Perang Dunia II

Perang Dunia II, blogspot.com

DAFTAR  ISI

HALAMAN UTAMA......................................................................................... i
DAFTAR ISI....................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN................................................................................... 1
A.    Latar Belakang……………………………………………………………1
B.     Rumusan Masalah..................................................................................... .1
C.     Tujuan ....................................................................................................... .1
D.    Metode Penyusunan Makalah................................................................... .1
BAB II Pembahasan........................................................................................... .2
A.    Penyebab Perang Dunia II........................................................................ .2
B.     Kronologi Perang Dunia II........................................................................ .3
C.     Dampak Perang Dunia II.......................................................................... .4
BAB III Penutup................................................................................................. .7
Kesimpulan............................................................................................................ .7
Saran…………………………………………………………………………........7
DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………….....8







BAB I
PENDAHULUAN
Pada Perang Dunia I telah diupayakan terjadinya perdamaian antara negara-negara yang bertikai dengan dibentuknya Liga Bangsa Bangsa (LBB). Namun Liga Bangsa-Bangsa pada saat itu tidak berperan sebagaimana mestinya. Negara-negara besar yang berada pada tubuh LBB berbuat sesuka hati dan tidak memiliki peran yang kuat dalam menindaklanjuti kasus yang terkait dengan Perang Dunia I.
Secara resmi Perang Dunia II terjadi pada 1 September 1939. Perang ini melibatkan negara-negara yang berkekuatan besar yang membentuk dua aliansi yang saling bertentangan. Peperangan ditandai oleh sejumlah peristiwa penting seperti Holocaust dan pemakaian senjata nuklir. Perang ini juga memakan korban jiwa sebanyak 50 juta samapi 70 juta jiwa. Jumlah kematian ini menjadikan Perang Dunia II menjadi konflik paling mematikan sepanjang sejarah umat manusia.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa faktor penyebab terjadinya Perang Dunia II ?
2.      Bagaimana kronologi terjadinya Perang Dunia II ?
3.      Bagaimana dampak Perang Dunia II ?

C.    Tujuan Penulisan
1.      Untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya Perang Dunia II.
2.      Untuk mengetahui bagaimana kronologi terjadinya Perang Dunia II.
3.      Untuk mengetahui Dampak yang ditimbulkan setelah berakhirnya Perang Dunia II.

D.    Metode Penulisan Makalah
Metode yang digunakan dalam penulisan makalah ini ialah dengan studi pustaka dan melakukan pencarian secara online (browsing).



BAB II
PEMBAHASAN
A.    PENYEBAB PERANG DUNIA II
a.      Sebab Umum
1.      Kegagalan Liga Bangsa-bangsa (LBB) dalam menciptakan perdamaian dunia. LBB hanya dijadikan alat politik oleh negara-negara besar untuk mencari keuntungan.
2.      Negara-negara maju saling berlomba-lomba memperkuat militer dan persenjataannya.
3.      Adanya politik aliansi (mencari kawan persekutuan) yang diakibatkan oleh adanya kekhawatiran akan terjadinya perang besar sehingga memunculkan dua blok besar yaitu :
·         Blok Fasis (Sentral), terdiri atas Jerman, Italia dan Jepang.
·         Blok Sekutu, terdiri atas Inggris, Perancis, Amerika Serikat, Uni Soviet, Belanda, dll.
4.      Adanya pertentangan akibat ekspansi wilayah. Jerman menginginkan Lebensraumnya (Jerman Raya) yang meliputi Eropa Tengah. Italia menginginkan Italia Irredenta yang meliputi seluruh Laut Tengah dan Abessinia. Dan Jepang menginginkan kemakmuran bersama di Asia Timur Raya.[1]
5.      Munculnya nasionalisme yang berlebihan. Hal ini dikarenakan nasionalisme cenderung berubah menjadi chauvunisme, yaitu adanya kebanggaan yang berlebihan terhadap bangsa sendiri dan memandang rendah bangsa lain.
·         Di Jerman berupa pengejaran terhadap bangsa Yahudi[2] dalam rangka pemurnian ras Arya.
·         Di Italia berupa klaim atas wilayah yang menang menjadi bagian dari kekaisaran Romawi.
·         Di Jepang berupa klaim atas Asia sebagai kesatuan kawasan dibawah Jepang.
6.      Timbulnya pemerintahan diktator. Sebagai dampak krisis yang berlarut-larut setelah berakhirnya Perang Dunia I. Misalnya Benito Mussolini di Italia dan Adolf Hitler Jerman.
7.      Munculnya politik agresi militer yang erat kaitannya dengan upaya menguasai wilayah yang kaya akan bahan mentah industri termasuk industri mesin perang.
8.      Adanya pertentangan antara paham Demokrasi, Fasisme, dan Komunisme.
9.      Adanya politik balas dendam Jerman terhadap Perancis karena merasa dihina melalui Perjanjian Versailles.

