Bulughul Maram, Bukalapak. |
Kitab hadis sekunder tidak bisa dipandang
sebelah mata. Walaupun pada masa maraknya penyusunan kitab hadis sekunder,
ulama terkesan mencukupkan diri pada kitab-kitab sebelumnya. Mereka hanya
melakukan penyempurnaan atau membuat kitab baru dengan mengambil referensi dari
kitab terdahulu. Namun, para ulama tersebut berkesperimen agar membaca,
memahami, atau bahkan menghafal hadis terasa lebih mudah.
Cara yang mereka gunakan adalah seperti tidak
menyertakan sanadnya yang terlalu panjang. Dengan hanya menuliskan rawi dari
kalangan sahabat saja. Terkadang mereka juga menambahkan penjelasan terhadap
hadis yang disampaikan. Oleh karena itu, dengan adanya kitab hadis sekunder ini
kajian hadis menjadi lebih berwarna dan semakin memudahkan.
Salah satu karya dari kitab hadis sekunder ini
adalah kitab Bulugh al-Maram Min Adillah al-Ahkam. Kitab Bulugh
al-Maram termasuk salah satu kitab hadis populer di kalangan masyarakat
Indonesia. Kitab ini banyak dikaji di berbagai pondok pesantren dan juga majlis
ta’lim. Oleh karena itu, pemakalah merasa perlu untuk membahas kitab Bulugh
al-Maram. Maka dalam makalah ini akan dibahas biografi pengarang Kitab Bulugh
al-Maram, Ibnu Hajar al-‘Asqalani, sistematika penulisan kitab, kelebihan
serta kekurangan dari kitab ini.
B. Biografi Ibnu Hajar al-‘Asqalani
Siapa yang tidak kenal Ibnu Hajar
al-‘Asqalani. Seorang ulama tersohor pada zamannya bahkan sampai saat ini.
Seorang ulama yang hafidz (hafal al-Qur’an), ‘alim (banyak
ilmunya), dan juga banyak kitab fenomenal karyanya yang dijadikan rujukan
sampai saat ini.[1]
Tentu nama Ibnu Hajar al-‘Asqalani sudah tidak
asing lagi. Mengenai nama lengkapnya masih diperselisihkan. Namun pendapat yang
paling masyhur dan yang paling banyak digunakan adalah Ahmad bin ‘Ali bin
Muhammad bin Muhammad bin ‘Ali bin Ahmad bin Hajar. Selain terkenal dengan nama
Ibnu Hajar, dia juga sering dikenal dengan laqab Syihab al-Din dan kunyahnya
Abu al-Fadhl.[2]
Ibnu Hajar dilahirkan pada 22 Sya’ban tahun
773 Hijriyah di pesisir sungai Nil.[3]
Ketika masih balita, Ibnu Hajar sudah ditinggal wafat oleh sang ibu. Kemudian,
ketika umurnya yang baru menginjak empat tahun, Ibnu Hajar menjadi yatim piatu.
Dia harus tumbuh tanpa dampingan kedua orang tua. Sang ayah, Nur al-Din
meninggal pada tahun 777 Hijriyah. Sepeninggal orang tuanya, Ibnu Hajar hidup
di bawah asuhan saudara sulungnya, al-Zaki al-Kharubi.[4]
Ibnu Hajar kemudian tinggal di Makkah dan
jatuh cinta kepada hadis. Kemudian Ibnu Hajar mendedikasikan waktunya untuk menuntut
ilmu tentang hadis kepada para syekh kenamaan. Dia mengembara mencari ilmu ke
berbagai tempat, seperti Hijaz, Syam, dan Mesir. Di setiap tempat itu, Ibnu
Hajar memiliki banyak guru. Di antara guru-gurunya yang terkenal adalah al-Hafidz
al-‘Iraqi, Ibnu al-Qatthan al-Adami, Ibnu al-Mulqin, Burhan al-Din Ibrahim bin
Musa al-Abnasi, Siraj al-Din Abu Hafash Umar, al-Bulqini, al-Fairuz Abadi, al-Badr
al-Busytaki, dan al-‘Amari.[5]
Selain memiliki banyak
guru, Ibnu Hajar juga menjadi pengajar yang memiliki banyak murid. Di antara
murid-muridnya tersebut adalah Ahmad bin ‘Utsman al-Karmani al-Kalutani, Ahmad
bin Muhammad al-Anshari, Zakariyya bin Muhammad bin Zakariyya al-Anshari, dan
muridnya yang paling masyhur adalah al-Sakhawi. Al-Sakhawi bernama lengkap Muhammad
bin ‘Abd al-Rahman bin Muhammad bin Abu Bakar bin ‘Utsman al-Qahiri al-Syafi’i
al-Sakhawi. Al-Sakhawi telah menulis sebuah kitab khusus biografi dan perjalanan
