PEMIKIRAN DAN PEMBAHARUAN ISLAM OLEH IBNU TAIMIYYAH


PEMIKIRAN DAN PEMBAHARUAN ISLAM OLEH IBNU TAIMIYYAH, blogspot.com

Ibnu Taimiyah merupakan tokoh kontroversial yang berhasil melahirkan beberapa karya. Ia merupakan tokoh yang mampu membangkitkan rasa kagum terhadap sebagain kelompok masyarakat dan menumbuhkan rasa kebencian yang penuh dengan caci maki terhadap sekelompok masyarakat yang lain. Hal ini dipicu karena pemikiran dan pembaharuan Islam yang ia dengungkan.
Pembaharuan (pemurnian) merupakan terjemahan bahasa Barat “modernisasai” atau dalam bahasa Arab al-tajdid, mempunyai pengertian ‘pikiran, gerakan untuk menyesuaikan paham-paham keagamaan Islam dengan perkembangan baru yang ditimbulkan oleh kemajuan-kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern”. Dengan jalan itu pemimpin-pemimpin Islam modern mengharap akan dapat melepaskan umat Islam dari suasana kemunduran kepada kemajuan.[1]
Ibnu Taimiyyah dilahirkan sekitar abad ke 13 M, dimana umat Islam banyak sekali mengalami kemunduran diberbagai hal seperti  perilaku kehidupan masyarakat yang menyimpang dari ajaran Islam (Al Quran dan sunah Rasul), aliran dan sekte-sekte yang mengatasnamakan Islam bertambah subur, taklid buta, fanatisme mahzab, khurafat dan bid’ah mengeruhkan cakrawala pemikiran umat Islam, ditambah dengan berkembangnya pengaruh logika dan filsafat Yunani yang posisinya nyaris menggusur Al Quran dan Sunnah.[2]
Melihat kondisi tersebut Ibnu Taimiyyah tergerak untuk melakukan pemurnian terhadap tradisi Islam. Beliau dikenal sebagai tokoh yang mengajak kembali ke ajaran Islam yang orisinil.

     B.     Rumusan Masalah
1.      Biografi Ibnu Taimiyyah
2.      Latar Belakang Pemikiran dan Pembaharuan Islam oleh Ibnu Taimiyyah
3.      Pemikiran dan Pembaharuan Islam oleh Ibnu Taimiyyah

BAB II
PEMBAHASAN
    
      A.    Selayang Pandang Ibnu Taimiyah
1.      Biografi Ibnu Taimiyah :
Nama asli dari Ibnu Taimiyah adalah Taqiyuddin Abu lal Abbas Ibnu Abd al-Halim bin al-Imam Majduddin Abil Barakat Abd al Salam bin Muhammad bin Khuddlarbin Ali bin Taimiyah al Harrani al Hambali. Karena terlalu panjang namanya, maka beliau lebih sering dipanggil dengan nama Ibnu Taimiyyah. Beliau lahir pada tanggal 22 Januari 1263 M di kota Harran yaitu daerah di bagian tenggara negeri Syam, tepatnya dipulau Amr antara sungai Tigris dan Eupraht.[3]
Ibnu Taimiyyah dibesarkan dari keluarga ulama dan cendekia Syiria yang setia pada agama puritan dan menganut mahdzab Hanbali. Kakeknya merupakan ulama dan pengkaji agama terkemuka di Baghdad, sebuah ibukota kekhalifahan Abbasiyah. Ayahnya pun seorang kepala sekolah ilmu hadis terkemuka di Damaskus, perbatasan dengann Haran yang menjadi basis perpindahan keluarganya setelah bangsa Mongol menjajah negeri itu. Selain berprofesi sebagai guru, ayahnya merupakan seorang syaikh, khotib hakim dikotanya.[4]
Pada tahun 1268 M, Ibnu Taimiyyah dibawa mengungsi oleh keluarganya dan melarikan diri ke Damaskus. Karena pada waktu itu bertepatan ketika bangsa Mongolia menyerang secara besar-besaran kota kelahiran Ibnu Taimiyyah, bangsa mongol memusnahkan kekayaan intelektual Muslim serta Metropolitan yang berpusat di Baghdad olehnya seluruh intelektual dibakar dan dibuang kesungai Tigris.[5]
Saat berhijrah, meskipun dengan situasi yang genting pada waktu itu mereka juga tak mau meninggalkan perustakaan mereka yang merupakan satu-satunya warisan ilmiah. Mereka tidak mau meninggalkanya meski mereka menanggung kepayahan dan kesulitan sebagai resikonya.[6]
Untuk pendidikan, Ibnu Taimiyyah dibesarkan dalam kesederhanaan oleh keluarganya. Anak laki-laki yang sangat berbakti kepada kedua orang tuanya, dan taat beragama. Ibnu Taimiyyah tumbuh berkembang dikalangan keluarga yang berpendidikan tinggi. Berkat keuletanya dalam meraih ilmu, diusia muda ia mampu menghafal Al-Quran, menamatkan sejumlah pelajaran seperti tafsir, hadits, fikih, matematika dan filsafat serta berhasil menjadi yang terbaik diantara teman-teman seperguruanya.[7]

