Sosial Media Bahan Bersosial, klimg.com |
1211. حديث حُذَيْفَةَ بْنِ الْيَمَانِ عَنْ
أَبِي إِدْرِيسَ الْخَوْلاَنِيِّ، أَنَّهُ سَمِعَ حُذَيْفَةَ بْنَ الْيَمَانِ
يَقُولُ: كَانَ النَّاسُ يَسْأَلُونَ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلّم عَنِ
الْخَيْرِ، وَكُنْتُ أَسْأَلُهُ عَنِ الشَّرِّ مَخَافَةَ أَنْ يُدْرِكَنِي
فَقُلْتُ: يَا رَسُولَ اللهِ إِنَّا كُنَّا فِي جَاهِلِيَّةٍ وَشَرٍّ، فَجَاءَنَا
اللهُ بِهذَا الْخَيْرِ، فَهَلْ بَعْدَ هذَا الْخَيْرِ مِنْ شَرٍّ؟قَالَ: نَعَمْ
قُلْتُ: وَهَلْ بَعْدَ ذلِكَ الشَّرِّ مِنْ خَيْرٍ قَالَ: نَعَمْ، وَفِيهِ دَخَنٌ
قُلْتُ: وَمَا دَخَنُهُ؟ قَالَ: قَوْمٌ يَهْدُونَ بَغَيْرِ هَدْيي، تَعْرِفُ
مِنْهُمْ وَتُنْكِرُ قُلْتُ: فَهَلْ بَعْدَ ذَلِكَ الْخَيْرِ مِنْ شَرٍّ؟ قَالَ:
نَعَمْ، دُعَاةٌ إِلَى أَبْوَابِ جَهَنَّمَ، مَنْ أَجَابَهُمْ إِلَيْهَا قَذَفُوهُ
فِيهَا قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللهِ صِفْهُمْ لَنَا فَقَالَ: هُمْ مِنْ جِلْدَتِنَا،
وَيَتَكَلَّمُونَ بِأَلْسِنَتِنَا قُلْتُ: فَمَا تَأْمُرُنِي، إِنْ أَدْرَكَنِي
ذَلِكَ؟ قَالَ: تَلْزَمُ جَمَاعَةَ الْمُسْلِمِينَ وَإِمَامَهُمْ قُلْتُ: فَإِنْ
لَمْ يَكُنْ لَهُمْ جَمَاعَةٌ وَلاَ إِمَامٌ؟ قَالَ: فَاعْتَزِلْ تِلْكَ الْفِرَقَ
كُلَّهَا، وَلَوْ أَنْ تَعَضَّ بِأَصْلِ شَجَرَةٍ حَتَّى يُدْرِكَكَ الْمَوْتُ
وَأَنْتَ عَلَى ذلِكَ أخرجه البخاري في: 61 كتاب المناقب: 25 باب علامات النبوة في
الإسلام
Telah bercerita kepadaku Abu Idris Al Khawlaniy bahwa dia mendengar
Hudaifah bin Al Yaman berkata; "Orang-orang bertanya kepada Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam tentang perkara-perkara kebaikan sedangkan aku
bertanya kepada beliau tentang keburukan karena aku takut akan menimpaku. Aku
bertanya; "Wahai Rasulullah, dahulu kami berada pada masa jahiliyyah dan
keburukan lalu Allah mendatangkan kebaikan ini kepada kami, apakah setelah
kebaikan ini akan datang keburukan?". Beliau menjawab: "Ya". Aku
bertanya lagi; "Apakah setelah keburukan itu akan datang lagi
kebaikan?". Beliau menjawab: "Ya, akan tetapi di dalamnya ada "dukhn"
(kotorannya) ". Aku bertanya lagi; "Apa kotorannya itu?". Beliau
menjawab: "Yaitu suatu kaum yang memimpin tanpa mengikuti petunjukku, kamu
mengenalnya tapi sekaligus kamu ingkari". Aku kembali bertanya;
"Apakah setelah kebaikan (yang ada kotorannya itu) akan timbul lagi
keburukan?". Beliau menjawab: "Ya, yaitu para penyeru yang mengajak
ke pintu jahannam. Siapa yang memenuhi seruan mereka maka akan dilemparkan
kedalamnya". Aku kembali bertanya; "Wahai Rasulullah, berikan
sifat-sifat (ciri-ciri) mereka kepada kami?". Beliau menjelaskan:
"Mereka itu berasal dari kulit-kulit kalian dan berbicara dengan bahasa
kalian". Aku katakan; "Apa yang baginda perintahkan kepadaku bila aku
menemui (zaman) keburukan itu?". Beliau menjawab: "Kamu tetap
berpegang (bergabung) kepada jama'atul miuslimin dan pemimpin mereka". Aku
kembali berkata; "Jika saat itu tidak ada jama'atul muslimin dan juga
tidak ada pemimpin (Islam)?". Beliau menjawab: "Kamu tinggalkan
seluruh firqah (kelompok/golongan) sekalipun kamu harus memakan akar pohon
hingga maut menjemputmu dan kamu tetap berada di dalam keadaan itu (berpegang
kepada kebenaran) ".
