blogspot.com |
Puji syukur ke
hadirat Allah Swt. atas karunia yang diberikan, sehingga kami dapat
menyelesaikan Tugas Makalah yang berjudul Benturan
Peradaban Islam dan Barat serta termasuk di dalam materi untuk memenuhi
tugas dari mata kuliah Sejarah pergerakan nasional
Agar dapat
memenuhi tujuan di atas, kami menyusun makalah ini sedemikian rupa sehingga memuat
kerangka sebagai berikut:
1.
Pengertian
benturan peradaban
2. Penyebab benturan peradaban islam dan barat
3. Cara menyikapi benturan peradaban oleh
kalangan muda
Makalah ini
diharapkan agar dapat memenuhi penugasan dalam mata kuliah Pancasila pada kesempatan ini. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Dosen
Pengampu mata kuliah, bapak Drs.
H. Jahdan Ibnu Humam Saleh MS, serta teman-teman
yang telah mendukung dalam penulisan makalah ini. Kami menyadari bahwa makalah
ini masih memiliki banyak kekurangan, oleh karena itu, kritik dan saran selalu
kami harapkan.
Yogyakarta,
Penyusun
Daftar Isi
Halaman Utama.......................................................................................................
1
Kata Pengantar ........................................................................................................ 2
Daftar Isi..................................................................................................................
3
BAB I –
PENDAHULUAN....................................................................................
4
A.
Latar Belakang ..................................................................................... 4
B.
Rumusan Masalah..................................................................................
4
C.
Tujuan....................................................................................................
4
BAB II –
PEMBAHASAN .................................................................................... 5
A.
Pengertian benturan
peradaban.............................................................
5
B.
Penyebab
terjadinya benturan peradaban islam dan barat.................... 6
C.
Cara generasi
muda menyikapi benturan peradaban islam dan barat... 7
BAB III –
PENUTUP ............................................................................................. 8
Daftar Pustaka ........................................................................................................ 9
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
belakang
Dunia
muslim saat ini sedang mengalami permasalahan yang belum pernah terjadi
sepanjang sejarah. Permasalahan yang terjadi akibat dari benturan peradaban
Islam dan Barat. Semenjak berakhirnya perebutan kekuasaan dari dua negara
adidaya yang berkuasa. konflik yang biasanya terkait isu-sisu tradisional kini
telah terjadi perubahan konflik di tatanan dunia. Francis Fukuyama mengatakan
bahwa berakhirnya perang dunia kedua menandai kemenangan liberalisme. Namun menurut
Samuel Huntington, barat dengan ideologi liberalismenya tidak lagi menjadi
satu-satunya paham terkuat tetapi peradaban Islam muncul sebagai peradaban yang
menandingi peradaban Barat.
Peradaban islam dan barat merupakan hal yang
sentimen untuk dibicarakan. Posisi barat dan timur yang relevan menjadi alasan
sentimennya sebagai orang timur. Daya pikir kritis kita sebagai orang timur
dianggap tidak sejajar dengan orang barat dilihat dari aspek teknologi, budaya
dan bahasa. Dalam pembuatan makalah benturan peradaban islam dan barat akan
dibahas hal-hal yang berlawanan antara peradaban islam dan barat. Baik hal itu
dari segi pengetahuan, budaya dan lainnya.
B. Rumusan
masalah
1. Bagaimana
pengertian benturan peradaban ?
2. Apakah
penyebab dari benturan peradaban islam dan barat ?
3. Bagaimana
generasi muda menyikapi benturan peradaban islam dan barat ?
C. Tujuan
penulisan
1. Mengetahui
pengertian benturan peradaban
2. Mengetahui
penyebab dari benturan peradaban islam dan barat
3. Mengetahui
cara generasi muda menyikapi benturan peradaban islam dan barat
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
benturan peradaban
Peradaban adalah
sebuah entitas terluas dari sejarah yang teridentifikasi melalui unsur-unsur
obyektif umum, seperti bahasa, sejarah, agama, kebiasaan, institusi, maupun
melalui identifikasi diri yang subyektif (Samuel Huntington 2004,42)
Peradaban secara bahasa dapat
diartikan sebagai al-hadhar ( tempat
tinggal di suatu wilayah seperti kota). Di kalangan barat, peradaban
diistilahkan dengan civilization di ambil dari kata civilis yang berarti kewarganegaraan. Istilah ini pertamakali
digunakan perancis dan Inggris.