      B.     Latar Belakang Pemikiran Ibnu Taimiyah
Ada dua hal penting yang berkenaan dengan kondisi dunia Islam pada masa hidup Ibnu Taimiyah yang merupaka dampak nyata kehancuran Baghdad. Pertama adalah semakin nyata diintegrasi dan pertikaian internal umat islam yang dikarenakan tidak adanya satu otoritas dalam hal ini bisa sudur spiritual yang menjadi benteng kekuatan dunia Islam. Kedua adalah hadirnya kekuatan asing yang tidak bisa dibendung lagi.[8]

Dampak dari kondisi tersebut dibidang sosial adalah semakin meruncingnya perpecahan dan fanatisme dikalangan umat Islam. Selain itu banyak juga umat Islam yang memilih bersikap apatis dan memilih lepas tangan.  Akhirnya mereka memilih untuk memfokuskan diri pada batiniah dengan meninggalkan segala hal yang berbau duniawi. Hal inilah yang menjadi penyebab utama terjadinya stagnasi didunia Islam.[9]

Kondisi inilah yang menjadi gambaran latar belakang pemikiran Ibnu Taimiyah. Beliau muncul dalam situasi sosial politik Islam yang telah mencapai titik kronis. Berikut adalah latar belakang pemikiranya, yaitu : 

1.      Latar Belakang
a.       Politik
Ditandai dengan hegemoni Islam di Baghdad yang mulai melemah sehingga banyak proponsi-propinsi yang membangun otonominya sendiri dan terlepas dari kekuasaan sentral Baghdad. Hal inilah yang mempelopri terbentuknya dinasti kecil baik di Timur dan Barat sehingga kekuatan Islam terpecah. Namun begitu, dinasti-dinasti kecil ini ternyata menajdi piar-pilar  kekuatan politik Islam.
Dalam situasi politik yang memanas ini Ibnu Taimiyah lahir. Kota yang dipimpin oleh seorang Sultan yang sangat mementingkan ilmu pengetahuan yang bahkan Sultan memberika penghargaan bagi para pelajar yang telah berkontribuso nyata dalam ilmu pengetahuan. Pada masa Sultan Nasir inilah Ibnu Taimiyah memperoleh beberapa kesempatan akademik yang luas serta kedudukan penting dalam pemerintahan.

