Manusia Dan Tanggung Jawab

Manusia dan Tanggung Jawab, data:image


Assalamualaikum wr. wb.

            Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB”. Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Pengantar Ilmu Budaya. Penulis berharap makalah ini dapat memenuhi wawasan dan pengetahuan khususnya dalam memahami landasan dan asas-asas pendidikan.
            Penulis menyadari banyaknya kekurangan dalam penyusunan makalah ini. Maka dari itu, penulis sangat mengharapkan kritikan dan saran dari para pembaca untuk melengkapi segala kekurangan dan kesalahan dari makalah ini.
            Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu selama proses penyusunan makalah ini. Penulis berharap makalah  ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Yogyakarta, 1 Oktober 2017


Daftar isi

Kata pengantar................................................................................ 2
Daftar Isi......................................................................................... 3
BAB I PENDAHULUAN................................................................ 4
1.1   Latar Belakang ................................................................ 4
1.2   Rumusan Masalah............................................................ 4
1.3   Tujuan Penulisan.............................................................. 4
BAB II PEMBAHASAN................................................................. 5
2.1 Manusia dan Tanggung Jawab.......................................... 5
2.2 Makna Tanggung Jawab................................................... 5
2.3 Makna Pengabdian........................................................... 7
2.4 Makna Kesadaran............................................................. 7
2.5 Makna Pengorbanan......................................................... 8
BAB III PENUTUP......................................................................... 9
3.1 Kesimpulan...................................................................... 9
3.2 Saran............................................................................... 9
Daftar Pustaka..........................................................................................9

  

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
                       Tanggung jawab merupakan suatu kesadaran manusia atau tingkah laku atau perbuatannya baik disengaja maupun tidak disengaja. Setiap manusia memiliki tanggung jawab masing-masing. Diantaranya tanggung jawab seorang pelajar atau mahasiswa akan belajar dan tanggung jawab manusia kepada Tuhan yang telah menciptakan kita. Ini juga dapat dikatakan sebagai perwujudan suatu perbuatan. Selain tanggung jawab manusia juga terdapat pengabdian. Pengabdian dapat diartikan sebagai pilihan hidup seseorang apakah ingin mengabdi kepada orang tua, kepada agama dan Tuhan ataupun kepada bangsa dan negara. Dan pengabdian juga mengandung unsur pengorbanan dan kewajiban untuk melakukan yang akan dihargai dan apa yang diabadikan. Berdasarkan uraian di atas kami akan mencoba membahas mengenai manusia dan tanggung jawab.
1.2  Rumusan Masalah
         1. Apakah pengertian dari tanggung jawab itu?
         2. Apakah macam-macam dari tanggung jawab?
         3. Apakah pengertian dari pengabdian dan pengorbanan?
1.3  Tujuan
            Adapun tujuan penyusunan dari makalah ini adalah ntuk mengetahui lebih jelas apa itu tanggung jawab, pengabdian, kesadaran dan pengorbanan . Serta macam-macam dari tanggung jawab dan pengabdian.
         

BAB II
PEMBAHASAN

   2.1  Manusia dan Tanggung Jawab
“Pertanggungjawaban” suatu istilah yang sudah tidak asing di telinga banyak orang. Berasal dari kata “tanggung jawab” yaitu beban psikis (kejiwaan) yang melandasi pelaksanaan kewajiban dari tugas tertentu.

Kesanggupan seseorang terhadap suatu tugas wajib atau kemudian disebut sebagai kewajiban akan berakibat suatu celaan atau akibat tertentu jika tidak dilaksanakan. Apabila meninggalkan tugas wajib dapat diartikan melupakan kewajiban atau tak bertanggung jawab bisa dikatakan juga tidak mempunyai tanggung jawab moral. Di dalam ajaran islam dikenal adanya tugas-tugas yang bersifat wajib (fardhu) maupun sunnah. Dari sifat Fardhu inilah kemudian berkembang nilai-nilai tanggung jawab di kalangan masyarakat luas yang mana tidak lepas dari hubungan antara manusia dengan manusia yang lain dan hubungan antara manusia dengan tuhannya. Menurut Prof. Drijarkarra manusia itu mempunyai hukum kodrat, agar ia menjadi manusia yang baik, ia harus memiliki sikap dasar, seperti selalu siap sedia untuk berbuat kebaikan. Sikap dasar tersebut memiliki banyak aspek salah satunya ialah tanggung jawab. Bila dihubungkan dengan kewajiban maka rasa tanggung jawab itu dapat berupa siap sedia untuk melakukan kewajiban.


