Tobat Adalah

Tobat, production.vidio.static6.com

Oleh: Irfan Hamid

Kata tobat berasal dari bahasa Arab taubah yang merupakan bentuk mashdar dari fi’il sulasi mujarrad, taba, yatubu, taubah yang bisa bermakna kembali dan menyesal. Sedangkan pengertian tobat secara istilah, Imam al-Ghazali menjelaskan bahwa tobat kaitannya dengan masa sekarang, adalah dengan cara meninggalkan perbuatan dosa yang melekat pada diri sedangkan hubungannya dengan masa depan adalah dengan cara bertekad untuk meninggalkan perbuatan dosa yang telah lalu hingga akhir hayat.
Tobat nashuhah adalah tobat yang murni dan mencakup seluruh dosa. Tidak diragukan lagi bahwa tobat ini pasti mencakup istighfar dan menghapus seluruh dosa. Tobat nashuhah adalah tobat yang paling sempurna.
Istighfar dan tobat sangat berkaitan erat. Adapun kalau salah satu dari kedua kata itu (tobat dan istighfar) bergandengan, maka istighfar adalah meminta perlindungan dari dampak buruk yang telah lalu, sedang tobat adalah kembali dan meminta perlindungan dari bahaya maksia yang dikhawatirkannya di masa depan.
Adapun manfaat dari taubat di antaranya adalah meraih kecintaan Allah, mendatangkan keberuntungan, turunnya ampunan, masuk surga dan keselamatan siksa neraka dan mendatangkan rezeki.


Kritik atas makalah ini adalah analisis terhadap ayat dan hadis masih kurang, tapi secara keseluruhan sudah bagus lah.


0 komentar:

Post a Comment