b.      Kondisi Sosial Ekonomi
Dalam sosial, di Dinasti Mamalik terbagi menjadi dua golongan, yaitu golongan Mamalik dan non-Mamalik. Golongan  Mamalik adalah mereka yang menguasai pemerintahan. Mereka adalah golongan elit. Ulama dan pelajar adalah golongan non Mamalik. Mereka sangat berpengaruh dimasyarakat, penguasa mamalik sangat menghormati mereka namun mereka juga khawatir dengan keberadaan mereka karena merekalah yang akan menjadi terdepan dalam mngkritik kebijakan pemerintah. Kaum pedagang dan borjuis merupakan golongan non-mamalik yang memiliki pengaruh di masyarkat. Namun mereka tidak mendapatkan perlakuan seperti yang diterima dari kaum ulama dan pelajar. Strata terbawah dari demografi penduduk Dinasti Mamalik adalah kaum petani dan buruh. Kaum inilah yang mendapat kerugian dari arogansi kaum Mamalik. Mereka tidak memperoleh kesempatan sebagaimana kelompok lain, mereka pun menjadi sasaran pungutan pajak tinggi dari penguasa.[10]
Kalur perdaganan laut merah merupakan andil terbesar yang dimiliki Dinasti Mamalik untuk menguatkan perekonomianya. Hubungan dagang dengan Eropa dijalin dengan baik dan semakin dioptimalkan.
Dampak dari strata sosial inilah yang menimbulkan fanatisme golongan yang cukup kronis dalam hal agama. Hal inilah yang menjadi alasan ibnu Taimiyah untuk berusaha melepaskan masyarakat dari belenggu fanatisme golongan.
c.       Kondisi pendidikan
Pemerintahan Mamalik juga mendidirikan lemabaga-lembaga pendidikan yang mana hal ini menjadi alasan pesatnya ilmu pengetahuan di dinasti ini. Perbedaan pandangan tentang keilmuan malah memperruncing keadaan yang sudah ada sebelumnya.

        C.     Pemikiran dan Pembaharuan Islam Oleh Ibnu Taimiyah
Prinsip pemikiran Ibnu Taimiyah yang menolak semua otoritas kecuali al Quran dan Sunnah ini membuat gagasan-gagasan Ibnu Taimiyah memiliki kelebihan tersendiri. Disatu sisi prisip tersebut membuat Ibnu Taimiyyah sangat ketat bahkan radikal dalam menyikapi penyimpangan dalam dikurusus pemikiran yang berkembang pada zamanya. Sementara disisi lain prinsip tersebut membuat gagasan Ibnu Taimiyah terlihat keterbukaanya tehadap pemikiran lain karena standar  yang menjadi patokan hanya prinsip dasar ajaran Islam.[11]
Metode berfikir Ibnu Taimiyah ini lebih lanjut berimplikasi pada gagasan tentang perlunya kesinambungan kerja intelektual (ijtihad) dikalangan umat Islam. Ditolaknya segala bentuk kejumdan, taqlid dan fanatime tersebut membawa kepada suatu pemikiran tentang pentingnya pendekatan baru dalam kajian keagamaan, yaitu upaya optimalisasi seluruh perangkat pengetahuan guna menemukan konsep ideal yang merupakan pengejewantaha prinsip-prinsip wahyu dalam bentuk realitas. Munculnya pemikiran Ibnu Taimiyah ini sering diidentikan dengan kembali terbukanya pintu ijtihad.[12]
Dalam kerja intelektual, menurut Ibnu Taimiyah yang diperlukan adalah kesepakatan bulat anatara akal dan wahyu. Jadi dalam hal ini beliau menolak adanya bahasa figurasi untuk merasionalkan wahyu. Hal ini terkait dengan kedudukan sunnah sebagai pemberi penjelasan terbaik bagi kedudukan al Quran. Dalam hal ini akal Ibnu Taimiyah memang menempatkanya pada posisi dibawha teks-teks wahyu sebagai sumber asasi ajaran Islam. Akal tidak lain semata-mata sebagai alat untuk memahami kandungan AL Quran dan Hadits.[13]
Namun demikian bukan berarti Ibn Taimiyah menafikan fungsi akal sama sekali. Dalam hal ini tamoak bahwa beliau ingin menegaskan bahwa posisi sebenarnya akal dengan beberapa keterbatasan wahyu. Ibnu Taimiyah menghargai kedudukan akal, namun bagaimanapun akal tetap berada di bawah otoritas wahyu. Kerja akal dapat diterima apabila akal tersebut beroperasi dibawah bimbingan wahyu.[14]