1212. حديث ابْنِ عَبَّاسٍ، عَنِ النَّبِيِّ
صلى الله عليه وسلّم، قَالَ: مَنْ كَرِهَ مِنْ أَمِيرِهِ شَيْئًا فلْيَصْبِرْ؛
فَإِنَّهُ مَنْ خَرَجَ مِنَ السُّلْطَانِ شِبْرًا مَاتَ مِيتَةً جَاهِلِيَّةً
أخرجه البخاري في: 92 كتاب الفتن: 2 باب قول النبي صلى الله عليه وسلّم سترون بعدي
أمورًا تنكرونها
dari Ibnu 'Abbas
dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda; "Siapa yang tidak
menyukai kebijakan amir (pemimpinnya) hendaklah bersabar, sebab siapapun yang
keluar dari ketaatan kepada amir sejengkal, ia mati dalam jahiliyah."
Dari Ibnu
'Abbas dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda; "Siapa yang tidak
menyukai kebijakan amir (pemimpinnya) hendaklah bersabar, sebab siapapun yang
keluar dari ketaatan kepada amir sejengkal, ia mati dalam jahiliyah."
Intisari
hadis:
-
Kewajiban untuk mengikuti dan tidak memisahkan
diri dari jamaah kaum muslimin dalam keadaan apapun.
-
Anjuran untuk bersabar jika mendapati
kebijakan pemimpin yang tidak disukainya.
Bab Disunnahkan Bagi
Seorang Pemimpin Untuk Membaiat Pasukan Perangnya Ketika Akan Berperang dan
Penjelasan Mengenai Baiat Ridwan di Bawah Pohon
1213. حديث
جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ، قَالَ: قَالَ لَنَا رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه
وسلّم، يَوْمَ الْحُدَيْبِيَةِ: أَنْتُمْ خَيْرُ أَهْلِ الأَرْضِ وَكُنَّا أَلْفًا
وَأَرْبَعَمِائَةٍ وَلَوْ كُنْتُ أُبْصِرُ الْيَوْمَ لأَرَيْتُكُمْ مَكَانَ
الشَّجَرَةِ أخرجه البخاري في: 64 كتاب المغازي: 35 باب غزوة الحديبية
Dari Jabir bin Abdullah radliallahu 'anhu berkata; Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam bersabda kepada kami pada peristiwa Hudaibiyyah:
"Kalian adalah sebaik-baiknya penduduk bumi." Saat itu kami berjumlah
seribu empat ratus orang. Seandainya hari ini aku dapat melihat, pasti aku akan
tunjukkan kepada kalian posisi pohon tersebut."
1214.
حديث الْمُسَيَّبِ بْنِ حَزْنٍ، قَالَ: لَقَدْ رَأَيْتُ الشَّجَرَة، ثُمَّ
أَتَيْتهَا بَعْدُ فَلَمْ أَعْرِفْهَا أخرجه البخاري في: 64 كتاب المغازي: 35 باب
غزوة الحديبية
Dari Sa'id bin Al Musayyab dari Bapaknya ia berkata; "Sungguh aku
pernah melihat pohon itu (bai'atur ridlwan), setelah beberapa lama aku
mendatanginya, namun aku tidak mengenalinya lagi."
1215.