   2.2  Makna Tanggung Jawab
Tanggung jawab adalah kesadaran manusia  akan tingkah laku atau perbuatanya, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Dengan begitu tanggung jawab dapat diartikan sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya. Manusia pada hakekatnya adalah makhluk yang bertanggung jawab , karena manusia di samping sebagai makhluk individu dan makhluk sosial, juga merupakan makhluk tuhan. Manusia dituntut untuk bertanggung jawab karena ia memantaskan sejumlah peranan dalam konteks sosial,individual, dan teologis.
Dalam konteks sosial manusia merupakan makhluk sosial yang mana tidak dapat hidup sendirian dengan perangkat nilai-nilai menurut seleranya sendiri. Nilai-nilai yang diperankan seseorang dalam jalinan sosial harus dipertanggungjawabkan, sehingga tidak menggangu konsensus nilai yang telah disetujui bersama. Manusia sebagai makhluk individu artinya harus bertanggung jawab kepada dirinya sendiri dalam keseimbangan rohani dan jasmani, serta mempertanggungjwabkannya kepada tuhan. Tanggung jawab manusia kepada dirinya akan lebih kuat intensitasnya jika ia memiliki kesadaran yang lebih mendalam. Tanggung jawab terhadap pribadi muncul karena adanya keyakinan terhadap sesuatu nilai, bahwa apa yang diperbuat cepat atau lambat akan berdampak pada dirinya (sebagai wujud tanggung jawab)
Tidak jauh berbeda dengan tanggung jawab pribadi, tanggung jawab manusia terhadap tuhan timbul karena ada kesadaran akan keyakinan terhadap nilai-nilai. Nilai-nilai ini bersumber dari ajaran agama. Tanggung jawab manusia dalam konteks pergaulan manusia adalah keberanian.Orang yang bertanggungjawab adalah orang yang berani menanggung resiko atas segala yang menjadi tanggung jawabnya. Ia akan berlaku jujur kepada dirinya dan jujur terhadap orang lain, mandiri, tidak pengecut dan mau berkorban demi kepentingan orang lain. Orang yang bertanggung jawab akan dapat merasakan kebahagiaan apabila telah dapat menunaikan kewajibannya. Sebaliknya ,orang yang tidak bertanggung jawab akan menghadapi kesulitan karena telah menyimpang dari aturan,norma atau nilai-nilai yang berlaku.
Adapun macam-macam tanggung jawab yang melekat pada diri manusia antara lain :
1.      Tanggung Jawab Pribadi
Manusia sebagai individu memiliki pribadi yang utuh dalam berpendapat,berperasaan,dan bertindak apa saja. Akan tetapi, sebagai individu harus berani Bertanggung jawab terhadap apa yang diperbuatnya.
Contoh : Makan,Mandi,Tidur,belajar,bermain dan lain-lain
2.      Tanggung Jawab Kepada Keluarga
Keluarga merupakan unit terkecil dari kelompok masyarakat. Sebagai anggota keluarga,setiap orang harus bertanggung jawab kepada dirinya maupun keluarga. Tanggung jawab ini tidak hanya dalam bentuk kesejahteraan dan keselamatan fisik maupun pendidikan secara lahiriah, tetapi juga menyangkut nama baik yang tertuju pada pendidikan dan kehidupan dunia akhirat.
Contoh : Menghormati orang tua, menafkahi keluarga, menjaga nama baik keluarga dan lain-lain.
3.      Tanggung jawab Kepada Masyarakat
Manusia adalah makhluk sosial.Manusia merupakan anggota masyarakat. Karena itu dalam bertingkah laku,berfikir,berbicara dan aktivitas lainnya terikat oleh masyarakat.
Contoh : Menjaga lingkungan sekitar,  saling tolong menolong,  saling menghormati dan lain-lain

4.      Tanggung Jawab Kepada Bangsa dan Negara
Setiap manusia, Setiap individual adalah warga negara dari suatu negara. Dalam berfikir, berbuat,bertindak maupun bertingkah laku manusia terikat oleh norma-norma yang diatur oleh negara.
Contoh : mematuhi aturan negara, membina solidaritas, memahami dan mengamalkan ideologi negara dan lain-lain.