Pembahruan Islam oleh Ibnu Taimiyah :
1.      Pembahruan di bidang Pendidikan :
Dalam sejarah perkembangan pendidikan Islam banyak bergeser dari dasar filosofisnya. Karena semakin beraganm kultur yang mewarnainya, membawa pendidikan Islam untuk mengarahkan pendidikan pada suatu paham dan kepentingan tertentu.
Kondisi inilah yang mejadi gambaran umum pendidikan pada masa Ibnu Taimiyah. Cirinya antara lain :
·         Banyaknya lembaga pendidikan milik pribadi atau lembaga pendidikan umum yang didirikan oleh usaha dan donasi individual.
·         Diterapkanya pola snad daam periwayatan hadits , dimana proses belajar sanat bergantung kepada guru.
·         Adanya sistem ijazat, diamana para murid memiliki kecenderungan untuk memperoleh sebanyak-banyaknya ijazat yang wewenang pemberian mutlak di tangan guru bukan pada institusi pendidikan yang ada.[15]
2.      Pembaharuan dibidang hukum
Metode yang digunakan Ibnu Taimiyah adalah metode salaf bersumber pada Al Quran dan Hadits. Ibnu Taimiyah meletakan hadits sebgai sumber kedua setelah al quran, kemudian disusul oleh Ijma’ (hal dilatar belakangi oleh ucapan Umat bin Khattab “putuskanlah perkara itu menurut hukum yang ada pada kitab Allah, kalau tidak ada dalam sunah Rasul, dan kalau tidak ada putuskanlah berdasarkan hukum yang telah disepakati oleh umat manusia), dan sumber hukum yang terakhir adalah qiyas.

BAB III
PENUTUP
      A.    Kesimpulan
Ibnu Taimiyah merupakan pemikir dan pembaharu Islam, tidak banyak yang kontra dengan ide-ide yang beliau cetuskan, namun tidka sedikit pula yang pro dengan apa yang menjadi ide-ide dasar yang akhirnya menjadi pemikiran dan pembaharuan Islam yang beliau bawa.
Dalam makalah ini contoh pembaharuan yang dicetuskan Ibnu Taimiyah adalah dibidang teologi, hukum dan pendidikan.


DAFTAR PUSTAKA
Buku
An-Nadawi Syaikh Abdul Hasan Ali. 1995. Ibnu Taimiyah syaikhul Islam. Jakarta : Pustaka Mantiq.
Iqbal Muhammad Abu. 2015. Pemikiran Pendidikaan Islam (Gagasan-gagasan Besar Para Ilmuwan Muslim). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Nasution Harun. 1982. Pembaharuan dalam Islam (Sejarah dan Gerakan). Jakarta : Bulan Bintang

Suma Amin Muhammad. 2002. Ijtihad Ibnu Taimiyah (dalam Fiqh Islam). Jakarta : Pustaka Firdaus.
Skripsi
Repository.uin-suska.ac.id. oleh J Rahmadewi.2016. diakses tanggal 18 Maret 2019 pukul 21:53
Frengki Swito, Skripsi (Peran Ibnu Taimiyyah Dalam Pemurnian Aqidah Islamiyah), Jurusan  Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan : UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 2011. Hlm. 4.

Baca Juga: Imam Zarkasyi


[1] Harun Nasution, Pembaharuan dalam Islam, Sejarah dan Gerakan, (Jakarta : Bulan Bintang, 1982) Hlm.1.
[2] Frengki Swito, Skripsi (Peran Ibnu Taimiyyah Dalam Pemurnian Aqidah Islamiyah), Jurusan  Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan : UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 2011. Hlm. 4.
[3] Repository.uin-suska.ac.id. oleh J Rahmadewi.2016. diakses tanggal 18 Maret 2019 pukul 21:53 hlm. 16
[4] Ibid. Hlm 16.
[5] Ibid. Hlm. 17.
[6] Ibid, Hlm. 42.
[7] Ibid. Hlm. 19.
[8] Abu Muhammad Iqbal, Pemikiran Pendidikan Islam, (Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2015) hlm. 23.  
[9] Ibid. Hlm 23.
[10] Ibid. Hlm. 25.
[11] Abu Muhammad Iqbal, Pemikiran Pendidikan Islam, (Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2015) hlm. 39
[12] Ibid. Hlm.39
[13] Ibid. Hlm.39
[14] Ibid. Hlm. 40
[15] Ibid. Hlm. 43

