Sejarah Qatar

Sejarah Qatar , https://skyticket.com
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Negara Qatar merupakan suatu negara yang terletak di Timur Tengah dan berbatasan wilayah langsung dengan Arab Saudi. Qatar juga merupakan salah satu negara dari 6 (enam) negara yang tergabung dalam Gulf Cooperation Countries (GCC) atau Dewan Kerjasama untuk Negara Arab Teluk yakni sebuah blok dagang dan aliansi politik yang memiliki tujuan ekonomi dan sosial memiliki populasi lebih dari dua juta penduduk, Qatar yang dahulu merupakan daerah perlindungan dibawah Inggris menjadi negara monarki absolut setelah mendapatkan kemerdekaan secara penuh dan diakui oleh negara lain pada tahun 1971. Dibawah kekuasaan keluarga Al Thani dari abad ke - 19, Qatar yang didominasi dengan gurun pasir, dalam 60 tahun terakhir berubah menjadi suatu negara yang moderen setelah adanya penemuan minyak bumi yang melimpah pada tahun 1939. 
B. Rumusan Masalah
1. Bagaimana sejarah negara Qatar?
2. Siapa saja yang pernah memerintah negara Qatar?
3. Bagaimana perkembangan negara Qatar?
C. Tujuan
1. Untuk mengetahui sejarah negara Qatar
2. Untuk mengetahui pemerintah negara Qatar
3. Untuk mengetahui perkembangan negara Qatar