guru tercintanya. Judul kitab itu adalah al-Jawahir wa al-Durur fii Tarjamat
al-Hafidz Ibnu Hajar.[6]
Ibnu Hajar adalah
seorang ulama yang sangat produktif. Al-Sakhawi mengatakan pada kitab al-Dhau’u
al-Laami’ bahwa karya Ibnu Hajar lebih dari 150 buah karya. Bahkan dalam
kitabnya yang lain, al-Jawahir wa al-Durar, al-Sakhawi mengatakan bahwa
karya Ibnu Hajar lebih dari 270 buah karya. Beberapa di antara karya-karyanya
adalah Bulugh al Maram, Al-Talkhis al-Habir fi Takhrij Ahadis al-Rafi’i
al-Kabir, Nazhat al-Albab fii al-Alqab, Nakhbat al-Fikr wa Syarhuha Nazhat
al-Nazhr, Fath al-Bari bi Syarh Shahih al-Bukhari, al-Mathalib al-‘Aliyah bi
Zawaid al-Masanid al-Tsamaniyah, Lisan al-Mizan, al-Dirayah fii Talkhis Takhrij
Ahadis al-Hidayah, al-Hawasyi ‘ala Talkhis al-Mustadrak, Tagliq al-Ta’liq,[7]
al-Ishabah fii Asma al-Shahabah, Tahdzib al-Tahdzib, Taqrib al-Tahdzib
Mukhtashar Tahdzib al-Tahdzib, Ta’jil al-Manfa’ah bi Rijal al-Arba’ah, Ithaf
al-Maharrah, al-Qaul al-Musaddad fii al-Dzabbi ‘an Musnad al-Imam Ahmad,
al-Durar al-Kaminah fii A’yan al-Mi’ah al-Tsaminah, Takhrij al-Kasysyaf,
al-Badzl al-Ma’un, dan Diwan Khithbah.[8]
Setelah masa pengabdiannya
pada pengembaraan ilmu, saatnya ia dipanggil menghadap Yang Maha Esa. Ibnu
Hajar tutup usia pada ba’da Isya malam Sabtu, tepatnya 18 Dzulhijjah
tahun 852 Hijriyah.[9] Di
penghujung usianya pun, Ibnu Hajar tetap mengajar seperti biasa. Selama sebulan
dia mengidap diare yang sampai mengeluarkan darah. Namun, dia tidak pernah
mengeluhkan sakitnya.[10]
C.
Metode dan
Sistematika Kitab Bulughul Maram
Kitab yang ditulis oleh Imam Ibnu Hajar Al-Asqalany merupakan kitab
himpunan matan-matan (teks) hadis pilihan yang menjurus terhadap hukum Islam.
Dalam kitab ini terdapat 1,359 buah hadis dan tersebar pada 97 bab, yang
kesemuanya menjurus kepada hukum. Hadis-hadis ini diambil dari berbagai sumber,
yaitu Sohih Bukhari, Sohih Muslim, Musnad Imam Ahmad, dan Jami’
Abi ‘Isa al-Tarmidhi.
Diantara kitab sunan pula yang diambil adalah kitab Sunan Abi
‘Abdur Rahman al-Nasai, kitab Sunan Abi Dawud al-Sajistani, dan
kitab Sunan Ibn Majah al-Qazuwani.
Imam Ibn Hajar menggunakan cara penulisan yang tersendiri. Berdasarkan
muqoddimah kitab ini, ia menguraikan
istilah khusus dalam kitab hadis susunannya ini. Penggunaan enam istilah
tersebut bertujuan untuk menyatakan sumber rujukan hadis-hadis susunan beliau
dari tokoh-tokoh ulama di aras. Enam
istilah tersebut ialah:
1.
Al-Sab’ah : Tujuh orang tokoh ulama’ hadis iaitu
Imam Ahmad bin
Hanbal, Imam Bukhari, Imam Muslim, Imam Abu Daud, Imam al-Tirmidzi,
Imam Nasa’i dan Imam Ibn Majah.
Hanbal, Imam Bukhari, Imam Muslim, Imam Abu Daud, Imam al-Tirmidzi,
Imam Nasa’i dan Imam Ibn Majah.
2.
Al-Sittah : Enam orang tokoh ulama’ hadis iaitu Imam Bukhari,
Imam Muslim, Imam Abu Daud, Imam al-Tirmidzi, Imam Nasa’i dan Imam
Ibn Majah. Seorang sahaja yang digugurkan iaitu Imam Ahmad bin Hanbal.
Imam Muslim, Imam Abu Daud, Imam al-Tirmidzi, Imam Nasa’i dan Imam
Ibn Majah. Seorang sahaja yang digugurkan iaitu Imam Ahmad bin Hanbal.
3.
Al-Khamsah : Lima orang tokoh ulama’ hadis iaitu Imam Ahmad
bin Hanbal, Imam Abu Daud, Imam al-Tirmidzi, Imam Nasa’i dan Imam Ibn
Majah. Dua orang digugurkan iaitu Imam Bukhari, Imam Muslim.
bin Hanbal, Imam Abu Daud, Imam al-Tirmidzi, Imam Nasa’i dan Imam Ibn
Majah. Dua orang digugurkan iaitu Imam Bukhari, Imam Muslim.
4.
Al-Arba’ah : Empat orang tokoh ulama’ hadis iaitu Imam Abu
Dawud, Imam al-Tirmidhi, Imam Nasa’i dan Imam Ibn Majah.