8 comments:

  1. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    ReplyDelete
  2. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    ReplyDelete
  3. PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND
    SELAMAT DATANG DI KARINA ROLAND LOAN COMPANY, (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya di +1(585)708-3478, tujuan kami adalah untuk menyediakan Layanan Profesional Sangat Baik.

    Apakah Anda seorang pria atau wanita bisnis? Apakah Anda dalam kekacauan keuangan atau Anda perlu dana untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memulai Skala Kecil dan bisnis menengah yang bagus? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan Anda kesulitan mendapatkan modal dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya?

    Pinjaman kami diasuransikan dengan baik untuk keamanan maksimum adalah prioritas kami, tujuan utama kami adalah untuk membantu Anda mendapatkan layanan yang Anda pantas, Program kami adalah cara tercepat untuk mendapatkan apa yang Anda butuhkan dalam sekejap. Kurangi pembayaran Anda untuk mengurangi beban pengeluaran bulanan Anda. Dapatkan fleksibilitas yang dapat Anda gunakan untuk tujuan apa pun - mulai dari liburan, pendidikan, hingga pembelian unik

    Kami menawarkan semua jenis layanan keuangan kepada individu yang membutuhkan pinjaman yang meliputi: Pinjaman Pribadi, pinjaman konsolidasi Utang, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Pendidikan, Pinjaman Aman Hipotek, Pinjaman Tanpa Jaminan, Pinjaman Hipotek, Pinjaman Gaji, Pinjaman Siswa, Pinjaman Komersial, Pinjaman Investasi , Pinjaman Pembangunan, Pinjaman Otomatis, Pinjaman Konstruksi, dengan suku bunga rendah 2% per tahun untuk perorangan, perusahaan dan badan hukum. Dapatkan yang terbaik untuk keluarga Anda dan miliki rumah impian Anda juga dengan skema Pinjaman Umum kami.

    Silakan, hubungi kami untuk informasi lebih lanjut jika Anda tertarik: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp kami hanya di +1(585)708-3478

    ReplyDelete
  4. KABAR BAIK!!!
    Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak pemberi pinjaman di sini semuanya scammer dan mereka ada di sini Untuk menipu Anda dari uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp1.000.000.000,00 dari seorang wanita di Turki dan saya kehilangan sekitar 27 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 27 juta Masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya jatuh karena hutang.
    Saat pencarian saya untuk perusahaan pinjaman swasta yang andal berlanjut, saya melihat iklan lain secara online dan nama perusahaannya adalah PERUSAHAAN PINJAMAN DUNIA dari Nigeria. Saya kehilangan jumlah 13 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya ajukan.
    Alhamdulillah, seorang teman saya yang mengajukan pinjaman dan juga menerima pinjaman tersebut, memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan terpercaya di mana Ibu Ana Michael sebagai manajer cabang bekerja, dan saya mengajukan pinjaman sejumlah Rp1.000.000.000,00, dan mereka meminta kredensial saya yang saya serahkan dan setelah mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah lelucon dan mungkin itu adalah salah satu tindakan penipuan yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya kagum ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa agunan. Saya sangat senang bahwa Tuhan menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari bisnis saya yang meledak dan dilikuidasi dan hari ini bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakan dia tidak tahu tentang perusahaan fashion saya.
    Jadi saya menasihati semua orang yang tinggal di indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk segera menghubungiMrs. Ana Michael melalui email: (anamichaelguarantytrustloans@gmail.com)
    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut melalui email: (dianpelangiindonesia@gmail.com)
    Sekali lagi terima kasih semua telah membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kami umur panjang dan kemakmuran dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.