B.     Sebab Khusus
1.      Serangan Jerman ke kota Danzig, Polandia pada 1 September 1939.[3] Polandia merupakan negara yang berada dibawah pengawasan Liga Bangsa-Bangsa. Hitler [4] menuntut Danzig karena mayoritas penduduknya adalah bangsa Jerman. Tetapi  Polandia menolak tuntutan itu. Selanjutnya pada 3 September 1939, Inggris dan Perancis mengumumkan perang terhadap Jerman, kemudian diikuti oleh sekutu-sekutunya yang lain.
2.      Serangan Jepang terhadap pangkalan laut Amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawaii pada 17 Desember 1941.[5]

B.     KRONOLOGI PERANG DUNIA II
Sejak tahun 1931, negara-negara di dunia mulai terancam kembali dengan terulangnya perang dunia I. Hal ini disebabkan negara-negara Fasis mulai melancarkan agresi militer terhadap negara-negara yang diincarnya. Jepang menyerbu Manchuria tahun 1931 sebagai tahap pertama langkahnya dalam menguasai Asia. Dikarenakan terlalu lemah untuk melawan Jepang, China meminta bantuan pada Liga Bangsa-Bangsa. Jepang sendiri kemudian menarik diri dari Liga Bangsa-Bangsa setelah dikecam atas tindakannya terhadap Manchuria. Lalu tahun 1935, Italia menyerbu Abessinia. Selanjutnya tahun 1936, Jerman mengirimkan pasukannya ke tepi sungai Rhein yang mana hal tersebut merupakan tindakan pelanggaran Jerman atas isi perjanjian Versailles yang sebelumnya telah ditandatanganinya dengan Perancis. Gerakan invasi Jerman ke Polandia pada 1 September 1939 merupakan awal terjadinya Perang Dunia II di Eropa. Kejadian ini membuat Inggris dan Perancis menyatakan perang terhadapnya. Perang Dunia II ini merupakan perang terbesar sepanjang sejarah umat manusia dengan menimbulkan korban lebih dari 70 juta orang tewas dimana mayoritasnya merupakan masyarakat sipil.
·         Sejak tahun 1939-1942 kemenangan berada di pihak negara-negara Fasis.
-          Jerman menduduki Polandia, Norwegia dan Denmark pada bulan April 1940.
-          Pada akhir tahun 1941, Jerman dan Italia mendapat teman di Asia, yaitu Jepang yang berusaha menguasai semua daratan Pasifik didalam kekuasaannya.[6]
-          Pada 22 Juni 1941, Jerman menyerang Uni Soviet. Padahal 18 bulan sebelumnya keduanya telah mengadakan perjanjian rahasia untuk tidak saling perang.
-          Jepang melakukan pengeboman terhadap pangkalan militer Amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawaii pada 7 desember 1941. Bersamaan dengan serangan terhadap Pearl Harbour, Jepang juga menyerang pangkalan udara Amerika Serikat di Filiphina. Selanjutnya Jepang juga menginvasi koloni-koloni Inggris di Hongkong, Malaya, Borneo, Birma dan Hindia Belanda.[7]
-          Sampai akhir tahun 1941, Jerman, Italia dan sekutunya dapat menguasai Polandia, Hongaria, Yugoslavia, Bulgaria, Denmark, Luxemberg, Belanda dan Belgia.