حديث سَلَمَةَ بْنِ الأَكْوَعِ عَنْ يَزِيدَ بْنِ أَبِي عُبَيْدٍ، قَالَ: قُلْتُ
لِسَلَمَةَ بْنِ الأَكْوَعِ: عَلَى أَيِّ شَيْءٍ بَايَعْتُمْ رَسُولَ اللهِ صلى
الله عليه وسلّم، يَوْمَ الْحُدَيْبِيَةِ؟ قَالَ عَلَى الْمَوْتِ أخرجه البخاري
في: 64 كتاب المغازي: 35 باب غزوة الحديبية
Dari Yazid bin Abu 'Ubaid ia berkata; Aku bertanya kepada Salamah bin Al
Akwa'; "Untuk apa kalian berbai'at kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi
wasallam pada peristiwa Hudaibiyyah?". Salamah menjawab; "Untuk
kematian."
1216.
حديث عَبْدِ اللهِ بْنِ زَيْدٍ رضي الله عنه، قَالَ: لَمَّا كَانَ زَمَنَ
الْحَرَّةِ، أَتَاهُ آتٍ، فَقَالَ لَهُ: إِنَّ ابْنَ حَنْظَلَةَ يُبَايِعُ
النَّاسَ عَلَى الْمَوْتِ فَقَالَ: لاَ أُبَايِعُ عَلَى هذَا أَحَدًا بَعْدَ
رَسُولِ اللهِ صلى الله عليه وسلّم أخرجه البخاري في: 56 كتاب الجهاد: 110 باب
البيعة في الحرب أن لا يفروا
Dari 'Abdullah bin Zaid radliallahu 'anhu berkata: "Ketika terjadi
peperangan Harrah (dan orang-orang membai'at 'Abdullah bin Hanzholah untuk
kematian), ada orang yang datang kepadanya ('Abdullah bin Zaid) seraya berkata:
"Sesungguhnya Ibnu Hanzholah membai'at manusia atas kematian". Maka
dia berkata: "Aku tidak akan berbai'at kepada seseorang untuk hal itu
kecuali kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam".
Intisari
hadis:
-
Sahabat Nabi adalah sebaik-baiknya umat.
-
Disunnahkan bagi pemimpin untuk membaiat
pasukannya.
Bab Haram Bagi Seorang
yang Berhijrah Untuk Kembali Menetap di Negerinya
1217. حديث
سَلَمَةَ بْنِ الأَكْوَعِ، أَنَّهُ دَخَلَ عَلَى الْحَجَّاجِ، فَقَالَ: يَا ابْنَ
الأَكْوَعِ ارْتَدَدْتَ عَلَى عَقِبَيْكَ، تَعَرَّبْتَ؟ قَالَ: لاَ، وَلكِنَّ
رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلّم أَذِنَ لِي فِي الْبَدْو أخرجه البخاري في: 92
كتاب الفتن: 14 باب التعرب في الفتنة
Dari Salamah bin Al Akwa' bahwasanya ia menemui Al Hajjaj, maka Al
Hajjaj berujar; 'Hai Ibnul akwa', apakah engkau berbalik ke belakang dengan
cara pindah ke pelosok pedesaan? ' Ibnul akwa' menjawab; 'tidak, namun
Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam telah memberiku izin (untuk tinggal) di
pelosok pedesaan."
Intisari
hadis:
-
Keharaman untuk kembali ke negeri asal hanya
berlaku pada masa Nabi karena untuk menguatkan umat muslim sekaligus juga untuk
melindunginya dari ancaman negeri asalnya.
