Pesan Sekolah Dasar Saat Ini


Anak Sekolah Dasar dan Ibu Guru, blogspot.com
Pengajaran membaca, menulis dan penyampaian pengetahuan tidak lagi menjadi tujuan pokok pada sekolah-sekolah tingkat pertama sebagaimana sebelumnya. Dan sekolah yang meringkas pengembangannya pada sisi itu, tidak dianggap memenuhi kewajibannya atau merealisasikan tujuan yang dituntut darinya. Tuntutan dari sekolah telah menjadi prilaku yang memanjangkan dari sisi-sisi kehidupan yang terjadi di lingkungan yang anak-anak hidup di dalamnya. Dan tidak menjadikan pengetahuan-pengetahuan yang sudah ada sekedar pengetahuan yang tidak ada hubungannya antara sekolah dengan masyarakat. Dan tidak terikat antara pengetahuan dengan makanannya, minumannya, permainannya dan nyanyiannya. Juga tidak ada kerabat antara pengetahuan dengan keluarganya dan masjidnya. Serta tidak ada hubungannya antara pengetahuan dengan umatnya, negaranya, adatnya dan tradisinya.
            Tujuan sekolah dasar saat ini berubah menjadi dasar-dasar yang dibangun atas pendidikan yang berkaitan dengan lingkungan. Dan masalah-masalahnya berasal dari keadaan, watak, hasil dan kehidupan bermasyarakat. Pendidikan mengeksploitasi seluruh watak, pemikiran, sejarah dan adat dengan ekspoloitasi yang proporsional.
Tujuan sekolah telah menjadi persiapan bagi kehidupan dan realisasi individu agar menjadi anggota yang berguna bagi kehidupan masyarakat, dan pendidikannya merupakan pendidikan yang  merehabilitasi individu untuk menghasilkan materi dan rohani dan menjadikan kehidupan individu diwarnai dengan warna saling tolong menolong dalam metodenya.
            Dan penempatan sekolah dasar telah berubah menjadi bekerja pada penyampaian kehidupan ke pemikiran-pemikiran para siswa, dan menjadikannya aktif dalam bertindak, sehat badan dan pencerahan bagi jiwa, serta keterampilan pada tangan dan lisan. Sebagaimana sekolah bekerja untuk menumbuhkan dalam jiwa-jiwa pemuda. Karena kemuliaan mereka pada kemuliaan negara, dan kebahagiaan mereka pada keagungan, kekuatan dan kemajuan negara.
            Dari sini, kita tahu bahwa pesan sekolah dasar modern menumbuhkan anak-anak dalam kehidupan untuk kehidupan, dan menjadikan pengembangan rohani, akal dan fisik diperoleh dari agama, bahasa, lingkungan, pengalaman, perbuatan dan pengingat kesungguhan pendahulu-pendahulu mereka dalam membangun peradaban negara, dan menumbuhkan generasi dengan kesadaran mempunyai kekuatan dengan kemuliaan didalamnya.
            Pesan sekolah ini bukanlah pesan yang merendahkan dengan mudah, tetapi merupakan pesan agung yang penting dan amanat yang berat pembawaanya. Dan apakah disana ada pesan yang lebih agung daripada merubah akhlak generasi? Dan amanat yang lebih berat daripada mendidik umat yang memperbaharui bangsa dan menegakkan pemerintahan atas asas dari keagungan, kemuliaan, kekuatan dan tindakan?
            Tidak ada perdebatan bahwa umat-umat yang bangkit yang tampak di bidang-bidang kemajuan dan peradaban, persaingan memperoleh perekonomian dan industri dan menikmati kehidupan yang merdeka dan mulia serta tolong-menolong kemasyarakatan yang utuh itu telah menegakkan pengakuan kebangkitannya pada asas yang kokoh dari pendidikan bangsa dalam tahap awal pengajaran utuh yang mengikat antara pemuda dengan kehidupan, negara, umat dan kemuliaan-kemuliaan mereka pada masa lampau dan yang akan datang.


            Dan bukanlah keraguan lagi bahwa kebangkitan bangsa yang hakiki dalam bidang-bidang kehidupan perekonomian dan kemasyarakatan tidak mungkin berdiri tanpa kesungguhan masing-masing individu. Mereka mempunyai kemampuan dengan kesadaran dan kesiapan. Dan ini tidak akan terealisasi kecuali dengan jalan mendidik anak-anak bangsa pada tahap awal atas asas yang utuh.


Irfan Hamid
15120066
SKI

0 komentar:

Post a Comment