Saat
masa Rennaissance atau masa pencerahan-eropa, Istilah ini kemudian dipindahkan ke dalam bahasa Arab
dengan menggunakan dua ungkapan, yaitu hadhârah dan madaniyah.
Namun demikian, penggunaan kedua istilah ini masih menimbulkan persoalan baru
di kalangan penggunanya. Oleh karena itu, An-Nabhani kemudian menspesifikasikan
penggunaan kedua istilah tersebut ke dalam bukunya Nizhâm al-Islâm.
Menurut An-Nabhani, hadhârah adalah sekumpulan persepsi yang
dimanifestsikan dalam perilaku tentang kehidupan.
Adapun madaniyah
adalah bentuk-bentuk fisik dari benda-benda yang terindera yang digunakan
dalam berbagai aspek kehidupan. Muhammad Husein Abdullah kemudian membagi madaniyah
ke dalam dua kategori, yaitu:
a. Yang berhubungan dengan hadhârah, yaitu yang lahir dari suatu sudut
pandang tertentu. Misal, rumah tidak terlepas dari hadhârah, karena
seorang Muslim akan membangun rumah dengan model yang dapat menjaga aurat
penghuninya, sementara orang sosialis atau kapitalis tidak akan memperhatikan
hal-hal itu.
b.
Yang tidak berhubungan dengan hadhârah, yaitu
hasil dari ilmu pengetahuan dan industri seperti alat-alat laboratorim dan
furniture. Semua ini ‘netral’ dan bersifat
universal.
1.
Analisis
peradaban menurut Samuel huntington
Samuel Huntington membagi dunia
menjadi tiga peradaban besar berdasarkan dengan budaya peradaban tersebut,
yaitu
a. Peradaban
barat mencakup beberapa kawasan geografik yang berdekatan dengan samudera
pasifik seperti Australia , Amerika Utara dan Eropa
b. Peradaban
Timur merupakan campuran peradaban penganut Buddhisme dan Hinduisme serta
Peradaban sino dan jepang. Peradaban sino terdiri dari penduduk China, Korea,
Taiwan, Singapura, dan Vietnam serta orang-orang cina perantauan, terutama di
Asia tenggara.
c. Peradaban
muslim mencakup penduduk Timur Tengah, kecuali Armenia, Siprus,
Ethiopia,Georgia, Yunani, Israel, kazakhstan dan sudan.
Peradaban
dapat mencakup sekekompok besar manusia dan sekeompok kecil manusi serta beberapa
bangsa maupun cukup hanya satu bangsa. Satu sama lain peradaban saling melebur
dan bisa mencakup sub-sub peradaban. Peradaban juga bersifat dinamis ( naik dan
turun), serta terbelah dan menyatu.
Di
masa depan masing-masing peradaban akan
melakukan hubungan timbal-balik. Interaksi inilah yang menyebabkan terjadinya
konflik antar peradaban. Berikut alasan yang menjelaskan mengapa benturan
peradaban sangat mempengaruhi politik di masa depan.
a. Perbedaan
antar peradaban itu nyata dan mendasar, seperti perbedaan bahasa, sejarah dan
kebudayaan.
b. Dunia
menjadi sebuah tempat yang kecil. Hal
menyebabkan meningkatnya interaksi antar peradaban yang menimbulkan kesadaran
adanya perbedaan yang pada akhirnya menimbulkan permusuhan.
c. Proses
modernisasi dan perubahan sosial yang terjadi di seluruh dunia memisahkan
manusia dengan identitas bangsanya sehingga membuat bangsa-bangsa tersebut
melemah.
d. Dominasi
peran barat menimbulkan reaksi de- westernisasi di dunia non barat
e. Perbedaan budaya tidak mudah di satukan di banding
perbedaan politik dan ekonomi.
f.
Kesadaran peradaban bukan
alasan utama terbentuknya regionalisme politik atau ekonomi.
B.
Penyebab
terjadinya benturan peradaban
1.