    ReplyDelete
  5. Saya ingin memulai dengan bersyukur kepada Tuhan atas anugerah hidup. Nama saya Nadia Sisworo dan saya ingin berbagi cerita yang baik tentang ibu Rossa Stanley Favor perusahaan yang layak secara finansial yang membuat hidup saya manis. beberapa waktu dan saya harus meminjam dari teman-teman saya karena saya berharap untuk membayar mereka kembali setelah menerima gaji saya. Dan saat itulah hidup saya berubah menjadi yang terburuk, saya dipecat dari pekerjaan dan saya kehilangan ibu saya beberapa bulan kemudian. Setelah ibu saya dimakamkan, teman-teman saya mulai meminta uang mereka kembali, tetapi ketika saya pikir hidup saya sudah berakhir, saya benar-benar mencoba bunuh diri, saat itulah ALLAH menggunakan teman saya dan Tetangga Annisa Berkarya yang sekarang sudah pindah ke Singapura, dia membantu saya untuk menghubungi ibu Rossa Stanley yang katanya seorang teman dari India menghubungkannya dengan ibu Rossa, maka saya menceritakan kisah saya kepada ibu, dia meminta dokumen saya yang saya tenderkan dan sebelum saya tahu permintaan pinjaman saya sebesar Rp320.000.000,00 disetujui, sebelum itu Saya telah mencoba tiga perusahaan pinjaman online yang berbeda tetapi tidak ada bantuan positif, tetapi ibu rossa stanley melalui firma pinjamannya ROSSATANLEYLOANCOMPANY mengubah hidup saya dan saya telah memutuskan bahwa sampai saya mati saya akan terus membagikan cerita ini sehingga sesama warga negara saya dapat memanfaatkannya, jangan menghubungi pemberi pinjaman palsu yang membanjiri kemana-mana dengan cerita pinjaman palsu, Setelah itu proses persetujuan kredit saya selesai dan saya menerima surat persetujuan dari perusahaan yang menyatakan bahwa saya harus memberikan bank saya detailnya. Saya menerima pemberitahuan dari bank saya bahwa rekening bank saya dikreditkan dengan jumlah pinjaman yang saya minta.
    Ini adalah kesaksian saya dan dapat diverifikasi dengan detail akun saya yang ada di bawah ini jika Anda ragu
    begitulah hidup saya berubah dan saya akan terus berbagi berita sehingga semua orang dapat melihat dan menghubungi perusahaan baik yang mengubah situasi saya. Anda juga dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan bantuan saya atau Anda ingin bertanya kepada saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya . Ini adalah email saya: nadiasisworo@gmail.comDan di bawah ini adalah detail akun saya yang telah dikreditkan dengan pinjaman dari rossastanleyloancompany,
    Alamat bank: Cabang Jatinegara Jakarta Timur
    Nama akun: Nadia Sisworo
    Nomor rekening: 0504482516
    Nama Bank: Bank Negara Indonesia (BNI) ibu rossa stanley adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang nyata, tulus dan tulus di seluruh dunia jadi jangan ragu untuk menghubungi ibu Rossa Stanely di saluran ini
    Email: rossastanleyloancompany@gmail.com
    Telepon / SMS / WhatsApp: +1 (213) -315-3118
    Situs web: www.rossastanleyloan.org
    Twitter Resmi: Rossastanlyloan
    Facebook Resmi: Rossa Stanley Favor
    Lamar atau kunjungi kami di web di
    http://www.rossastanleyloan.org

    ReplyDelete
  6. Apakah Anda sedang mencari pinjaman untuk memulai bisnis atau proyek yang Anda inginkan? @ PERUSAHAAN PINJAMAN KEMELA GUS, kami menawarkan semua jenis bantuan keuangan kepada semua individu yang membutuhkan pinjaman seperti "pinjaman pribadi, pinjaman investasi, pinjaman pinjaman rumah dan perusahaan pinjaman di seluruh dunia, tingkat bunga kami adalah 2% per tahun. Kami juga memberikan nasihat keuangan dan bantuan kepada klien dan pelamar kami. Jika Anda memiliki proyek yang bagus atau ingin memulai bisnis dan membutuhkan pinjaman untuk membiayainya segera, kami dapat membicarakannya, menandatangani kontrak dan kemudian mendanai proyek atau bisnis Anda untuk Anda bersama dengan Bank Dunia dan Bank Industri.