Bab Baiat Untuk Setia
Kepada Islam, Jihad Serta Kebajikan Setelah Pembebasan Makkah, dan Penjelasan
Sabda Rasulullah saw. Tidak Ada Hijrah Sesudah Pembebasan (Makkah)
1218. حديث مُجَاشِعِ
بْنِ مَسْعُودٍ وَأَبِي مَعْبَدٍ عَنْ أَبِي عُثْمَانَ النَّهْدِيّ، عَنْ
مُجَاشِعِ بْنِ مَسْعُودٍ، قَالَ: انْطَلَقْتُ بِأَبِي مَعْبَدٍ إِلَى النَّبِيِّ
صلى الله عليه وسلّم لِيُبَايِعَهُ عَلَى الْهِجْرَةِ، قَالَ: مَضَتِ الْهِجْرَةُ
لأَهْلِهَا، أُبَايِعُهُ عَلَى الإِسْلامِ وَالْجِهَادِ فَلَقِيْتُ أَبَا
مَعْبَدٍ، فَسَأَلْتُهُ، فَقَالَ: صَدَقَ مُجَاشِعٌ أخرجه البخاري في: 64 كتاب
المغازي: 53 باب وقال الليث
Dari Mujasyi' katanya, aku menemui Nabi shallallahu 'alaihi wasallam
dengan sauadaraku setelah penaklukan Makkah, kukatakan: "Wahai Rasulullah,
aku menemuimu dengan saudaraku agar engkau membaiatnya untuk hijrah. Jawab
Nabi; "Pelaku-pelaku hijrah telah membawa semua ganjarannya." Lantas
saya bertanya; "Lalu untuk apa engkau membaiatnya? beliau jawab; "Saya
membaiatnya untuk Islam, iman dan jihad. diKemudian hari kutemui Ma'bad yang ia
lebih dewasa diantara keduanya. Ia menjawab "Mujasyi' memang benar."
1219. حديث
ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلّم، يَوْمَ فَتْحِ
مَكةَ: لاَ هِجْرَةَ وَلكِنْ جِهَادٌ وَنِيَّةٌ، وَإِذَا اسْتُنْفِرْتُمْ
فَانْفِرُوا أخرجه البخاري في: 56 كتاب الجهاد: 194 باب لا هجرة بعد الفتح
Dari Ibnu 'Abbas radliallahu 'anhuma berkata; Nabi
Shallallahu'alaihiwasallam bersabda pada saat hari Pembebasan Makkah: "Tidak
ada lagi hijrah, akan tetapi yang tetap ada adalah jihad dan niat. Maka bila
kalian diperintahkan berangkat (berperang) maka berangkatlah".
1220.
حديث أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ رضي الله عنه، أَنَّ أَعْرَابِيًّا سَأَلَ
رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلّم عنِ الْهِجْرَةِ، فَقَالَ: وَيْحَكَ! إِنَّ
شَأْنَهَا شَدِيدٌ، فَهَلْ لَكَ مِنْ إِبِلٍ تُؤَدِّي صَدَقَتَهَا؟ قَالَ: نَعَمْ؛
قَالَ: فَاعْمَلْ مِنْ وَرَاءِ الْبِحَارِ، فَإِنَّ اللهَ لَنْ ِيَترَكَ مِنْ
عَمَلِكَ شَيْئًا أخرجه البخاري في: 24 كتاب الزكاة: 36 باب زكاة الإبل
Dari Abu Sa'id Al Khudriy radliallahu 'anhu bahwa ada seorang 'Arab
Badui bertanya kepada Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam tentang ('amal)
hijrah. Maka Beliau menjawab: "Janganlah begitu, sungguh hijrah itu 'amal
yang berat. Apakah kamu memiliki unta yang wajib kamu keluarkan
shadaqahnya?". Orang itu menjawab: "Ya, punya". Maka Beliau
berkata,: "Maka amalkanlah sekalipun dari balik lautan, karena Allah tidak
akan menyia-nyiakan amalmu sedikitpun".
Intisari
hadis:
-
Telah ditutup pintu hijrahmya orang yang
termasuk kaum muhajirin setelah hijrahnya Abbas, tetapi hijrah karena niat
jihad dan amal tidak akan ditutup.