Dawud, Imam al-Tirmidhi, Imam Nasa’i dan Imam Ibn Majah.
5.
Al-Thalathah : Tiga orang tokoh ulama’ hadith iaitu Imam Abu
Dawud, Imam al-Tirmidhi, dan Imam Nasa’i .
Dawud, Imam al-Tirmidhi, dan Imam Nasa’i .
6.
Muttafaq
Alaih : Imam
Bukhari dan Imam Muslim.
Di samping itu, dalam kitab ini akan diketemukan bahwa dalam
pengambilan hadis dari sumbernya, Imam Ibnu Hajar lebih melakukan penekanan
pada aspek sanad hadis. Apabila ia hendak mencantumkan perawi hadis, beliau
turut mendatangkan status sanad hadis tersebut pada nota kaki atau di bawah
sanad dan matan hadis tersebut.
D. Kelebihan dan Kekurangan Kitab
Kitab Bulugh al-Maram Min Adillah
al-Ahkam ini mengandung banyak keistimewaan dibandingkan dengan kitab-kitab
yang lain dalam bidang ilmu hadis hukum (hadis ahkam) terutama dalam
aspek bahasa, isi kandungan, pendekatan penulisan dan sebagainya. Di antara keistimewaan tersebut adalah:
1.
Merupakan sebuah kitab yang dijadikan
rujukan utama dalam bidang hadis hukum (hadis ahkam).
2.
Gaya bahasa yang digunakan oleh Imam
Ibn Hajar al-‘Asqalani dalam menguraikan kitab ini adalah sesuai dan mudah dibaca
oleh semua golongan yang memahami bahasa Arab.
3.
Terdapat keterangan sumber hadis dalam
kitab ini sehingga memudahkan untuk men-takhrij-nya.
4.
Terdapat uraian dari maksud hadis.
Dan di antara kelemahan dari
kitab ini adalah uraian mengenai hadis-hadis ini terlalu ringkas sehingga
menyulitkan bagi pembaca.[11]
E. Penutup
Dari uraian di atas, dapat diketahui bahwa Imam
Ibn Hajar al-‘Asqalani merupakan tokoh dalam berbagai bidang ilmu, khususnya
ilmu hadis dan ilmu fiqih. Ini dapat dibuktikan dengan jam terbang beliau yang
melalang buana melakukan pengembaraan ilmu dan karya-karyanya yang sampai saat
ini masih menjadi rujukan utama oleh para pengkaji ilmu-ilmu keislaman.
Dan kitab beliau yang bernama Bulugh
al-Maram Min Adillah al-Ahkam merupakan perpaduan dari dua bidang ilmu,
yakni ilmu hadis dan ilmu fikih. Penyampaian hadis dalam kitab ini sangat compatible
dengan banyak pembacanya. Dikarenakan menggunakan hadis-hadis yang pendek dan
sering dijumpai dalam praktik keagamaan. Dan tentang otentisitas hadis-hadisnya
sudah tidak diragukan lagi karena semua hadis di dalamnya terdapat sumber kitab
primernya. Dan meskipun begitu, kitab ini juga memiliki kelebihan dan
kekurangan sebagaimana kitab-kitab yang lain.
F. Bibliografi
Al-‘Asqalani, Ibn Hajar. 1984. Al-Nukat
‘ala Kitab Ibn al-Shalah. Madinah: Ihya Turats Islami.
__________. 2002. Bulugh al-Maram Min
Adillah al-Ahkam. Jubail: Dar al-Shadiq.
Al-Sakhawi. 1999. Al-Jawahir wa al-Durur fii Tarjamat Syaikh al-Islam
Ibn Hajar. Beirut: Daar Ibn Hazm.
Al-Shun’ani. 2007. Subul al-Salam. Mesir: Daar al-Hadis.
Hassan, A.. 2006. Terjemah Bulughul Maram.
Bandung: Diponegoro.
[1] Ibnu Hajar al-‘Asqalani, Al-Nukat ‘ala Kitab Ibn
al-Shalah, (Madinah: Ihya Turats Islami, 1984), hlm. 43.
[2] Al-Sakhawi, Al-Jawahir wa al-Durur fii
Tarjamat Syaikh al-Islam Ibn Hajar, (Beirut: Daar Ibn Hazm, 1999), hlm.
102.
[3] Al-Sakhawi, Al-Jawahir wa al-Durur fii Tarjamat Syaikh
al-Islam Ibn Hajar, hlm. 104.
[4] Al-Sakhawi, Al-Jawahir wa al-Durur fii Tarjamat Syaikh
al-Islam Ibn Hajar,hlm. 121.
[8] Al-Shun’ani, Subul al-Salam, hlm. 9.
[9] Al-Shun’ani, Subul al-Salam, hlm. 10.
[11]
Siti Sarah Binti Ibrahim, Metodologi Penulisan Hadis Hukum: Kajian
Perbandingan Antara Kitab al-Muntaqa dengan Bulugh al-Maram, Kuala
Lumpur: Disertasi Akademi Pengajian Islam, Universiti Malaya, 2011, hlm
140-141.
0 komentar:
Post a Comment