap, yang berjuang pada meletusnya perang kemerdekaan ditandai dengan kelaparan, bencana alam, kemiskinan, hura-hura politik, korupsi, dan kudeta militer.
            Bangladesh memiliki jumlah penduduk terbesar kedelapan di dunia dan merupakan salah satu negara terpadat di dunia dengan tingkat kemiskinan yang tinggi.Namun, Pendapatan perkapita Bangladesh telah meningkat dua kali lipat sejak tahun 1975 dan tingkat kemiskinan sebagaislah satu bagian dari “ Next Eleven “  . Ibu kota Dhaka dan wilayah urban lainnya menjadi penggerak utama di balik pertumbuhan ini.
            Umat Islam sudah menginjakkan kakinya di Bengal sejak zaman Umar bin Khattab (637 M). Pada tahun 711(masih zaman Umar), Muhammad Ibnu Al-Qasim berhasilmenaklukkan Sind ( Pakistan Barat), Daerah kekuasaan diperluas lagi pada zaman Bani Abbas pada tahun 871 M, orang-orang islam sudah menetap di sana, Pemerintah ( Dinasti) Islam yang menguasai daerah Bengal adalah Mahmud Gaznawi dari Asia tengah ( Afganistan) tahun 1001M , kemudian, Bengal di kuasai oleh Kesultanan Delhi . Pada Tahun 1341M, Bengal melepaskan diri dari Kesultanan Delhi dan menyatakan merdeka dibawah pimpinan Syamsudin Ilyas sampai tahun 1541 M. Setelah itu, dikuasai lagi oleh Afgan kemudian Bengal di taklukkan oleh Akbar ( Mughal ) pada tahun 1676M. Bengal berada di bawah Kerajaan Mughal . Pimpinan bengal disebut nawab ( gubernur ) , setelah mughal lemah,Bengal memerdekakan diri (1699 M), kemudian Bengal di kuasai oleh Inggris ( 1757 M). Ketika merdeka dari Inggris, Bengal di satukan dengan negara Pakistan.
            Setelah Inggris memberikan kemerdekaan ,Pakistan di bedakan menjadi dua, yaitu Pakistan barat dan Pakistan Timur. Ketidakadilan kultur,politik, dan ekonomi mulai di rasakan oleh penduduk pakistan timur. Disamping itu, penduduk Bengal merasa di eksploitasi oleh Pakistan Barat . Pakistan timur hanya menerima 36% dari total pendapatan nasional, hanya 13% orang orang bengal yang menjadi tentara. Dari segi bahasa ( Kultur ),Pakistan barat memaksakan diberlakukannya bahasa Urdu. Padahal, mereka memiliki bahasa tersendiri.
            Ketidakpuasaan orang Pakistan Timur terhadap kultur, politik dan ekonomi Pakistan semakin mengkristal. Akhirnya, Mujibburrahman ( pada tahun 1975-1981 M) memimpin pemberontakan yang menuntut kemerdekaan. Mujiburrahman kemudian menjadi presiden Bangladesh pertama.Bangladesh tidak menyatakan diri sebagai negara Islam meskipun mayoritas penduduknya beragama islam.Dalam konstitusi 1975, dinyatakan bahwa prinsip dasar negara Bangladesh adalah sekuler dan melarang partai politik yang di bentuk berdasarkan afiliasi agama.
            Pada tahun 1975,Mujiburrahman  di ganti oleh Ziaur Rahman ( 1975-1981 M ) . Pada Tahun 1977,Ziaur Rahman mengganti pasal sekulerisme dalam konstitusi 1972 dengan keimanan kepada Allah yang Maha Kuasa.Pada masa ini juga di bentuk Departemen Agama,Dewan Riset Islam, dan pendirian universitas Islam. Ziaur Rahman di ganti oleh H. M Ershad ( 1982-1991 M). Pada tahun 1988,dean Nasional mengesahkan amandemen konstitusi yang menyatakan bahwa islam adalah agama resmi negara Bangladesh.
            Sinkretisme islam dengan hindu menjadi corak keagamaan Islam masyarakat bawag ( rural ) di bangladesh Sinkretisme agama di Bangladeh tergolong parah karena sampai terjadi pertukaran ibadag.Hal itu dapat dilihat dalam khotbah, pertunjukan lirik-lirik tertentu, dan dukun yang menyembuhkan penyakit dengan mengguakan kekuatan yangdi ambil dari Al-Qur’an dan Krisna ( Ajaran agam Hindu ) . Keadaan yang demikian menimbulkan jarak atau kesenjangan antara agama yang di anut oleh muslim kelas bawah (rural/ atraf ) dan masyarakt setempat dengan muslim kelas atas ( elite/syaraf) dan masyarakat yang mengaku berasaldari timur tengah. Keadaan ini menjembatani oleh tokoh-tokoh agama dengan memperkenalkan ajaran ortodok isam dan mengharmoniskan Hindu dengan Islam melalui pengenalan ajaran kosmologi, mistis, dan tradisi.
            Sinkretismejuga melahirkan ferakan Faraidi ( 1818 M ) yang dipimpin oleh Haji Syari’atullah yang menentang Sinkretisme . Pada tahun 1900 M .mereka mengajak umat islam secara terbuka untuk menolak sinkretisme, Gerakan lainnya adakag Tariqh I Muhammadiyah gerakan ini merupakan kepanjangan dari Wahabi di Arabb. Gerakan Tariqh I Muhammadiyah dikenaljan di Bengak oelh Titu Mi ( 1782- 1831 M ) Tujuannya adalah untukmelaksanakan ajaran islam secara murni atau tidak di capuradukan kebudayaan yang ada.
            Tarekar yang terbesar pengikutnya di bangladesh adalah Qadiriyyah. Mayoritas rakyatnya adalah Islam Sunni mazgab Hanafi pada tahun 191 M, di tetepkan ordonasi hukum keluarga . Salah satu isinya adalah pencatatan perkawinan dan kebolehan berpoligami setelah mendapat persetujuan pengadilan Arbitrase. Anggota Arbitras adalag wakil dari suami, wakil dari istri, dan arbiter netral yang di pilih oleh pemerintah daerah. Pendidikan Islam dilakukan dala tiga jenjang dan bidang.  Pertama ,pendidikan dasar yang di laksanakan di masjid yang di sebut maktab, kedua , Pendidikan lanjutan yang di sebut Madrasah. Bidang ilmu yang di pelajari adalah pendidikan moral, ketiga , pendidikan tinggi atau universitas . Bidang ilmu ysnsg dipelajari adalah ilmu profesi ( profesional ).