Bab Cara Hijrah Kaum
Wanita
1221. حديث
عَائِشةَ، زَوْجِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلّم قَالَتْ: كَانَتِ الْمُؤْمِنَاتُ،
إِذَا هَاجَرْنَ إِلَى النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلّم يَمْتَحِنُهُنَّ بِقَوْلِ
اللهِ تَعَالَى {يَـٰۤأَيـُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوۤا۴ إِذَا جَآءَكُمُ ٱلْمُؤْمِنَـٰتُ مُهَـٰجِرَٰتٍ
فَٱمْتَحِنُوهُنَّۖ} إِلَى آخِرِ الآيَة قَالَتْ عَائِشَةُ: فَمَنْ أَقَرَّ بِهذَا
الشَّرْطِ مِنَ الْمُؤْمِنَاتِ فَقَدْ أَقَرَّ بِالْمِحْنَةِ، فَكَانَ رَسُولُ
اللهِ صلى الله عليه وسلّم، إِذَا أَقْرَرْنَ بِذلِكَ مِنْ قَوْلِهِنَّ، قَالَ
لَهُنَّ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلّم: انْطَلِقْنَ، فَقَدْ بَايَعْتُكُنَّ
لاَ، وَاللهِ مَا مَسَّتْ يَدُ رَسُولِ اللهِ صلى الله عليه وسلّم يَدَ امْرَأَةٍ
قَطُّ، غَيْرَ أَنَّهُ بَايَعَهُنَّ بَالْكَلاَمِ، وَاللهِ مَا أَخَذَ رَسُولُ
اللهِ صلى الله عليه وسلّم عَلَى النِّسَاءِ إِلاَّ بِمَا أَمَرَهُ اللهُ، يَقُولُ
لَهُنَّ، إِذَا أَخَذَ عَلَيْهِنَّ قَدْ بَايَعْتُكُنَّ كَلاَمًا أخرجه البخاري
في: 68 كتاب الطلاق: 20 باب إِذا أسلمت المشركة أو النصرانية تحت الذمي أو الحربي
Dari Aisyah radliallahu 'anha isteri Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Salla
berkata; Ketika para wanita mukminah berhijrah kepada Nabi shallallahu 'alaihi
wasallam, maka beliau akan menguji mereka dengan firman Allah Ta'ala:
"Apabila wanita-wanita mukminat datang kepadamu untuk berhijrah, maka
ujilah mereka.." hingga akhir ayat (QS. Almumtahanah 10). Aisyah berkata;
Barangsiapa yang beliau tetapkan dari kaum mukminat dengan syarat ini, maka
beliau menyatakan bahwa ia telah teruji. Dan biasa bila kaum wanita telah
mengikrarkan syarat itu dengan ungkapan mereka, maka Rasulullah shallallahu
'alaihi wasallam akan bersabda kepada mereka: "Pergilah, sesungguhnya aku
telah membai'at kalian dengan ungkapan ikrar." Demi Allah, tidaklah
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berbuat sesuatu pun atas kaum wanita
kecuali dengan sesuatu yang telah diperintahkan Allah. Bila beliau mengambil
Bai'at dari mereka, maka beliau akan berkata: "Sesungguhnya aku telah
memba'iat kalian dengan ungkapan kata-kata."
Intisari
hadis:
-
Kebolehan hijrah bagi wanita adalah setelah
mereka lulus uji kelayakan dan kesiapan oleh Rasulullah saw. dalam melaksanakan
hijrah dan dibaiat dengan ungkapan ikrar.
Bab Baiat
Untuk Tunduk dan Taat Sesuai Kemampuan
1222. حديث
عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ، قَالَ: كُنَّا إِذَا بَايَعْنَا رَسُولَ اللهِ صلى الله
عليه وسلّم علَى السَّمْعِ وَالطَّاعَةِ، يَقُولُ لَنَا: فِيمَا اسْتَطَعْتَ أخرجه
البخاري في: 93 كتاب الأحكام: 43 باب كيف يبايع الإمام الناس
Dari Abdullah bin Umar radliallahu 'anhuma mengatakan; kami ketika
berbai'at kepada Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam untuk mendengar dan
taat, beliau mengatakan kepada kami; "Semaksimal kemampuan kalian."
Intisari
hadis:
-
Kewajiban untuk taat adalah sesuai kemampuan
kita, karena ajaran Islam tidak memberatkan dan mewajibkan perkara-perkara yang
berat atau tidak dapat dilaksanakan.
Bab Penjelasan Tentang
Usia Baligh
1223. حديث
ابْنِ عَمَرَ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلّم عَرَضَهُ يَوْمَ أُحُدٍ،
وَهُوَ ابْنُ أَرْبَعَ عَشْرَةَ سَنَةً فَلَمْ يُجِزْنِي، ثُمَّ عَرَضَنِي يَوْمَ
الْخَنْدَقِ، وَأَنَا ابْنُ خَمْسَ عَشْرَةَ، فَأَجَازَنِي أخرجه البخاري في: 52
كتاب الشهادات: 18 باب بلوغ الصبيان وشهادتهم
Dari Ibnu 'Umar radliallahu 'anhuma bahwa dia pernah menawarkan diri
kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam untuk ikut dalam perang Uhud,
saat itu umurnya masih empat belas tahun namun Beliau tidak mengijinkannya.