5.      Tanggung Jawab Kepada Tuhan
Manusia hakekatnya adalah ciptaan tuhan yang dapat mengembangkan diri sendiri dengan sarana yang ada pada dirinya seperti akal,pikiran, perasaan, dan anggota tubuhnya. Semua itu atas kuasa tuhan. Oleh karena itu setiap perbutn manusia harus dipertanggungjawabakan kepadanya.
Contoh : mematuhi setiap aturannya dan menjauhi larangannya, Berbuat baik terhadap sesama, dan lain-lain
   2.3  Makna Pengabdian
Pengabdian ialah perbuatan manusia, baik itu yang berupa pikiran,pendapat, kasih sayang,tenaga, maupun rasa hormat yang dilakukan secara ikhlas. Timbulnya pengabdian ini didasari oleh adanya rasa tanggung jawab. Ada berbagai macam bentuk pengabdian, antara lain :
1.        Pengabdian Kepada Keluarga
Pada hakekatnya manusia hidup berkeluarga yang didasarkan atas cinta dan kasih sayang. Kasih sayang ini mengandung pengertian pengabdian dan pengorbanan. Tidak ada kasih sayang tanpa pengabdian. Bila ada kasih sayang tidak diserai pengabdian berarti kasih syang itu palsu atau semu.
Pengabdian pada keluarga ini dapat berupa pengabdian kepada istri dan anak-anak, istri pada suami dan anak-anaknya atau anak-anak kepada orang tua.
2.       Pengabdian Kepada Masyarakat
Manusia sebagai anggota masyarakat tidak dapat hidup tanpa orang lain. Maka sebagai wujud tanggung jawabnya kepada masyarakat, ia harus menampakkan pengabdian dirinya kepada masyarakat. Bentuk pengabdian dirinya dapat direalisasikan melalui partisipasi dalam aktivitas masyarakat, termasuk di dalamnya menjaga nama baik suatu warga.
3.      Pengabdian Kepada Negara
Manusia pada hakekatnya adalah bagian dari suatu bangsa yang menjadi warga negara suatu pemerintahan negara. Oleh karenannya sebagai warga negara perlu menunjukkan peran dan pengabdiannya kepada negara dimana pun mereka berada sebagai wujud cintanya kepada tanah air.

4.      Pengabdian Kepada Tuhan
Manusia merupakan ciptaan, sebagai ciptaan tuhan manusia wajib mengabdi kepada tuhan. Pengabdian berarti penyerahan diri sepenuhnya kepada tuhan, dan itu merupakan perwujudan tanggung jawabnya kepada tuhan yang maha kuasa.


   2.4  Makna Kesadaran
Kesadaran berasal dari kata “sadar”, artinya tahu,mengerti,ingat,paham, serta terbuka hati pikirannya untuk berbuat sesuai dengan kata hatinya. Kesadaran dapat pula berarti keinsyafan akan perbuatannya, jadi kesadaran adalah hati dan pikiran yang telah terbuka tentang apa yang telah dikerjakan.
Kesadaran moral perlu dijaga oleh setiap individu. Hal ini bukan berarti kesadaran paling tidak penting. Semua kesadaran itu penting karena ketidaksadaran adalah salah satu hal yang dapat menggoncangkan atau paling tidak dapat membuat kepincangan dalam hidup.
   2.5  Makna Pengorbanan
Pengorbanan berasal dari kata “korban” yng artinya pemberian secara ikhlas yang berupa pikiran,pendapat,harta,waktu,tenaga, bahakan nyawa demi cinta, kesetiaan,kebenran dan bisa juga kesetiakawanan.
Perbedaan pengertian antara pengabdian dan pengorbanan tidaklah begitu jelas karena ada pengabdian tentu ada pengorbanan. Pengorbanan terhadap sesama kawan sulit disebut pengabdian, karena kata pengabdian mengandung arti ada hubungan antara orang yang tinggi statusnya dengan yang lebih rendah statusnya. Adapun kata pengorbanan dapat juga ditetapkan kepada sesama kawan. Pengorbanan merupakan akibat dari pengabdian. Pengorbanan dilakukan secara ikhlas tanpa pamrih , tanpa ada perjanjian yang mengikat, tanpa ada transaksi kapan saja diperlukan.
Adapun berbagai macam bentuk pengorbanan antara lain :
1.      Pengorbanan Kepada Keluarga
2.      Pengorbanan Kepada Masyarakat
3.      Pengorbanan Kepada Bangsa dan Negara
4.      Pengorbanan Karena Pengorbanan
5.      Pengorbanan Kepada Agama



BAB III
PENUTUP


3.1       Kesimpulan
              Manusia adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah dan dianugerahi akal, hati, fisik. Pada dasarnya tanggung jawab itu sangat peting bagi manusia dan sangat diperlukan dikehidupan sehari-hari. Orang yang bertanggung jawab adalah orang yang berani menanggung resiko atas segala hal yang telah dilakukan atau diperbuat menjadi tanggung  jawabnya. Manusia dan tanggung jawab itu sangat erat hubungannya, karena setelah kita melakukan tanggung jawab kitabakan merasakan hal-hal yang positif. Seperti kita dapat menghargai waktu, timbulnya pengabdian dan pengorbanan terhadap Tuhan, keluarga, masyarakat, bangsa, negara, dan lainnya yang merupakan hasil dari tanggung jawab.

3.2       Saran
             Jadilah manusia yang bertanggung jawab bagi diri sendiri dan juga untuk orang lain.





DAFTAR PUSTAKA
Sujarwa.2010.Ilmu sosial & Budaya Dasar:Manusia dan Fenomena Sosial Budaya.Yogyakarta:Pustaka Pelajar
Tri Prasetya,Joko,dkk.2011.Ilmu Budaya Dasar.Jakarta:Rineka Cipta

0 komentar:

Post a Comment