Faktor
agama
Sejarah telah mencatat Baratlah yang
memulai perang terhadap umat Islam yang kemudian lebih dikenal dengan Perang
Salib atau Crusade. Perang Salib terjadi selama 1 abad (1096–1192 M), yang
berlangsung selama tiga tahap: antara tahun 1096–1099 M; antara tahun 1147–1149
M; dan antara tahun 1189-1192 M.
hingga kini, ‘semangat’ Perang Salib ini masih melekat
dalam benak orang-orang Barat, yang kemudian menjelma menjadi ‘prasangka buruk’
(stigma) terhadap ajaran Islam dan umat Islam.
2.
Faktor
ekonomi
Secara geopolitik, negeri-negeri
Islam berada di kawasan jalur laut dunia yang strategis seperti Selat
Gibraltar, Terusan Suez, Selat Dardanella dan Bosphorus yang menghubungkan
jalur laut Hitam ke Mediterania, Selat Hormuz di Teluk, dan Selat Malaka di
Asia Tenggara. Dengan menempati posisi strategis ini, kebutuhan dunia terutama
Barat sangat besar akan wilayah kaum Muslim. Ditambah lagi dengan potensi
penduduknya yang sangat besar
3.
Faktor
ideologi
Desember 2004 lalu, National
Intelelligence Council’s (NIC) merilis sebuah laporan yang berjudul, “Mapping
the Global Future”. Dalam laporan ini diprediksi empat skenario dunia tahun
2020, salah satu di antaranya adalah akan berdirinya “A New Chaliphate”, yaitu
berdirinya sebuah khalifah. Sebuah pemerintahan yang dapat menantang
nilai-nilai dan norma barat. Karena potensi utama dari negara Khilafah adalah
ideologi yang diembannya. Khilafah Islam adalah negara global yang dipimpin
oleh seorang khalifah dengan asas ideologi Islam.
Tentu saja Barat, dengan ideologi
Kapitalismenya yang masih dominan saat ini, tidak akan berdiam diri. Berbagai
upaya akan dilakukan Barat untuk menggagalkan skenario ketiga ini (kembalinya
Khilafah). Secara pemikiran Barat akan membangun opini negatif tentang Khilafah
Islam.
C. Cara
menyikapi benturan peradaban islam dan barat
Secara umum
metode yang digunakan untuk menyikapi benturan peradaban tersebut.
a. Mengkritisi
pemikiran dan mengungkap makar asing
penghancuran
islam sendiri terkadang tanpa di sadari dilakukan oleh kita sendiri. Oleh sebab
itu mengungkap rencana tersembunyi oleh pemikir asing harus sellau dilakukan.
Di sisi lain hendaklah kita menkritisi juga pemikiran-pemikiran asing yang
menyimpang dan penuh kekeliruan.
b. Membangun
kesadaran politik islam di kalangan masyarakat
Menjadi seorang
aktivis menyampaikan gambaran syariat sebagai solusi peemcahan masalah. Menekan
kan betapa pentingnya politik islam yang dapat membebaskan manusia dari
ketertindasan dalam segala aspek semata-mata hanya menuju keridhaan Allah
semata.
BAB
III
PENUTUP
Kesimpulan
:
1. benturan
peradaban merupakan suatu kelompok sosial, kelompok etnik, minoritas religius
dan juga mengacu pada kedekatan geografik dan persamaan bahasa.
2. Benturan
peradaban terjadi disebabkan oleh faktor agama, ideologi dan ekonomi.
3. Dengan
menkritisi pemikiran asing, membangun kesadaran politik islam di masyarakat dan
membangun tatanan islam , merupakan cara menyikapi benturan peradaban islam dan
barat.
Saran
Menyadari
bahwa makalah ini jauh dari kata sempurna, maka kedepannya penyusun akan lebih
fokus dan mendetail dalam menjelaskan tiap-tiap materinya, dengan sumber yang
lebih banyak dan bisa di pertanggung jawabkan. Saran dan kritik sangat
diperlukan guna memperbaiki kesalahan pada makalah yang telah disusun oleh
penyusun makalah.
Daftar pustaka
http://hj-amanah.blogspot.co.id/2015/09/benturan-antar-peradaban-dan-masa-depan.html
ruangpersegi.wordpress.com/2012/11/30/benturan-peradaban/
://jendelailmu-faisal.blogspot.co.id/2016/02/membedah-teori-benturan-peradaban.html
www.hidayatullah.com/artikel/...fikr/.../islam-barat-dan-benturan-peradaban-1.html
Baca Juga: Gerakan Pemuda Islam APS da Hizbullah
0 komentar:
Post a Comment