Kemudian ia menawarkan lagi pada perang Khandaq saat itu usiaku lima belas
tahun dan Beliau mengijinkanku".
Intisari
hadis:
-
Tersurat dalam teks hadis di atas bahwa anak
dapat dikatakan mausk usia baligh setelah menginjak usia 15 tahun.
Bab Larangan Membawa
Pergi Alquran ke Negeri Musuh Bila Dikhawatirkan Akan Jatuh ke Tangan Mereka
1224. حديث
عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلّم نَهى أَنْ
يُسَافَرَ بِالْقُرْآنِ إِلَى أَرْضِ الْعَدُوِّ أخرجه البخاري في: 56 كتاب
الجهاد: 129 باب السفر بالمصاحف إلى أرض العدو
Dari 'Abdullah bin 'Umar radliallahu 'anhuma bahwa Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam melarang bepergian dengan membawa Al Qur'an ke
negeri musuh.
Intisari
hadis:
-
Larangan untuk membawa al-Quran ke negeri
musuh karena dikhawatirkan akan dirusak atau dihilangkan karena pada masa itu
al-Quran masih berserakan dan belum dikodifikasi seperti masa ini.
Bab Lomba Berpacu Kuda
Serta Mempersiapkannya
1225. حديث
عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلّم سَابَقَ
بَيْنَ الْخَيْلِ الَّتِي أُضْمِرَتْ مِنَ الْحَفْيَاءِ، وَأَمَدُهَا ثَنِيَّةُ
الْوَدَاعِ، وَسَابَقَ بَيْنَ الْخَيْلِ الَّتِي لَمْ تُضْمَرْ مِنَ الثَّنيَّةِ
إِلَى مَسْجِدِ بَنِي زُرَيْقٍ، وَأَنَّ عَبْدَ اللهِ بْنَ عُمَرَ كَانَ فِيمَنْ
سَابَقَ بِهَا أخرجه البخاري في: 8 كتاب الصلاة: 41 باب هل يقال مسجد بني فلان
Dari 'Abdullah bin 'Umar, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam
pernah mempertandingkan antara kuda yang dipersiapkan untuk pacuan yang
jaraknya dimulai dari Al Hafya' sampai Tsaniyatul Wada', dan kuda yang tidak disiapkanuntuk
pacuan yang dimulai dari Al Hafya' hingga Masjid Bani Zuraiq." 'Abdullah
bin 'Umar adalah termasuk orang yang mengikuti pacuan tersebut."
Intisari
hadis:
-
Melatih skill dan meningkatkan kekuatan untuk
perang adalah salah satu sunnah dari Rasulullah saw.
Bab Pada Ubun-ubun
Kuda itu Terdapat Kebajikan Sampai Kiamat
1226. حديث
عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلّم:
الْخَيْلُ فِي نَوَاصِيهَا الْخَيْرُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ أخرجه البخاري في:
56 كتاب الجهاد والسير: 43 باب الخيل معقود في نواصيها الخير إلى يوم القيامة
Dari 'Abdullah bin 'Umar radliallahu 'anhuma berkata; Nabi shallallahu
'alaihi wasallam bersabda: "Seekor kuda (yang digunakan untuk fii
sabilillah), pada ubun-ubunnya akan terus ada (mendatangkan) kebaikan hingga
hari qiyamat".
1227. حديث عُرْوَةَ الْبَارِقِيّ، أَنَّ النَّبِيَّ صلى
الله عليه وسلّم، قَالَ: الْخَيْلُ مَعْقُودٌ فِي نَوَاصِيهَا الْخَيْرُ إِلَى
يَوْمِ الْقِيَامَةِ، الأَجْرُ وَالْمَغْنَمُ أخرجه البخاري في: 56 كتاب الجهاد
والسير: 44 باب الجهاد ماض مع البر والفاجر
Dari 'Urwah Al Bariqiy bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
"Seekor kuda (yang digunakan untuk fii sabilillah) terikat pada
ubun-ubunnya kebaikan hingga hari qiyamat, berupa kebaikan pahala dan ghonimah
(harta rampasan perang) ".