·         Antara tahun 1942-1945 kemenangan berada ditangan Sekutu. Merupakan masa titik balik (The Turning Point). Keadaan berubah dengan kekalahan yang berada di pihak blok Sentral.
-          Tentara Uni Soviet dapat mengalahkan Jerman dalam pertempuran di Stalingrad pada bulan November 1942.
-          Tentara Amerika Serikat dibawah pimpinan Chester Von Nimitz dalam pertempuran di Laut Karang dapat mengalahkan Jepang pada bulan Mei 1942.
-          Jenderal Eisen Howes dari Amerika Serikat menyerbu Italia dan menangkap Mussolini yang menyerah pada bulan Mei 1944.
-          Jenderal Zhukhov dari Uni Soviet menyerbu Polandia dan Balkan (Rumania-Bulgaria) pada tahun 1944, dan menyerbu masuk ke Jerman Timur.
-          Pada 6 Juni 1944, Jenderal Eisen Hower (AS) mendarat di daratanNormandia[8] kemudian membebaskan Belgia (1944) dan terus menyerbu ke Jerman Timur.
-          Pada 7 Mei 1944, Jerman menyerah pada Uni Soviet dan pemimpinnya yaitu Hitler bunuh diri dengan cara menembak kepalanya sendiri[9].
-          Setelah kekalahan Jepang dalam pertempuran di Laut Karang pada bulan  Mei 1942 oleh tentara Amerika Serikat, satu per satu daerah yang pernah diduduki Jepang dapat direbut kembali, seperti Filiphina (1944), Iwojima, Okinawa, dan Saipan (1945). Kekalahan Jepang sampai menyerah tanpa syarat kepada tentara Sekutu terjadi setelah dibom atomnya kota Hiroshima (6 Agustus 1945) dan Nagasaki (9 Agustus 1945). Pada tanggal 14 Agustus 1945, akhirnya Jepang pun menyerah tanpa syarat kepada Sekutu.[10]
-          Konferensi Yalta dan konferensi Postdam mengakhiri berlangsungnya Perang Dunia II.

C.    DAMPAK PERANG DUNIA 2
1.      Bidang Politik
Akibat yang muncul dibidang politik setelah berakhirnya Perang Dunia II sebagai berikut :
-          Amerika Serikat dan Uni Soviet muncul sebagi pemenang dalam Perang Dunia II dan tumbuh menjadi negara adikuasa .
-          Terjadinya perebutan pengaruh antara Amerika Serikat dan Uni Soviet yang menimbulkan perang dingin.
-          Nasionalisme di Asia berkobar dan timbul negara-negara merdeka seperti Indonesia pada 17 Agustus 1945, Filiphina  pada 4 Juli 1946, India dan Pakistan Dominion pada 15 Agustus 1947, dan India merdeka penuh pada 26 Januari 1950, Birma pada 4 Januari 1948, dan Ceylon Dominion pada 4 Februari 1948.
-          Munculnya politik mencari kawan atau aliansi yang dibentuk berdasarkan kepentingan keamanan bersama, misalnya NATO, METO, dan SEATO.
-          Munculnya politik memecah belah negara, misalnya :
a.       Jerman dibagi menjadi 2 negara yaitu Jerman Barat dan Jerman Timur.
b.      Korea dibagi menjadi 2 negara yaitu Korea Selatan dan Korea Utara.
c.       Indo china dibagi menjadi 3 negara yaitu Laos, Kamboja, dan Indocina.
d.      India dibagi menjadi 2 negara yaitu India dan Pakistan.
2.      Bidang Ekonomi
Perang Dunia II menghancurkan perekonomian negara-negara di dunia kecuali Amerika Serikat. Amerika Serikat menjadi pusat kekayaan dan kreditur dari seluruh dunia. Untuk menanamkan pengaruhnya di negara-negara Eropa dan yang lain, Amerika Serikat melaksanakan beberapa program, misalnya Truman Doctrine (1947), Marshall Plan (1947), Point Four Truman dan Colombo Plan.[11] Program-program ini merupakan usaha untuk membendung berkembangnya paham Komunisme.
3.      Bidang Sosial
Untuk membantu penduduk yang menderita akibat korban Perang Dunia II, PBB membentuk UNRRA (United Nation Relief Rehabilitation Administration). Tugas UNRRA diantaranya sebagai berikut :
a.       Memberi makan kepada orang-orang yang terlantar.
b.      Mendirikan rumah sakit.
c.       Mengurus pengungsi dan menyatukan dengan keluarganya.
d.      Mengerjakan kembali tanah yang rusak.
4.      Bidang Kerohanian
Setiap manusia menginginkan perdamaian. Berbagai upaya dilakukan agar tercipta perdamaian, salah satunya dengan membentuk lembaga perdamaian. Penderitaan yang ditimbulkan akibat Perang Dunia II menyadarkan manusia akan akibat buruk perang. Penduduk dunia menyadari perlunya lembaga yang dapat menjaga perdamaian dunia setelah Liga Bangsa-Bangsa dibubarkan. Pada 24 Oktober 1945 didirikan Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations Organization (UNO). Lembaga ini diharapkan dapat menjaga perdamaian dunia.



BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
1.      Perang Dunia II secara umum tercatat sebagai sebuah peristiwa peperangan terluas sepanjang sejarah yang dimulai pada 1 September 1939 saat terjadinya invasi Jerman ke kota Danzig di Polandia.
2.      Perang Dunia II terjadi antara blok Sekutu dan blok Fasis (Sentral) antara tahun 1939-1945 yang diakhiri dengan ditandatanganinya perjanjian Yalta dan perjanjian Postdam.
3.      Perang Dunia II telah membawa kehancuran yang sangat parah sekali juga membawa banyak sekali pengaruh pada masa depan. Tak akan diketahui bagaimana dunia jadinya jika seandainya Adolf Hitler tidak memimpin Jerman. Tidak tahu juga seandainya Sekutu yang mengalami kekalahan. Tak ada yang mengira bagimana jadinya dunia jika Uni Soviet, negara dengan angkatan darat terkuat di dunia bersekutu dengan Jerman bukan dengan Amerika Serikat. Namun beginilah kenyataannya.

B.     SARAN
Dengan disusunnya makalah ini, penulis berharap agar dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang efektif untuk mengenal dan mengetahui kronologi terjadinya Perang Dunia II. Dan semoga kita tidak kembali lagi dalam situasi perang dunia yang sangat mengerikan. Oleh karena itu kita dapat menjaga perdamaian antarsesama di seluruh dunia.


 DAFTAR PUSTAKA
Badrika, I Wayan. 2006. Sejarah untuk SMA Kelas XI. Jakarta : Erlangga
Pasaribu, Saut. 2009. Sejarah Perang Dunia: Awal Mula Dan Berakhirnya Perang Dunia I Dan II. Yogyakarta : Locus
https://id.wikipedia.org/wiki/Perang_Dunia_II (Diakses pada 8 April 2018)

Baca Juga: Perang Dunia 1


[1] Ini merupakan tantangan terhadap imperialisme Inggris, Perancis, Amerika Serikat, dan negara-negara blok Sekutu lainnya.
[2] Peristiwa Holocaust.
[3]Serangan ini mengawali pertempuran di front Eropa dan Afrika Utara.
[4] Adolf hitler; pimpinan Jerman pada masa itu; pemimpin partai Nazi di Jerman.
[5] Serangan ini mengawali pertempuran di front Asia Pasifik.
[6] Ketiga negara bersatu dalam perjanjian tiga negara.
[7] Nama Indonesia pada saat itu.
[8] Ini adalah serangan laut terbesar sepanjang sejarah Perang Dunia I dan Perang Dunia II. Serta kedua terbesar setelah perebutan Konstantinopel oleh Kekaisaran Islam Ottoman Turki.
[9] Hingga sekarang setiap 8 Mei di Eropa diperingati sebagai hari kemenangan Eropa atau Victory in Europe (VE Day).
[10] Ditandai dengan ditandatanganinya perjanjian San Fransisco di kapal induk Missouri pada 2 September 1945.
[11] Marshall plan dibentuk untuk memberikan bantuan ekonomi dan militer demi membangun kembali Eropa. Truman Doctrine bertujuan memberikan bantuan ekonomi dan militer kepada Yunani dan Turki. Point Four Truman bertujuan memberikan bantuan ekonomi dan militer kepada negara-negara yang masih terbelakang. Colombo plan merupakan program kerja sama pembangunan ekonomi dan kebudayaan di Asia Pasifik yang dibentuk oleh inggris.

1 comment:

  1. Jasa Penulis Artikel Dengan disusunnya makalah ini, penulis berharap agar dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang efektif untuk mengenal dan mengetahui kronologi terjadinya Perang Dunia II. Dan semoga kita tidak kembali lagi dalam situasi perang dunia yang sangat mengerikan. Oleh karena itu kita dapat menjaga perdamaian antarsesama di seluruh dunia.

    ReplyDelete