Adil Dalam Al-Qur'an

Al-Quran, kompasiana.com

Karya: Ulil Amri (15551015)
Oleh: Irfan Hamid
Kata adil berasal dari bahasa Arab ‘adala-ya’dilu-‘adl yang memiliki arti berbuat adil, keadilan, kejujuran, sama rata, sepadan, tengah-tengah. Adapun definisi adil adalah apa yang ada dalam jiwa yang lurus, yang melawan ketidak adilan.
Perintah berbuat adil dalam al-Quran terdapat pada surah al-Nahl ayat 90 yang berisi perintah untuk berbuat adil disertai larangan untuk berbuat keji dan mungkar. Terdapat juga dalam surah al-Maidah ayat 8 yang memuat perintah berbuat adil dan bertakwa. Demikian juga terdapat dalam surah al-Mumtahanah ayat 8 dan surah al-Hujurat ayat 9.
Setelah terkumpul beberapa ayat yang menjelaskan mengenai adil ataupun keadilan, maka konsep adil dibagi ke dalam lima bagian. Pertama, adil terhadap diri sendiri. Kedua, adil terhadap keluarga. Ketiga, adil terhadap orang lain. Keempat, adil dalam perdagangan. Dan yang kelima adalah adil dalam peradilan. Adapun manfaat dari berbuat adil adalah mendekatkan kepada takwa dan dicintai oleh Allah.

Kritik terhadap makalah ini adalah tidak adanya kontekstualisasi adil yang biasa terdapat dalam studi al-Quran dan hadis. Makalah ini seperti makalah tentang akhlak, bukan tentang tafsir hadis tematik. Selain itu, jumlah hadis terlalu sedikit.


Baca Juga: Peta Umum Kajian Hadis Orientalis

0 komentar:

Post a Comment