1228. حديث
أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رضي الله عنه، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه
وسلّم: الْبَرَكَةُ فِي نَوَاصِي الْخَيْلِ أخرجه البخاري في: 56 كتاب الجهاد
والسير: 43 باب الخيل معقود في نواصيها الخير إلى يوم القيامة
dari Anas bin Malik radliallahu 'anhu berkata; Rasulullah shallallahu
'alaihi wasallam bersabda: "Keberkahan selalu ada pada ubun-ubun kuda
(yang digunakan untuk fii sabilillah) ".
intisari
hadis:
-
Benda atau alat yang dapat mendatangkan
kebajikan dapat membawa berkah hingga hari kiamat.
Bab Keutamaan Berjihad
dan Keluar di Jalan Allah
1229. حديث
أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلّم، قَالَ: انْتَدَبَ اللهُ
لِمَنْ خَرَجَ فِي سَبِيلِهِ، لاَ يُخْرِجُهُ إِلاَّ إِيمَانٌ بِي وَتَصْدِيقٌ
بِرُسُلِي، أَنْ أَرْجِعَهُ، بِمَا نَالَ مِنْ أَجْرٍ أَوْ غَنِيمَةٍ، أَوْ
أُدْخِلَه الْجَنَّةَ وَلَوْلاَ أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي مَا قَعَدْتُ خَلْفَ
سَرِيَّةٍ، وَلَوَدِدْت أَنِّي أُقْتَلُ فِي سَبِيلِ اللهِ، ثُمَّ أَحْيَا ثُمَّ
أُقْتلُ، ثُمَّ أَحْيَا ثُمَّ أُقْتَلُ أخرجه البخاري في: 2 كتاب الإيمان: 26 باب
الجهاد من الإيمان
Dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau
bersabda: "Allah menjamin orang yang keluar (berperang) di jalan-Nya,
tidak ada yang mendorongnya keluar kecuali karena iman kepada-Ku dan
membenarkan para rasul-Ku untuk mengembalikannya dengan memperoleh pahala atau
ghonimah atau memasukkannya ke surga. Kalau seandainya tidak memberatkan umatku
tentu aku tidak akan duduk tinggal diam di belakang sariyyah (pasukan khusus)
dan tentu aku ingin sekali bila aku terbunuh di jalan Allah lalu aku dihidupkan
lagi kemudian terbunuh lagi lalu aku dihidupkan kembali kemudian terbunuh
lagi".
1230.
حديث أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلّم، قَالَ:
تَكَفَّلَ اللهُ لِمَنْ جَاهَدَ فِي سَبِيلِهِ، لاَ يُخْرِجُهُ إِلاَّ الْجِهَادُ
فِي سَبِيلِهِ، وَتَصْدِيقُ كَلِمَاتِهِ، بأَنْ يُدْخِلَهُ الْجَنَّةَ، أَوْ
يَرْجعَهُ إِلَى مَسْكَنِهِ الَّذِي خَرَجَ مِنْهُ مَعَ أَجْرٍ أَوْ غَنِيمَةٍ
أخرجه البخاري في: 57 كتاب فرض الخمس: 8 باب قول النبي صلى الله عليه وسلّم أحلت
لكم الغنائم
Dari Abu Hurairah radliallahu 'anhu berkata; Aku mendengar Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Perumpamaan seorang mujahid di
jalan Allah, dan hanya Allah yang paling tahu siapa yang berjihad di jalan-Nya,
seperti seorang yang melaksanakan shoum (puasa) dan berdiri (shalat) terus
menerus. Dan Allah berjanji kepada mujahid di jalan-Nya, dimana bila Dia
mewafatkannya maka akan dimasukkannya ke surga atau bila Dia mengembalikannya
dalam keadaan selamat dia akan pulang dengan membawa pahala atau ghonimah
(harta rampasan perang) ".
1231.