    Hubungi KEMELA GUS LOAN COMPANY hari ini untuk mata uang apa pun yang Anda inginkan.

    Kategori Bisnis

    Bisnis Merchandising.
    Bisnis manufaktur
    Bisnis Hibrida.
    Kepemilikan tunggal
    Kemitraan.
    Perusahaan.
    Perseroan terbatas.
    pinjaman pribadi.
    pinjaman investasi.
    Pinjaman Hutang.
    Pinjaman Rumah.
    Pinjaman hipotek
    Auto laons.
    Pinjaman mahasiswa.
    Pinjaman gaji.
    Pinjaman Islam.
    Pinjaman pertanian.
    Pinjaman gereja.

    PERUSAHAAN PINJAMAN KEMELA GUS
    Email: kemelagusloancompany@gmail.com
    WhatsApp hanya +1 (740) 280-2389.
    Instagram: Kemela Gus

    ReplyDelete
  7. Selamat Datang di Perusahaan Pinjaman Rossa Stanley

    Hubungi perusahaan pinjaman dengan rekam jejak pencairan pinjaman dan daftar global penguji pinjaman di seluruh dunia, di perusahaan pinjaman rossa stanley stabilitas keuangan Anda adalah tujuan kami, kami memberikan pinjaman kepada
    1) Individu
    2) Badan usaha
    3) Perusahaan terbatas.
    4) Pinjaman pribadi.
    5) Pinjaman investasi.
    6) Pinjaman Konstruksi.
    7) Pinjaman Hipotek.
    Hubungi kami sekarang juga melalui media berikut,
    Email: rossastanleyloancompany@gmail.com atau support@rossastanleyloan.org
    Manajer Operasi Telepon / whatsapp / telegram (+1) 213-315-.3118
    Instagram Resmi: rossastanleyloan
    Twitter Resmi: Rossastanlyloan
    Facebook Resmi: Rossa Stanley Favor
    Daftar online di www.rossastanleyloan.org
    ATAU
    Isi formulir aplikasi di bawah ini dan kami akan segera membalas Anda, Kami tersedia 24 jam setiap hari.

    DATA PEMOHON
    1) Nama Lengkap:
    2) Tanggal lahir:
    3) Alamat:
    4) Nomor Jaminan Sosial:
    5) Nomor Aplikasi Whats:
    6) Pekerjaan:
    7) Nomor Telepon:
    8) Posisi di tempat kerja:
    9) Pendapatan Bulanan:
    10) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
    11) Jangka Waktu Pinjaman:
    12) Nama Facebook:
    13) Status Pernikahan:
    14) Agama:
    15) Negara:
    16) Jenis Kelamin:
    17) Nomor Jaminan Sosial [SSN]
    18 Apakah Anda pernah mengajukan pinjaman sebelumnya? Jika ya, sebutkan nama perusahaan pinjaman tersebut