BAB III
PENUTUP  
A. Kesimpulan
            Islam datangke Asia Selatan sejak zaman Nabi Muhammad SAW yang di bawa oleh para pedagang arab melalui sejumlah pelabuhan besar yang ada di India, sehingga terjadi interaksi antara para pedagang arab dengan masyarakat inda.Oleh karena itu, perdagangan yang di bawa oleh orangArab dan dakwah menyatu dalam satu kegiatan sehingga hanya ada salah satu raja yaitu raja Kadangalur dan Charaman Partamal I masuk islam dan di ganti namanya menjadi Tajudin . Setelah itu Nabi Muhammad SAW .wafat.Penyebatan Islam di wilayahini masih terus berlanjut.Ini terbukti pada zaman Umar bin Khattab,Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib yang mengirim utusan untuk mempelajari adat-istiadat dan jalan yang menuju Asia Selata, khususnya India.
            Bahkan, padamasa pemerintahan Al-Ma’mun ( Dinasti Bani Abbas ) telah di lakukanpenaklukkan di wilayah Asia Selatan dengan di angkatnya sejumlah amir untuk memimpin di daerah-daerah, wilayah-wilayah yang termasuk ke asia Selatan adalah India ,pakistan,Bangladesh . Islam di perkenalkan dalam bentuk peradaban yang telah berkembang yang di warnai dengan budaya keagamaan  yan terorganisasi secara mapan. Sementara itu, Keagamaan di Asia selatan di warnai dengan sistem kasta , Hinduisme, Brahmanik, Keyakinan budha ,serta di warnai dengan dominasielite Rajputdan elite politik hindu lainnya. Islam bukan kekuatan pertama yang dapat menguasai wilaya ini, melainkan dengan berkuasanya di wilayah tersebut selama tiga abad lamanya. Ternyata islam mampu memberikan kontribusi bagi kebudayaan setempat.
Karena wilayah ini terdiri atas berbagai macam ras , keturunan, dan golongan sehingga mengakibatkan wilayah ini mudah untuk di kuasai oleh kekuatan daei luar, di  antaranya Islam.
B.     Saran
Dengan di susunnya makalah ini, kita sebagai mahasiswa akan lebih terbuka wawasan tentang Islam di Asia Selatan dalam garis besar, Maka dari itu, kami menyarankan untuk tidak melupakan sejarah-sejarah  dan senantiasa  mempelajarinya sebagai praktisi akademis , kita harus kritis,dalam menanggapi fenomena saat ini dan selalu cross check apa yang menjadi isu sejarah. Jangan sampai kita menjadi korban pembelokan sejarah.




DAFTAR PUSTAKA
Ajid Thohir, Ading Kusdiana. 2006.Islam di Asia Selatan; Melacak Perkembangan Sosiall, Politik Islam di India,Pakistan, dan Bangladesh . Bandung : Humaniora
____________ . 1997. Sejarah Diplomasi dan Perkembangan Politik di Asia . Bandung:Bina Budhaya
Al-‘Usairy Ahmad. 2008. Sejarah Islam sejak zaman Nabi Adam Hingga Abad XX :Jakarta : Akbar MediaEka Sarana
            Dedi Supriyadi.2008. Sejarah Peradaban  Islam. Bandung: Pustaka Setia
            Hamka. 1994-2005. Sejarah Umat Islam. Jakarta: Pustaka Nasional PTE, LTD
            Harun Nasution. 1986. Islam Ditinjau Dari Berbagai Aspek. Jilid II. Jakarta: UI Press
            Ibnu Atsir. 1965. Al-Kamil Fi al-Tarikh. Beirut: Dar Al-Shadr
            Ira M. Lapidus. 1997. Sejarah Sosial Ummat Islam Bagian Kesatu dan Dua. Jakarta: Raja Grafindo Persada
            Jaih Mubarak. 2008. Sejarah Peradaban Islam. Bandung: Pustaka Islami
            Siti Maryam Siti dkk. 2003. Sejarah Peradaban Islam Dari Klasik Hingga Modern. Yogyakarta:Jurusan SPI Fakultas Adab IAIN Sunan Kalijaga
            T. Hunter, Shireen. 2001. Politik Kebangkitan Islam. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya


0 komentar:

Post a Comment