Arab Saudi

Arab Saudi, https://manasikumroh.com


DAFTAR ISI 2
A. PENDAHULUAN 3
1. LATAR BELAKANG 3
2. RUMUSAN MASALAH 3
B. PEMBAHASAN 4
1. Sejarah Singkat Arab Saudi Modern 4
2. Arab Saudi 5



PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Arab saudi tumbuh sebagai sebuah negara dengan menghidupkan kembali sistem monarki dalam pemerintahannya dengan menjadikan raja sebagai kepala negara dan keturunannya seai pgganti. Arab saudi dulunya adalah bagian dari jazirah arab dan termasuk kedalam kawasan dibawah kekuasaaan turki ustmani.
Dengan datangnya pengaruh dari tokoh besar wahhabiah dankeinginan kuat untuk bebas dari kekuasaan turki ustmani, Al Sa’ud selaku pemimpin bangsa Sa’ud menjalin persekutuan dengan Abd Wahhab selaku pemimpin gerakan Wahhabiah.
Setelah mengalami pasang surut perjalanan dengan tujuan mendirikan daerah kekuasaan sendiri, pada akhirnya pada 23 september 1932 berdirilah kerajaan arab saudi yang terdiri atas negeri Nejd, Hijaz, Hasa, dan Asir.

2. RUMUSAN MASALAH
1. Bagaimana sejarah arab saudi modern secara singkat?
2. Bagaimana Arab Saudi beserta raja-raja dan konflik yang terjadi pada masa modern?

 PEMBAHASAN

1. Sejarah Singkat Arab Saudi Modern
Arab  saudi modern sebagaimana yang ada saat ini memulai perjalanan sejarahn melalui gerakan Muwahhidun.  Gerakan ini pada dasarnya adalah gerakan dari aliran Hambali yang mana gerakan ini memiliki tujuan memurna kembali ajaran islam agar kembali seperti islam yang dibawa oleh nabi Muhammad saw. 
Pendiri gerakan ini adalah muhammad ibn abd wahhab, dilahirkan pada tahun 1703M., putra dari seorang hakim di Uyainah, suatu desa di Arab tengah tepatnya di Nejd yang bisa dikatakan sebuah daerah terasaing yang sangan tandus dan hanya hanya dihuni badui pengenbala ternak. Gerakan ini kemudian disebut garakan wahhabi atau wahhabisme, yang mana gerakan ini yang kemudian menggerakan bangasa  al sa’ud untuk melawan turki ustmani.
Sejarah awal al sa’ud tidak terlalu diketahui sebab ia awalnya hanyalah salah satu penguasa di jazirah arab, al sau’ud adalah penguasa dariyah, sebuah daerah yang bisa dikatakan milik al sa’ud sebab jalannya hukum adalah sesuai yang di kahendaki al sa’ud. Kemudiannya sa’ud dan abd wahhab mendirikan sebuah pemerintahan dengan pembagian al sa’ud dibagian pemerintahan dan abd wahhab dibagian keagamaan. untuk mendukung persekutuan mereka terjadilah perkawinan.  
Persekutuan bagsa saud dan pengikut wahhabi dimulai dengan penyerangan mereka terhadap bentuk-bentuk penyimpangan yang menurut mereka mengarah kepada kemusyrikan, mereka menyerang karbala yang menjadi pusat sekte syiah dengan penyerangan yang membabi buta, mereka juga menyerang makkah dan madinah dengan menghancurkan banyak macam bentuk kemusyrikan. Penyerangan ini memiliki keuntungan yang besar untuk kedua kelompok yang terlibat, yaitu penyebaran paham wahhabi dan perluasan kekuasaan bansa sa’ud. Untuk memberantas gerakan ini turki ustmani mengirimkan utusan yakni muhammad ali pasha dari mesir untuk melawan mereka hingga kemudian derakan ini padam.
Setelah mengalami pasang surut perjalanan penaklukan dan kekalahan yang sangat pajang hingga meninggalnya su’ud dan digantikan oleh anaknya abd al aziz ibn su’ud. Perlu diketahui bahwa dalam mendirikan kekuasaannya bangsa saud memiliki hubungan diplomatik dengan orang Inggris, namun karena ikhwah sebutan untuk orang-orang yang mengikuti persekutuan wahhabi-saudi tidak menyukai hubungan diplomasi ini Ibn Sa’ud cenderung memakai politik muka dua.
Setelah mengalami perjalan panjang tepatnya pada 23 september 1932 kerajaan Arab Saudi benar-benar berdiri, dengan masyarakat diharapkan tunduk pada pemerintahan keagamaan Wahhabi, yang mana pengaruh wahhabi ada hampir dibanyak eleman yang memungkinkannya tersebar seperti dalam sistem pendidikan dan keagamaan.