PEMBAHASAN

A. Sejarah Negara Qatar
Qatar  adalah sebuah negara emirat di Timur Tengah yang terletak di sebuah semenanjung kecil di Jazirah Arab di Asia Barat. Satu-satunya batas darat mereka adalah Arab Saudi di selatan dan sisanya berbatasan dengan Teluk Persia. Teluk ini juga yang memisahkan Qatar dari negara pulau Bahrain.
Setelah dominasi Inggris dan Kesultanan Utsmaniyah di Qatar, akhirnya Qatar menjadi negara yang merdeka pada 3 September 1971. Dahulu, Inggris menguasai Qatar sebagai tempat transito kapal dagang sebelum menuju India. Qatar kemudian memperoleh status sebagai dependen dari Inggris, kemudian status protektorat Inggris yang dihentikan pada tahun 1916.
Setelah Perang Dunia Kedua, Qatar berusaha memperoleh kemerdekaannya, terutama setelah India mencapai kemerdekaannya pada tahun 1950-an. Qatar makin gencar setelah Inggris memberikan kemerdekaan kepada Kuwait pada tahun 1961. Pemerintah Inggris menyatakan akan menghentikan penguasaan politik tetapi tetap meneruskan penguasaan ekonomi di Qatar. Hal ini tidak dibiarkan oleh Qatar dengan membentuk Federasi Arab Teluk bersama dengan Bahrain.
Qatar dapat dianggap sebagai negara monarki konstitusional maupun monarki absolut yang dipimpin oleh keluarga Al Thani. Dinasti Al Thani telah memimpin Qatar sejak 1825. Tahun 2003, Qatar mengadopsi konstitusi yang memilih langsung 30 dari 45 anggota Dewan Legislatif. Konstitusi ini disetujui mutlak dalam referendum dengan angka 98%
B. Pemerintah atau Raja-raja Negara Qatar 
Emir Qatar adalah anggota dinasti Al-Thani. Qatar didirikan pada tahun 1868 oleh Muhammad bin Thani. Keluarga Al-Thani merupakan keturunan Tammin.
Berikut adalah daftar Emir Qatar:
Sheikh Muhammad bin Thani (1868 — 1878)
Sheikh Jasim bin Muhammad Al-Thani (1876 — 1913)
Sheikh 'Abdu'llah bin Qasim Al-Thani ((1913 — 1949)
Sheikh 'Ali bin 'Abdu'llah Al-Thani (1949 — 1960)
Sheikh Ahmad ibn 'Ali Al Thani (1960 — 1972)
Sheikh Khalifa bin Hamad Al Thani (1972 — 1995)
Sheikh Hamad ibn Khalifa Al Thani (1995 — 2013)
Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani (2013 - sekarang)
C. Perkembangan negara Qatar
Awalnya, ekonomi Qatar difokuskan pada perikanan dan mutiara namun industri mutiara jatuh setelah munculnya mutiara yang dibudidayakan dari Jepang pada tahun 1920-an dan 1930-an. Transformasi ekonomi terjadi pada tahun 1940, yaitu ketika ditemukan minyak bumi di Lapangan Dukhan. Sekarang, pemasukan utama Qatar adalah dari ekspor minyak dan gas bumi. Simpanan minyak negara ini diperkirakan sebesar 15 miliar barel (2,4 km³). Dengan tidak adanya pajak penghasilan, Qatar (bersama Bahrain) adalah salah satu negara dengan tingkat pajak terendah di dunia. Tingkat pengangguran bulan Juni 2013 adalah 0,1%. Hukum korporat mewajibkan perusahaan Qatar memegang minimum 51% saham perusahaan di negara ini.
Untuk beberapa tahun ke depan, Qatar diperkirakan akan tetap fokus pada minyak dan gas bumi, namun sudah mulai mengembangkan sektor swasta. Pada 2004, Qatar Science & Technology Park dibuka untuk menarik dan melayani berbagai usaha berbasis teknologi, baik dari dalam maupun luar Qatar.
Per 2016, PDB per kapita Qatar menempati posisi nomor 4 tertinggi di dunia, menurut Dana Moneter Internasional. Negara ini sangat mengandalkan tenaga asing untuk pertumbuhan ekonominya, sampai pada taraf pekerja migran mencapai 86% populasi penduduk dan 94% angkatan kerja. Qatar juga sering dikritik oleh Konfederasi Serikat Dagang Internasional. Pertumbuhan ekonomi Qatar hampir selalu ditopang oleh minyak bumi dan gas alam sejak ditemukan tahun 1940.
Negara ini hampir tidak menerapkan pajak, namun otoritas negara berencana untuk menerapkannya pada makanan siap saji dan barang mewah. Pajak ini akan diimplementasikan pada barang yang membahayakan tubuh - seperti makanan siap saji, rokok, dan minuman ringan. Awal mula rencana kebijakan ini diperkirakan akibat jatuhnya harga minyak dan menyebabkan negara ini defisit tahun 2016. Selain itu, jumlah pemotongan kerja juga meningkat dari perusahaan minyak dan sektor lembaga negara lainnya.

Kesimpulan
Qatar merdeka pada tanggal 3 september 1971 yang didirikan oleh Jessim bin Mohammed Al-Thani. Dibawah kekuasaan keluarga Al Thani dari abad ke - 19, Qatar yang didominasi dengan gurun pasir, dalam 60 tahun terakhir berubah menjadi suatu negara yang moderen setelah adanya penemuan minyak bumi yang melimpah pada tahun 1939. Kemajuan iptek dan juga infrastruktur di Qatar sangat jelas terutama di Doha, ibukota negara Qatar. Pendapatan dari hasil minyak bumi di Qatar telah menjadikan negara ini sebagai negara dengan PDB per kapita tertinggi di dunia sekaligus menjadi negara terkaya (forbes.com , 2015) dan Qatar juga didampik menjadi negara muslim terkaya di dunia. Perekonomian yang berjalan lancar juga menjadikan Qatar sebagai salah satu negara dengan tujuan ekspatriat tertinggi di dunia. Tercatat bahwa jumlah ekspatriat mencapai 86 persen dari total jumlah penduduk di Qatar.

Daftar Pustaka
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Daftar_emir_Qatar&hl=id-ID
https://id.m.wikipedia.org/wiki/negara qatar&hl=id-ID
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Qatar

0 komentar:

Post a Comment