Syarah Sunan al-Tirmidzi

http://istanabukuaswaja1.blogspot.com


Kalimat : ( dari Suair ) dengan dlammahnya sin dan ‘ain tanpa titik dan diakhiri dengan ra yang ditashghir. ( Ibn al-Khims ) dengan kasrahnya kha’ bertitik dan sukunnya mim tanpa titik. Kalimat ( Islam dibangun atas lima ) yakni pondasinya. Abdurrazzaq mencantumkan dalam riwayatnya, dalam riwayat Muslim menggunakan lafadz “ على خمسة ” yang bermakna pilar-pilar. ( bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah ), lafadz “ شهادة أن لا إله إلا الله ” dibaca jer sebagai badal dari “ خمس “. Dan dibolehkan untuk dibaca rafa’ dengan membuang khabar. Taqdirnya berupa “ منها  شهادة أن لا إله إلا الله “. Atau dengan membuang mubtada’. Taqdirnya berupa “ أحدها شهادة أن لا إله إلا الله “. Dan dibolehkan juga untuk dibaca nashab dengan memperkirakan lafadz “ أعني “. ( dan menegakkan sholat) yakni melanggengkan atau menjalankannya disertai syarat-syarat dan rukun-rukunnya. ( dan menunaikan zakat ) yakni memberikannya pada orang yang berhak mendapatkannya dengan mengeluarkan sebagian harta secara khusus. Pengingat : al-Qasthalani berkata ( على ) dalam kalimat “ بني الإسلام على خمس “ bermakna ( من ). Ini menghasilkan jawaban atas apa yang dikatakan bahwa lima ini adalah Islam, maka bagaimana Islam didasarkan padanya, dan suatu dasar harus tidak didasarkan atasnya. Tidak diperlukan jawaban yang mendasar bahwa Islam adalah perumpamaan dari suatu kelompok, dan suatu kelompok bukanlah satuan dari pilar-pilarnya, dan seterusnya. Aku berkata : Jika kedatangan makna “ من “ sudah tetap, maka tidak diperlukan lagi jawaban yang mendasar, dan jika tidak maka tiada keraguan bahwa makna tersebut dibutuhkan untuk  menghindari pertentangan. Kalimat ( dalam suatu bab dari  Jarir ibn Abdullah ) yang diriwayatkan Ahmad dalam Musnadnya. Kalimat : ( hadis ini hasan sahih ) yang diriwayatkan Bukhari & Muslim. Kalimat ( dari Handhalah ibn Abu Sufyan al-Jumahi ) dengan dlammahnya jim dan fathahnya mim serta kasrahnya ha’ tanpa titik, al-Makki seorang yang siqqah hujjah dari golongan keenam ( dari Ikrimah ibn Khalid ) ibn al-‘Ash ibn Hasyim al-Makhzumi, seorang yang siqqah dari golongan ketiga. Kalimat : ( hadis ini hasan sahih ) yakni hadis Handhalah dari Ikrimah ibn Khalid dari Ibn Umar adalah hadis hasan sahih, serta Bukhari & Muslim juga meriwayatkan dari jalur ini.

0 komentar:

Post a Comment