2. Arab Saudi
Kerajaan Arab Saudi berdiri secara resminya pada 23 september 1932  dengan luas kekuasaaan terbentang dari teluk persia sampai ke Laut Merah, dengan raja pertamanya Abdul Aziz bin Abdul Rahman Al Sa’ud. Dengan menggabungkan daerah daerah kekuasaannya ia memberi nama wilayah kekuasaaannya dengan nama arab saudi.
Setelah minyak ditemukan di daerah arab saudi, Raja Abdul Aziz mengizinkan amerika serikat melakukan penelitian didaerah itu, penemuan minyak ini menjadikan penguasa saudi arabia kala itu menjadi elit kaya yang memiliki kekuatan hingga bisa dikatakan cadangan minyaklah yang memberikan kekayaan pada arab saudi kala itu bahkan hingga kini.  Dengan penghasilan dari usaha perminyakan inilah raja saudi perlahan membangun jalan-jalan, gedung-gedung dan fasilitas di arab saudi.  
Raja penguasa arab saudi.
1. Raja Abdul Aziz bin Abdul Rahman. Berkuasa sejak 23 september 1932 – 9 november 1953. Adalah raja pertama sekaligus pendiri kerajaan Arab Saudi. 
2. Raja Sa’ud ibn Abd Aziz Al Su’ud. Menggantikan ayahnya berkuasa hingga 2 November 1964. Dilantik menjadi putera mahkota semenjak Mei 1933. Pada masanya didirikan Universitas Raja Saud di Riyadh
3. Raja Faisal bin Abdul Aziz bin Abdurrahman As Sa’ud. Menggantikan kakaknya sebagai raja berkuasa sejak 2 November 1964 sampai wafat pada 25 Maret 1975 , ia adalah raja yang dianggap penyelamat karena pada masanya Ia berusaha menyederhanakan kehidupan keluarga kerajaan.
4. Raja Khalid bin Abd Aziz Al Sa’ud. Menggantikan kakaknya berkuasa sejak 25 Maret 1975 sampai 13 Juni 1982. Kemajuan mencolok pada masanya adalah masuknya senjata modern sebagai pengganti senjata tradisional.
5. Raja Fahd bin Abd Aziz Al Saud. Menggantikan kakaknya berkuasa sejak 13 Juni 1982 sampai 1 Agustus 2005, ia sebelumnya sudah menjabat sebagai menteri pendidikan pada usia 30 tahun dilanjutkan menjadi menteri dalam negeri hingga menjadi wakil perdana menteri kedua.
6. Raja Adullah bin Abdul Aziz Al Sa’ud. Menggantikan kakaknya berkuasa sejak 1 Agustus 2005 sampai 23 Januari 2015. Pada masanya ia memiliki kebijakan damai dengan Israel dengan menjalin hubungan normal.
7. Raja Salman nin Abd aziz Al Sa’ud. Menggantikan kakaknya berkuasa sejak 23 Januari 2015 sampai sekarang. Seperti Raja terdahulu Ia juga pernah menjabat sebelumnya di struktur pemerintahan  sebelumnya kerajaan Arab Saudi.
Beberapa konflik yang muncul dalam mendirikan Kerajaan Arab Saudi modern saat ini adalah berupa penaklukan wilayah untuk terwujudnya kerajaan, seperti perebutan Hassa pada 1914. Arab Saudi sebelum berdirinya, menjalin hubungan kerjasama dengan Inggris terlebihh dahulu dan kemudian menjalin hubungan kerjasama dengan Amerika Serikat yang diawali oleh penemuan minyak di daerah Arab Saudi. Terdapat juga pemberontakan anti-wahhabi yang dapat dipadamkan oleh kekuatan kerajaan Arab Saudi
Konflik yang muncul setelah berdirinya kerajaan Arab Saudi diantaranya ada konflik berkepanjangan antara Iran dan Arab Saudi selama kurang lebih 15 tahun yang didasarkan ada keinginan masing-masing negara menyebarkan pengaruh di negara arab lainnya.
Peta wilayah Arab Saudi.
Daftar pustaka
Kumpulan dosen dkk, Sejarah peradaban islam dari klasik hingga modern,  yogyakarta 2017. 

schwartz, Stephen. dua wajah islam: dinasti kerajaan Arab saudi dari tradisi ke teror, tahun 2002. Buku terjemahan.

Wikipedia.

0 komentar:

Post a Comment