    SALAM,
    Nyonya Rossa Stanley Nikmat
    CEO ROSSASTANLEYLOANCOMPANY

    ReplyDelete
  8. Halo Semuanya Saya Bu SAFRILITA dari INDONESIA, ALLAH telah memberkati saya dengan dua anak dan seorang suami yang penuh kasih, saya ingin membagikan Kesaksian saya karena ALLAH menyayangi saya, setahun yang lalu saya sangat membutuhkan uang jadi saya berpikir untuk memiliki pinjaman kemudian saya bertemu dengan orang yang salah yang mengaku sebagai pemberi pinjaman, tidak tahu bahwa mereka semua scam. Saya ditipu sebesar 25 juta, dan mereka menolak untuk mentransfer pinjaman saya kepada saya, mereka juga berhenti mengirim email kepada saya sejak itu. kemudian saya bingung, seluruh hidup saya hilang. suami saya jatuh sakit dan ada tagihan rumah sakit yang harus dibayar dalam jutaan, yang bisa saya pikirkan saat ini adalah sucide, teman saya bernama Evi datang menemui saya pada hari yang setia itu, dia juga menjadi korban penipuan, dia memberi tahu saya tentang konferensi yang diselenggarakan oleh ibu Nurliana Novi untuk memberdayakan perempuan dan laki-laki yang ingin membuat kekayaan, dia meminta saudara perempuannya untuk membantu saya mengurus suami saya dan anak-anak, jadi kami pergi untuk konferensi. Setelah semua motivasi berbicara, dia mengajukan pertanyaan kepada kami "APAKAH ANDA SIAP MENGAMBIL RESIKO DAN MEMBUAT KEKAYAAN" dengan berani di jemaat kecil itu saya berdiri dan berkata "YA" dan kami semua diminta untuk datang keesokan harinya dengan rencana bisnis , dia berkata kepada kami, " SAYA TIDAK AKAN MEMBERI ANDA UANG, SAYA AKAN MENGAJARKAN ANDA BAGAIMANA MENGAMBIL RISIKO DAN MENDAPATKAN UANG UNTUK BISNIS ANDA,"  dia berbicara tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dan koneksinya melalui ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN FIRM yang hebat, sebuah perusahaan pinjaman online, segera saya menjadi takut, teman saya mendorong dan kami menghubungi Perusahaan ibu Elina, seperti yang diarahkan oleh ibu Nurliana Novi dari konferensi, saya dan teman saya mulai memproses sementara ibu Novi telah kembali, beberapa hari kemudian saya menerima telepon dari teman saya memberi tahu saya bahwa dia menerima peringatan dari banknya, pinjamannya telah disetor, sudah terlambat sehingga saya tidak bisa pergi ke bank saya untuk mengkonfirmasi, di pagi hari peringatan datang, saya akhirnya mendapat pinjaman sebesar 843 juta dari ibu ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN TETAP, setelah mengikuti proses hukum. kami diberi arahan untuk menyerahkan rencana bisnis kami dan meninggalkan uang di bank selama seminggu, kemudian ibu Novi menelepon meminta kami untuk bertemu lagi yang kami patuhi, kami sampai di tempat tersebut dan melihat orang asing dampak pada perdagangan dan investasi, kami diberi kuliah dan kontak untuk memulai investasi, dalam enam bulan melalui koneksi ibu Elina saya mulai impor dan hari ini saya dan suami saya telah mendirikan dua perusahaan besar senilai MILIAR. Saya ingin Anda semua tahu bahwa satu-satunya pemberi pinjaman sejati yang saya saksikan adalah ibu ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN FIRM, hubungi mereka hari ini dan Anda akan mendapatkan perubahan positif dalam hidup Anda, ini emailnya elinajohnson22@gmail.com. Anda dapat menghubungi saya di email saya safrilita1988@gmail.com, untuk konfirmasi lebih lanjut, jika Anda meragukan saya, saya siap menunjukkan kepada Anda semua buktinya sehingga Anda akan tahu ini bukan hanya cerita.

    Catatan, mereka banyak pemberi pinjaman palsu online untuk menipu Anda, merobek Anda dari uang hasil jerih payah Anda, harus dari mereka pergi sejauh membuat situs pribadi mereka hanya untuk menipu Anda, pinjaman yang mengarahkan Anda untuk mengunjungi situs web palsu, mereka semuanya penipu.

    Jadi hubungi perusahaan ibu Elina sekarang dan pinjaman Anda akan ditransfer kepada Anda saat Anda mengikuti proses hukum, sekali lagi ini adalah emailnya elinajohnson22@gmail.com,  ALLAH melihat hati saya dan dia tahu saya mengatakan yang sebenarnya dan tidak lain adalah kebenaran .

    ReplyDelete