حديث أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلّم، قَالَ: كُلُّ كَلْمٍ
يُكْلَمُهُ الْمُسْلِمُ فِي سَبِيلِ اللهِ يَكون يَوْمَ الْقِيَامَةِ
كَهَيْئَتِهَا إِذْ طُعِنَتْ تَفَجَّرُ دَمًا، اللَّوْنُ لَوْنُ الدَّمِ
وَالْعَرْفُ عَرْفُ الْمِسْكِ أخرجه البخاري في: 4 كتاب الوضوء: 67 باب ما يقع من
النجاسات في السمن والماء
Dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau
bersabda: "Setiap luka yang didapatkan seorang Muslim di jalan Allah, maka
pada hari kiamat keadaannya seperti saat luka tersebut terjadi. Warnanya warna
darah dan harumnya sewangi misik."
Intisari
hadis:
-
Keutamaan yang sangat luar biasa bagi seorang
yang mau keluar untuk berjihad di jalan Allah karena ketulusan hati dan kuatnya
keimanannya.
-
Tiada amalan yang dapat mengalahkan amal orang
yang berjihad di jalan Allah.
-
Jaminan kebahagiaan di dunia jika ia tetap
hidup dan surga di akhirat bila ia menjadi syahid telah menantinya.
Bab Keutamaan Mati
Syahid di Jalan Allah
1232. حديث
أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رضي الله عنه، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلّم، قَالَ:
مَا أَحَدٌ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ، يُحِبُّ أَنْ يَرْجِعَ إِلَى الدُّنْيَا، وَلَهُ
مَا عَلَى الأَرْضِ مِنْ شَيْءٍ، إِلاَّ الشَّهِيدُ، يَتَمَنَّى أَنْ يَرْجِعَ
إِلَى الدُّنْيَا فَيُقْتَلَ عَشْرَ مَرَّاتٍ، لِمَا يَرَى مِنَ الْكَرَامَةِ
أخرجه البخاري في: 56 كتاب الجهاد والسير: 21 باب تمنى المجاهد أن يرجع إلى الدنيا
Dari Anas bin Malik radliallahu 'anhu dari Nabi shallallahu 'alaihi
wasallam bersabda: "Tidak seorangpun yang masuk surga namun dia suka untuk
kembali ke dunia, karena menurutnya di dunia tidak ada yang bernilai sedikit
pun, kecuali orang yang mati syahid dimana dia berkeinginan untuk kembali ke
dunia kemudian berperang lalu terbunuh hingga sepuluh kali karena dia melihat
keistimewaan karamah (mati syahid).
1233.
حديث أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه، قَالَ: جَاءَ رَجُلٌ إِلَى رَسُولِ اللهِ صلى
الله عليه وسلّم، فَقَالَ: دُلَّنِي عَلَى عَمَلٍ يَعْدِلُ الْجِهَادَ، قَالَ: لاَ
أَجِدُهُ قَالَ: هَلْ تَسْتَطِيعُ، إِذَا خَرَجَ الْمُجَاهِدُ، أَنْ تَدْخُلَ
مَسْجِدَكَ فَتَقُومَ وَلاَ تَفْتُرَ، وَتَصُومَ وَلاَ تُفْطِرَ؟ قَالَ: وَمَنْ
يَسْتَطِيعُ ذَلِكَ؟ أخرجه البخاري في: 56 كتاب الجهاد: 1 باب فضل الجهاد والسير
Dari Abu Hurairah radliallahu 'anhu
bercerita kepadanya, katanya: "Datang seseorang kepada Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam lalu bertanya: "Tunjukkan kepadaku suatu amal
yang dapat menyamai jihad?" Beliau menjawab: "Aku tidak menemukannya
". Beliau melanjutkan: "Apakah kamu sanggup jika seorang mujahid
keluar berjihad sedangkan kamu masuk ke dalam masjidmu lalu kamu tegakkan
ibadah tanpa henti dan kamu berpuasa tanpa berbuka?" Orang itu berkata:
"Mana ada orang yang sanggup berbuat begitu".
Intisari hadis:
-
Keutamaan yang
tiada bandingnya seseorang yang keluar dan mati syahid di jalan Allah.
Baca Juga: Hadis Jaminan Masuk Surga Dari Rasulallah
0 komentar:
Post a Comment